Pilih Kategori Artikel

Mengenal Lebih Dekat Tugas Bridesmaid dan Groomsmen di Pernikahan
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Bagi sebagian orang, istilah bridesmaid dan groomsmen mungkin tidak familiar, padahal kehadiran dari keduanya cukup penting di pernikahan. Hal ini tidak lepas dari fungsi bridesmaid dan groomsmen yang tidak hanya sebagai pendamping namun juga membantu pengantin laki-laki dan pengantin perempuan sebelum hingga saat pernikahan berlangsung. 

Biasanya yang bertugas menjadi bridesmaid dan groomsmen adalah orang terdekat pengantin seperti saudara maupun teman. Pemilihan orang-orang tersebut tidak lepas dari fungsi bridesmaid dan groomsmen yang secara garis besar adalah untuk membantu pengantin, untuk menghindari rasa sungkan atau  tidak enak, maka yang dipilih orang-orang terdekat saja. 

Secara umum, tugas bridesmaid dan groomsmen memang menemani pengantin di hari pernikahannya. Namun jika ditelisik lebih dalam, tugas bridesmaid dan groomsmen lebih daripada itu. Contohnya saja membantu persiapan pengantin sebelum pernikahan, mulai dari pakaian hingga makanan. Untuk lebih lengkap terkait tugas para pendamping pengantin ini, simak penjelasan di bawah ini, ya!

1. Membantu Persiapan Pernikahan

wm_article_img
Fotografi: Candyit Photohouse

Tugas pertama dari bridesmaid dan groomsmen adalah membantu dalam persiapan pernikahan. Untuk kebanyakan orang, beranggapan bahwa tugas bridesmaid dan groomsmen adalah menemani pengantin di hari pernikahan saja. Padahal kenyataannya tugas mereka lebih dari itu, di hari-hari menuju pernikahan pun keduanya turut berperan membantu berbagai persiapan yang dibutuhkan. 

Seperti yang kita tahu bersama bahwa banyak sekali hal yang dipersiapkan sebelum pernikahan. Bahkan sangking banyaknya, calon pengantin sering kewalahan dan tidak menutup kemungkinan terdapat detail yang terlewat. Untuk mengatasi hal tersebut, maka kehadiran bridesmaid dan groomsmen sangat penting untuk membantu calon pengantin.

Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh bridesmaid dan groomsmen adalah membantu dalam menentukan baju pengantin, mencari MUA yang terbaik hingga memberikan referensi jasa dekorasi pernikahan yang mempunyai konsep unik dan sesuai kriteria calon pengantin.

2. Memberikan Dukungan Mental

wm_article_img
Foto via Bali Chemistry Wedding

Ketika menjelang hari pernikahan, calon pengantin disibukkan dengan berbagai persiapan dan tidak jarang terdapat kendala yang harus dihadapi. Ketika menghadapi tersebut, pastinya calon pengantin akan lelah secara fisik maupun mental.

Oleh karena itu, calon pengantin butuh dorongan orang-orang terdekat untuk menguatkan agar tegar hingga hari pernikahan. Bentuk dukungan yang diberikan dapat berupa meluangkan waktu untuk mendengarkan keluh kesah calon pengantin. Jika calon pengantin hanya ingin didengarkan, maka dengarkan keluh kesahnya, namun jika memang dia membutuhkan saran maka berikan saran terbaik.

Di sisi lain, jika terdapat waktu luang di tengah aktivitas yang padat, kamu dapat mengajak calon pengantin pergi ke suatu tempat untuk menghirup udara segar agar beban pikiran dapat berkurang.

3. Menyiapkan Seragam Bridesmaid dan Groomsmen

wm_article_img
Fotografi: Iluminen

Salah satu hal identik dengan bridesmaid maupun groomsmen adalah pakaiannya yang seragam ketika dilihat oleh orang-orang. Pakaian tersebut biasanya disiapkan oleh calon pengantin dengan memberikan kain atau pakaian jadi yang akan digunakan para bridesmaid maupun groomsmen di pesta pernikahan.

Hanya saja seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhan calon pengantin banyak dan memakan waktu yang tidak sedikit untuk mempersiapkannya. Untuk membantu meringankan persiapan pengantin, tidak ada salahnya jika bridesmaid maupun groomsmen ikut andil dalam membantu menyiapkan seragam.

Bridesmaid maupun groomsmen dapat membantu dengan cara mencari referensi desain seragam. Desain tersebut tentunya harus disesuaikan dengan tema pernikahan dan gaun yang akan digunakan pengantin nanti. Misalnya, jika pengantin mengadakan pesta pernikahan dengan tema adat Jawa, maka sebaiknya seragam yang digunakan oleh para pendampingnya pun bertemakan Jawa. Begitupun jika pernikahan bertemakan internasional maka seragam yang digunakan dapat disesuaikan dengan desain internasional. Jangan sampai antara seragam pendamping dengan gaun pengantin bertolak belakang.

