Pilih Kategori Artikel

15 Inspirasi Dekorasi Pernikahan Warna Pastel, Beri Kesan Elegan dan Manis
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Ada banyak warna yang bisa dipilih untuk elemen pernikahan. Pemilihan ini tentu saja disesuaikan dengan tema agar lebih maksimal. Kebanyakan pernikahan yang digelar memiliki tema elegan sehingga warna yang dipilih juga warna-warna yang lembut. Selain warna putih, hijau, dan cokelat yang populer, dekorasi pernikahan warna pastel juga akan memberikan kesan yang elegan dan manis.

Apa itu warna pastel?

Warna pastel adalah kelompok warna yang lembut, ringan, dan cerah. Warna-warna pastel sering kali terlihat seperti hasil campuran warna-warna utama dengan putih sehingga menghasilkan hasil akhir yang tenang dan elegan. Warna pastel biasanya memiliki kecerahan yang lebih rendah dibandingkan dengan warna-warna cerah lainnya. Beberapa contoh warna pastel meliputi:

  • Soft pink: Warna pink lembut yang sering dikaitkan dengan sentuhan feminin dan kelembutan.

  • Light blue: Warna biru dengan nuansa lembut yang menenangkan, mirip dengan warna langit cerah.

  • Lavender: Warna ungu pucat yang memiliki nuansa bunga lavender. Warna ini sering dikaitkan dengan keanggunan.

  • Mint green: Warna hijau yang segar dengan sentuhan biru. Mint green menciptakan kesan segar dan ringan

  • Peach: Sebuah warna oranye dengan campuran warna pink, menciptakan nuansa hangat dan lembut.

  • Light yellow: Warna kuning yang cerah namun tetap lembut, sering dikaitkan dengan keceriaan.

  • Baby blue: Warna biru yang sangat muda dan lembut, memberikan kesan yang hangat.

Warna tersebut hanya beberapa contoh saja, masih ada beberapa warna lain yang bisa kamu padukan pada dekorasi di pelaminan.

Dengan memadukan beberapa warna tersebut, kita bisa mendapatkan hasil dekorasi yang tampak cantik. Simak yuk beberapa inspirasinya berikut ini!

1. Perpaduan biru muda dengan putih untuk pernikahan Betawi

wm_article_img
Dekorasi: Lavagold Design

Dekorasi ini dibuat untuk pernikahan adat Betawi, tapi pemilihan warna biru yang lembut dipadukan dengan warna putih dan hijau membuat pernikahan jadi terlihat lebih modern. Tak hanya itu, dekorasi pelaminan bernuansa putih dan biru yang sudah cukup ramai bisa dipadukan dengan kursi-kursi minimalis berwarna netral, tapi tetap dengan aksen rotan yang membuatnya lebih indah.

2. Sentuhan merah muda di dekorasi adat Jawa

wm_article_img
Dekorasi: Lavagold Design

Dekorasi ala adat Jawa biasanya memiliki pakem tertentu, seperti keberadaan gebyok dan bunga-bunga tertentu. Bunga yang digunakan biasanya bunga mawar atau melati yang memberikan kesan kuat. Namun, kamu juga bisa, lo, mengombinasikan antara gebyok Jawa yang terbuat dari kayu berwarna pekat dengan bunga mawar yang memiliki warna lembut, seperti merah muda untuk hiasan di pelaminan. Perpaduan warna dekorasi pernikahan ini terlihat elegan dan manis!

3. Bunga yang meriah di pelaminan

wm_article_img
Dekorasi: Lavagold Design

Kamu bisa membuat pesta pernikahan yang digelar di dalam ruangan terlihat lebih megah dengan backdrop yang dibuat dengan motif pepohonan layaknya di hutan. Warna biru yang dipilih akan membuat suasana terlihat elegan. Untuk menghias bagian ini, kamu bisa memilih bunga dengan warna pastel yang terdiri dari beragam shade warna. Sentuhan kursi pelaminan dari bahan velvet akan membuat dekorasi ini jadi semakin paripurna.

4. Perpaduan warna pastel dan emas

wm_article_img
Dekorasi: Lavagold Design

Warna emas biasanya akan memberikan sentuhan yang mewah pada dekorasi. Namun, kamu bisa menetralkannya dengan sentuhan warna nude pada furnitur dan warna pastel pada bunga yang bisa digunakan untuk menghiasnya. Kamu bisa memadukan warna bunga, seperti putih, merah muda, dan mauve yang cantik untuk mendekorasi bagian backdrop pelaminan.

5. Pelaminan layaknya taman bunga

wm_article_img
Dekorasi: Lavagold Design

Jika ingin menggelar pernikahan dengan tema garden party, tapi di dalam ruangan, kamu dan pasangan bisa mempertimbangkan dekorasi yang satu ini. Beberapa bagian dari venue pernikahan, terutama bagian pelaminan, bisa dihias dengan bunga-bunga yang tampak rimbun dengan berbagai warna pastel. Bukan hanya di bagian backdrop saja, tapi bunga yang memiliki berbagai warna ini bisa juga digunakan sebagai hiasan di samping kanan dan kiri kursi pelaminan.

6. Bunga-bunga cantik di lorong venue

wm_article_img
Dekorasi: Nicca Atelier

Bagian venue yang perlu didekorasi bukan hanya bagian pelaminan saja, tapi ada juga bagian lain yang perlu dihias. Salah satunya adalah aisle atau lorong untuk tamu masuk ke area pernikahan digelar. Bunga dengan warna pastel, seperti biru dan merah muda bisa dipasang menggantung dengan cantik di sepanjang sisi. Bunga yang sejenis juga bisa ditaruh di bagian tempat foto tamu yang datang.

