Pilih Kategori Artikel

5 Pilihan Warna Gaun Terbaik untuk Pesta Pernikahan di Malam Hari, Tampil Stunning!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Memilih warna dan model gaun untuk resepsi pernikahan bukanlah perkara yang mudah. Belasan bahkan puluhan model dan pilihan warna gaun pesta seringkali membuat calon pengantin wanita kebingungan setengah mati. 

Bukan hanya berdasarkan preferensi personal saja, memilih gaun pengantin juga harus disesuaikan dengan konsep, tema dan lokasi pesta akan akan dilangsungkan. Apakah konsep pernikahan kamu tradisional atau nasional, dilakukan di gedung atau di rumah, di dalam ruangan atau di luar ruangan, semua hal ini bisa menjadi beberapa pertimbangan kamu dalam memilih baju pesta mu.

Perbedaan waktu pesta pernikahan juga memengaruhi pemilihan gaun pengantin kamu, loh! Ada beberapa warna gaun yang cocok dikenakan di siang hari namun kurang cocok dikenakan di malam hari, dan begitupun sebaliknya. Ada faktor lain yang membuat pemilihan gaun untuk siang dan malam hari berbeda, seperti cahaya dan suhu. 

Jika kamu berniat untuk menyelenggarakan pesta pernikahanmu di malam hari, maka kamu bisa mempertimbangkan beberapa warna di bawah ini untuk menjadi night dress mu. Bersiap untuk menjadi yang paling stunning ya!

  1. Red Shade - Wine, Burgundy, Maroon

wm_article_img
Gaun pengantin: Topan Sapta

Kamu ingin terlihat outstanding di antara para tamu? Coba deh gunakan warna merah! Ada banyak banget pilihan warna merah yang bisa kamu pilih, seperti warna crimson, wine, burgundy atau maroon. Tidak familiar dengan warna-warna berikut? Mari kita bahas satu persatu ya.

wm_article_img
Wedding Attire: Svarna by Ikat Indonesia

  • Wine, yang mungkin kamu tau adalah sejenis minuman, warna wine atau anggur ini cenderung bernuansa merah tua, yang mewakili karakteristik warna khas dari buah anggur merah. Warna ini menggambarkan kehangatan, prosperity, dan keteguhan karakter dari anggur merah, dan juga sering dihubungkan dengan aspek-aspek positif seperti kemewahan dan keanggunan. Kebayang kan akan seanggun apa kamu jika memakai gaun pesta berwarna wine ini?

  • Burgundy adalah warna merah yang cenderung berwarna keunguan. Warna ini terinspirasi dari buah anggur yang tumbuh subur di wilayah Burgundy di Perancis. Warna merah keunguan ini bisa memberikan sentuhan elegan dan hangat pada tampilan kamu di acara pernikahan nanti. Tidak usah bingung, burgundy bisa dipadukan dengan berbagai nuansa warna kok, seperti abu-abu dan juga kuning keemasan.

  • Maroon adalah nuansa merah yang sangat dalam. Jika warna merah biasanya dikaitkan dengan berbagai emosi dan konsep seperti semangat, cinta, kemarahan, dan bahaya, warna maroon yang cenderung lebih gelap ini justru memberikan kesan yang lebih tenang daripada merah biasa. Dengan gaun berwarna maroon, tampilan kamu akan terlihat warm, meski angin malam berhembus tipis di pesta pernikahan. 

wm_article_img
Wedding Attire: Griya Aristy

Tidak perlu khawatir kamu akan terlihat terlalu mencolok atau bahkan tenggelam dalam warna merah, karena ternyata warna ini cocok untuk dikenakan di semua warna kulit. Jika dilihat dari psikologi warna, memilih tema pernikahan atau gaun pengantin berwarna merah akan menciptakan suasana yang penuh gairah, penuh energi, dan kegembiraan. Ini bisa membuat pernikahan kamu lebih terasa hidup, bersemangat, dan penuh keceriaan, serta menciptakan kenangan yang tidak terlupakan bagi kamu dan para tamu.

  1. Blue Shade - Navy Blue, Light Blue

wm_article_imgwm_article_img

Gaun pengantin: Kara Brides

Tidak usah khawatir kamu akan terlihat gelap di pesta pernikahanmu, meski gaun yang dipilih adalah warna biru. Karena pada dasarnya, warna ini cocok dikenakan baik di siang maupun malam hari. 

