Pilih Kategori Artikel

Ingat 6 Hal Setelah Prosesi Lamaran, Agar Berjalan Mulus Hingga Pelaminan!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Prosesi lamaran atau khitbah merupakan satu langkah yang menandai suatu hubungan 'one step closer' menuju pernikahan. Bukan sekedar prosesi tukar cincin, lamaran pernikahan juga menjadi momen yang sangat berarti bagi pasangan, karena menjadi ajang bertemunya keluarga dari pihak pria dan wanita untuk mendiskusikan rencana penyatuan keduanya dalam ikatan perkawinan. Lamaran pernikahan secara implisit menjadi bukti keseriusan hubungan yang dijalani suatu pasangan kekasih.

Lantas, setelah prosesi lamaran digelar, apakah pasangan hanya perlu menunggu hingga saat pernikahan tiba? Tentunya tidak demikian. Ada hal-hal yang perlu diingat dan dipersiapkan agar semua berjalan lancar hingga hari H. Terutama bagi pasangan yang jarak lamaran ke pernikahannya terbilang cukup jauh.

Meski demikian, nyatanya tidak semua pasangan betul-betul mengetahui apa saja yang harus mereka lakukan setelah lamaran pernikahan. Oleh sebab itu, WeddingMarket akan memberikan 6 reminder supaya hubungan kamu dan pasangan tetap berjalan dengan baik hingga saat pernikahan tiba, catat ya dears!

1. Ingat, kamu sudah terikat satu sama lain. Harus mulai belajar tanggung jawab, ya! 

wm_article_img
Fotografi: AR Fotografi

Meski belum resmi tercatat sebagai pasangan suami dan istri, momen lamaran pernikahan menandai awal keseriusan kamu untuk menuju jenjang pernikahan dengan sang kekasih. Mulai detik itu, kamu sudah terikat dengan janji untuk menjalani hubungan yang serius. Dengan kata lain, sudah ada tanggung jawab secara moril untuk saling menjaga perasaan satu sama lainnya, berikut tanggung jawab kepada keluarga besar dari kedua belah pihak.

Oleh karena itu, seusai lamaran pernikahan, kamu harus mulai mencoba memberikan sedikit batasan dalam bergaul dengan teman lawan jenis. Hal tersebut untuk menjaga kepercayaan dari pasanganmu, serta sebagai bukti kesetian dan kesungguhanmu untuk menikah dengan tunanganmu saat ini. Ingatlah bahwa, tak jarang kamu akan menemukan berbagai godaan menjelang pernikahan. Untuk itu, sikap tanggung jawab ini penting untuk dimiliki. 

2. Jaga hati agar tidak mudah tergoda dengan orang lain 

wm_article_img
Fotografi: Calia Photography

Seperti yang sudah disebutkan, tak jarang pasangan yang sudah bertunangan atau melakukan lamaran akan dihadapkan dengan berbagai godaan menjelang pernikahan. Meski cincin tunangan sudah tersemat di jari masing-masing, periode dari lamaran menuju pernikahan ini bisa dibilang sangat riskan. Hubungan bisa hancur begitu saja apabila kedua belah pihak tidak teguh memegang komitmen untuk menikah seperti yang telah disepakati. 

Untuk itu, kamu dan pasangan perlu menjaga hati masing-masing dari pihak ketiga yang mungkin akan merusak hubungan kalian. Ingatlah bahwa untuk mencapai tahap lamaran ini bukanlah suatu hal yang mudah, mungkin ada banyak pengorbanan dan perjuangan yang menyertai perjalanannya. Lamaran pernikahan adalah bentuk keseriusan dalam menjalani hubungan, pun turut melibatkan keluarga di dalamnya. Akankah kamu rela membiarkannya berakhir begitu saja karena orang ketiga?

3. Coba belajar untuk bersikap lebih dewasa 

wm_article_img
Fotografi: Tritynco

Bisa dimaklumi apabila ketika masa berpacaran kamu dan pasangan masih suka bersikap kekanak-kanakan. Seperti mempermasalahkan hal-hal yang sepele, ngambekan, cemburuan atau bersikap tidak dewasa. Namun, setelah menjalani proses lamaran pernikahan, kebiasaan-kebiasaan buruk ketika berpacaran tersebut sudah harus kamu coba untuk netralkan. Alih-alih, cobalah untuk belajar menjadi lebih dewasa dalam bersikap. 