7. Bunga pastel sebagai centerpoint

wm_article_img
Dekorasi: Nicca Atelier

Memberikan bunga dengan warna merah akan cocok untuk tema pernikahan yang bold. Jika ingin menurunkan tingkat kekuatan ini, kamu bisa memilih satu tingkat warna di bawahnya menjadi merah muda. Menggabungkan bunga-bunga warna merah muda dan putih, lalu menaruh tepat di tengah backdrop pada pelaminan akan membuat dekorasi pernikahan terlihat semakin menarik.

8. Menggabungkan warna pastel dengan sedikit sentuhan warna terang

wm_article_img
Dekorasi: Nicca Atelier

Jika biasanya yang dihias adalah bagian backdrop di belakang pelaminan, kali ini kamu bisa menghias di sekeliling kursi pelaminan untuk membuatnya terlihat lebih cantik. Berbagai bunga yang memiliki warna pastel, seperti lilac, merah muda, dan mauve bisa digabungkan untuk menciptakan harmoni yang romantis. Untuk memberikan kesan mengejutkan, kamu juga bisa menaruh beberapa tangkai bunga yang berwarna terang, seperti oranye.

9. Bunga penghias kaca berwarna peach

wm_article_img
Dekorasi: Nicca Atelier

Salah satu spot menarik yang sekarang semakin sering dijumpai adalah kaca yang digunakan untuk mirror selfie di photobooth. Selain berbagai tulisan dan inisial di permukaannya, bagian ini juga bisa dihias dengan bunga-bunga agar semakin cantik saat dipotret. Bunga yang dipilih bisa bunga yang memiliki warna pastel, yaitu peach yang membuat suasana jadi tampak lebih cerah, tapi tetap romantis.

10. Bunga pastel untuk pernikahan ala dongeng

wm_article_img
Dekorasi: Lilivicky Decoration

Pernikahan ala negeri dongeng biasanya memiliki hiasan yang ramai dengan banyak hiasan bunga dan lampu-lampu di seluruh venue. Namun, kamu juga bisa membuat pernikahan ala dongeng ini menjadi lebih minimalis dengan menaruh beberapa rangkaian bunga di beberapa tempat saja. Jika istana dibuat dengan warna putih, kamu bisa menaruh bunga-bunga dengan warna pastel yang akan membuat istanamu jadi semakin elegan.

11. Bunga berwarna merah muda di dekat gunungan

wm_article_img
Dekorasi: Dewa Decoration

Gunungan yang identik dengan dekorasi pernikahan ala adat Jawa biasanya akan dipadukan dengan bunga berwarna putih seperti baby’s breath dan merah seperti mawar. Namun, kamu juga bisa memberikan sentuhan warna pastel dari berbagai bunga, seperti tulip dan mawar merah muda dan kuning muda. Dengan warna ini, pernikahan tradisionalmu jadi tampak lebih modern dan manis.

12. Bunga yang muncul dari vas

wm_article_img
Dekorasi: Amarillis

Jika biasanya bunga-bunga hanya ditempel di bagian belakang atau sekitar pelaminan, ternyata kamu juga bisa membuat bunga seolah tumbuh dari vas yang diletakkan di belakang kursi pelaminan. Jadi, tetap ada jarak dengan backdrop. Kombinasi antara bunga-bunga yang memiliki kelopak kecil dengan bunga anggrek yang menjuntai bisa membuat dekorasi ini terlihat semakin menarik.

13. Bunga hiasan meja makan

wm_article_img
Dekorasi: Amarillis

Jika kamu menerapkan dekorasi dengan bentuk round table, jangan lupa untuk menghias meja yang akan digunakan untuk makan para tamu. Bunga-bunga dengan warna pastel bisa dikombinasikan dengan dedaunan berwarna hijau dan ditaruh dalam vas yang transparan untuk membuatnya terlihat semakin elegan dan tidak berlebihan.

14. Hiasan bunga pastel dengan backdrop senada

wm_article_img
Dekorasi: Suwani Decor

Bunga-bunga pastel memang cocok masuk ke hampir semua konsep dan bisa dipadukan dengan berbagai warna lain untuk menimbulkan kesan yang berbeda. Namun, kamu juga bisa mengkombinasikan bunga-bunga warna pastel dengan backdrop atau dinding yang juga berwarna pastel untuk membuatnya terlihat semakin manis. Jangan lupa tambahkan banyak hanging lamp untuk membuatnya tampak seperti di taman.

15. Dipadukan dengan foto-foto yang juga berwarna pastel

wm_article_img
Dekorasi: Suwani Decor

Elemen pastel ternyata bukan hanya bisa didapatkan dari perpaduan antara bunga dan backdrop saja, lo. Kamu bisa juga menggunakan berbagai hiasan lain seperti foto untuk membuat pernikahanmu yang bernuansa pastel jadi terlihat lebih ramai. Pastikan foto-foto yang dipasang juga sudah memiliki warna pastel juga, ya.

Nah, itu dia beberapa inspirasi dekorasi dengan warna pastel yang bisa kamu terapkan ke dalam pernikahanmu untuk membuat suasana jadi makin elegan, tapi juga manis dan romantis. Ingat, tak hanya bunga-bunga saja, kamu juga bisa menyesuaikan elemen lainnya dengan warna pastel, misalnya pemilihan warna untuk backdrop atau penggunaan kain dekoratif.

Diskusikan konsep dekorasi pernikahan impianmu dengan wedding decorator terbaik di WeddingMarket, yuk!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...