4. Menyiapkan Bridal Shower

wm_article_img
Fotografi: Katakita Photo

Bridal shower adalah sebuah acara yang diadakan oleh para pendamping untuk merayakan masa melepas lajang calon pengantin sebelum pesta pernikahan. Dalam acara tersebut biasanya dihadiri oleh calon pengantin beserta para bridesmaid maupun groomsmen-nya.

Untuk menyelenggarakan acara bridal shower, tidak memerlukan tempat yang besar, sebuah ruangan di salah satu cafe dengan desain unik sudah cukup digunakan sebagai tempat bridal shower. Untuk menciptakan suasana yang lebih meriah, bridesmaid maupun groomsmen dapat menghias tempat tersebut dengan berbagai aksesoris seperti lampu tumblr, balon huruf maupun tulisan-tulisan lucu yang dapat menghibur calon pengantin. Dengan mengadakan acara tersebut, diharapkan dapat menghibur calon pengantin maupun para pendamping.

5. Memastikan Pengantin tidak Kelelahan

wm_article_img
Fotografi: Venema Pictures

Selain membantu calon pengantin sebelum hari pernikahan, bridesmaid dan groomsmen juga berperan penting membantu memastikan pengantin agar tidak kelelahan di hari pernikahan. Seperti yang kita tahu bersama bahwa ketika hari pernikahan, pengantin harus mengikuti banyak prosesi dan melayani banyak tamu.

Dengan kondisi tersebut, tidak menutup kemungkinan jika pengantin nantinya mengalami kelelahan. Oleh karena itu, kehadiran bridesmaid dan groomsmen sangat penting untuk membantu mengembalikan tenaga pengantin. Hal yang dapat dilakukan bridesmaid dan groomsmen antara lain mengantarkan makanan serta minuman kepada pengantin, mengajak ngobrol pengantin agar tidak bosan, serta sesekali memberikan tisu untuk mengelap keringat pengantin agar make up tidak luntur.

6. Menjaga Barang Pengantin

wm_article_img
Foto: Eq Photography

Ketika mengadakan pesta pernikahan, ada banyak tamu yang datang. Tamu tersebut tentunya harus disambut oleh pengantin entah dengan bersalaman atau mengadakan sesi foto. Tentunya dengan banyaknya orang yang datang, tidak jarang membuat kondisi menjadi tidak kondusif yang membuat barang-barang pengantin tidak terjaga dengan baik.

Oleh karena itu, pengantin membutuhkan bantuan bridesmaid serta groomsmen untuk menjaga barang-barang mereka, seperti handphone, dompet, makeup atau pun barang lain. Pasalnya jika tidak dijaga dengan baik, ditakutkan barang tersebut hilang dan sulit untuk mencarinya.

7. Menjaga Mood Pengantin

wm_article_img
Fotografi: Axioo 

Ketika mengadakan pesta pernikahan dengan menghadapi banyak tamu serta harus mengikuti berbagai prosesi yang ada di dalamnya, tidak jarang membuat mood pengantin menjadi kurang bagus hingga membuat pengantin menjadi tidak antusias.

Untuk menghindari hal tersebut, groomsmen maupun bridesmaid perlu membantu pengantin untuk membangun mood kembali dengan cara sesekali mengajak ngobrol, atau melontarkan candaan sehingga pengantin menjadi lebih rileks dan menjadi semangat kembali.

Itulah 7 gambaran tugas bridesmaid serta groomsmen yang dilakukan sebelum dan saat pernikahan. Jika hanya mengetahui secara sekilas, tugas bridesmaid dan groomsmen hanya sebatas pada menemani pengantin pada pesta pernikahan saja, akan tetapi jika ditelisik lebih mendalam tugas keduanya jauh lebih kompleks daripada hal tersebut.

Secara keseluruhan, bridesmaid dan groomsmen berperan sebagai pendukung yang setia bagi pengantin wanita dan pria, membantu meringankan beban persiapan, dan menambahkan elemen keceriaan dan keintiman pada perayaan pernikahan.

wm_article_img
Fotografi: Venema Pictures

Oleh karena itu, agar tugas bridesmaid maupun groomsmen dapat lebih maksimal, maka sebaiknya pengantin dapat memilih orang-orang yang tepat. Orang-orang tersebut yang benar-benar dapat bertanggungjawab dalam menjalani tugasnya. Jangan sampai di tengah jalan, bridesmaid maupun groomsmen tidak membantu pengantin dan melalaikan tugasnya.

Di sisi lain, agar bridesmaid dan groomsmen dapat menjalankan tugas dengan baik, pengantin dapat memberikan penghargaan seperti uang atau barang berkesan sebagai tanda terimakasih karena telah membantu dalam pernikahannya. Dengan melakukan hal tersebut, baik dari sisi pendamping maupun pengantin akan sama-sama merasa dihargai dan tidak merasa dirugikan. Hubungan diantara keduanya juga akan menjadi lebih rekat dan tidak renggang setelah pesta pernikahan usai.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...