Ingatlah, kamu dan pasangan kini sudah satu langkah lebih dekat untuk menjadi suami istri. Maka, alangkah baiknya untuk kalian mulai belajar bersikap dewasa meninggalkan sifat kekanak-kanakan yang berlebihan tersebut. Segala hal yang berpotensi merusak hubungan serius yang sudah dijalani, sebisa mungkin harus dihindari.  

4. Jaga hubungan baik dengan keluarga dari kedua belah pihak 

wm_article_img
Fotografi: Alura Fotografi

Selanjutnya yang juga perlu diingat adalah untuk menjaga hubungan baik keluarga kedua belah pihak. Keseriusan kamu ketika melakukan lamaran pernikahan dengan sang kekasih secara tidak langsung juga menjadi  komitmen tak tertulis antara kedua belah keluarga. Untuk itu, setelah tahap lamaran pun hubungan yang baik antara keluargamu dan keluarga pasangan tetap harus terjalin dengan erat.

Memang tidak mudah untuk mempersatukan dua keluarga yang mungkin memiliki latar belakang yang berbeda. Namun, proses lamaran tersebut menjadi awal  untuk memulai menjalin kedekatan yang bisa terus berlanjut dengan membina hubungan yang baik. Tentunya, untuk mewujudkannya dibutuhkan komitmen dan keseriusan kamu dan pasangan untuk memupuk rasa cinta dengan keluarga kalian. Jika kedua keluarga sudah merestui, tentu proses persiapan pernikahan akan terasa lebih mudah dengan dukungan yang diperoleh. 

5. Mulai lakukan persiapan menuju pernikahan

wm_article_img
Fotografi: Calia Photography

Lamaran, baru langkah awal untuk memulai suatu hubungan yang serius. Tentunya goal yang ingin dikejar pasangan sebenarnya adalah pernikahan. Oleh sebab itu, jangan terbuai setelah berhasil menyelenggarakan prosesi lamaran. Selanjutnya, kamu dan pasangan harus mulai bergerak mempersiapkan kebutuhan untuk pernikahan sesuai jadwal yang sudah direncanakan.

Meski tanggal pernikahan belum ditetapkan dengan pasti, berbagai elemen-elemen pernikahan sudah harus di-list dan mulai untuk dilengkapi, loh! Sebab, jika tidak memulai perencanaan dari jauh-jauh hari, waktu untuk persiapan pernikahan akan terbatas. Belum lagi, bila kamu dan pasangan sama-sama memiliki segudang kesibukan. Karena itu, manfaatkanlah periode dari setelah lamaran menuju ke pernikahan ini dengan sebaik-baiknya untuk mempersiapkan diri, baik persiapan mental, biaya pernikahan, maupun persiapan list vendor-vendor demi mewujudkan pernikahan impian.  

6. Kuatkan mental hingga finansial demi menuju keseriusan hubungan 

wm_article_img
Fotografi: Calia Photography

Catatan terakhir untuk pasangan yang baru saja menggelar lamaran pernikahan, ingatlah untuk kuatkan mental dan finansial kalian menuju keseriusan membina hubungan rumah tangga. Selepas prosesi pernikahan digelar, kalian akan menjadi sepasang suami istri yang harus bisa saling menguatkan, serta menjadi orang dewasa yang sudah harus bisa mandiri dari orang tua.

Menjalani peran baru ini bukan hal yang mudah, namun bukan pula hal yang tidak mungkin. Apalagi jika kamu dan pasangan sudah memiliki persiapan sebelumnya. Maka, ketika secara mental dan finansial kamu sudah siap menjalaninya, tentu prosesnya akan terasa lebih ringan sehingga menjalani kehidupan pernikahan akan terasa membahagiakan.

Dears, itulah 6 hal yang perlu kamu ingat setelah gelaran prosesi lamaran, ya! Jangan lupa untuk diterapkan agar proses selanjutnya menuju pernikahan dapat berjalan lancar tanpa kendala berarti! Selain itu, ketahui juga 5 Macam Vaksinasi Sebelum Menikah yang penting untuk dilakukan calon pengantin. Semoga bermanfaat, WeddingMarket doakan kamu dan pasangan dapat bersanding dengan bahagia di atas pelaminan kelak!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...