Warna biru konon melambangkan kedamaian, dan ketika kamu sebagai pengantin wanita memilih untuk mengenakan warna biru. Kamu bisa menunjukkan kepribadian kamu yang bagaikan air yang tenang namun bermakna mendalam, yakni memberikan kehidupan, kestabilan, dan kesetiaan yang tak tergoyahkan. Wah, siapa sangka pilihan warna ini bisa menunjukkan sisi lain kamu yang selama ini tidak pernah orang ketahui?

wm_article_img

wm_article_img
Gaun pengantin: Svarna by IKAT Indonesia

Pemilihan warna biru untuk tema pernikahan akan menciptakan atmosfer yang santai dan damai dalam acara pernikahanmu. Semua orang akan merasa puas dan bahagia dalam suasana yang tenang ini, menciptakan kenangan yang indah untuk dikenang seumur hidup. 

wm_article_img
Gaun pengantin: Anggi Asmara

Ada dua pilihan warna biru yang bisa kamu pilih, yakni biru yang cenderung gelap yakni navy blue, atau biru yang cenderung cerah seperti light blue. Kamu akan pilih yang mana?

  • Navy Blue atau biru laut adalah sebuah warna yang terletak di antara spektrum warna biru dan hitam, makanya sering juga disebut biru tua. Warna ini memang sering diasosiasikan dengan Angkatan Laut, karena memang warna ini sudah digunakan sejak abad ke-17, dan digunakan pertama kali sebagai seragam Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

    Warna ini menggambarkan banyak sifat baik seperti kebijaksanaan, loyalitas, maskulinitas, dan juga kekuasaan. Tidak usah bingung untuk menggabungkan warna ini dengan warna lainnya, karena warna biru laut cenderung netral, sehingga gaun pengantinmu bisa dikombinasikan dengan elemen lain seperti payet berwarna gold atau silver untuk membuatnya lebih menawan.

  • Light Blue adalah warna biru yang cenderung cerah, karena warna ini adalah perpaduan antara biru dan putih yang mendominasi. Warna ini banyak dikenal juga dengan nama  baby blue, pastel blue, sky blue dan powder blue, dengan sifat yang memancarkan ketenangan dan kedamaian. Jangan khawatir kamu akan terlihat pucat, karena warna ini bisa menjadi sangat mencolok ketika digabungkan dengan warna biru yang lebih gelap. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan warna putih, merah muda, peach, lavender dan juga krem.

  1. Hitam

wm_article_imgwm_article_img

After Party Dress: Hian Tjen

Tidak berani menggunakan warna hitam karena cenderung menggambarkan suasana yang kelam? Wah, kamu keliru banget! Warna yang super netral dan menjadi salah satu warna tertua di dunia ini ternyata memiliki makna yang mendalam dan bisa mencerminkan aspek-aspek lain yang mungkin kamu diabaikan. 

Dalam pesta pernikahan, warna hitam bisa merepresentasikan keanggunan dan kesederhanaan. Jadi dengan menggunakan gaun pesta berwarna hitam, tentu sinar-sinar keanggunan akan lebih terpancar dari diri kamu! 

wm_article_img
After Party Dress: Hian Tjen

Memang bukan hal yang mudah untuk memilih warna hitam untuk gaun pengantin, dan hal ini bisa dianggap sebagai keputusan yang berani loh! Hal ini akan menggambarkan bahwa kamu sebagai pengantin wanita memiliki tekad yang kuat untuk melangkah sesuai dengan keinginannya sendiri, tanpa terlalu memikirkan norma sosial yang mungkin ada.

Salah satu kelebihan dari pemilihan warna hitam untuk gaun pengantin adalah fleksibilitasnya dalam hal padanan warna. Warna hitam bisa dengan mudah kamu padukan dengan berbagai warna lain seperti silver, gold, atau bahkan putih. Fleksibilitas ini memberikan kemungkinan untuk menciptakan kombinasi yang menarik dan juga unik. 

wm_article_img
Gaun pengantin: Topan Sapta

Selain itu, warna hitam ini cenderung cocok digunakan di semua jenis warna kulit, sehingga cocok diaplikasikan pada berbagai jenis tampilan pengantin. Dengan demikian, meskipun warna hitam mungkin terasa berani dan di luar kebiasaan, tapi ternyata warna ini bisa menciptakan penampilan yang memukau dalam sebuah pernikahan. 

Ingin terlihat kontras dan berbeda dari para tamu undangan? Kamu bisa menentukan dresscode bagi para tamu undangan dengan meminta mereka mengenakan warna serba putih. Jadi kamu akan sangat menarik perhatian karena stand out dengan gaun hitam mu yang menawan!

  1. Purple Shade - Eggplant dan Lilac

wm_article_img
Gaun pengantin: Dinda Firdausa Atelier

Jarang digunakan sebagai warna untuk gaun pesta di malam hari, padahal warna ungu seringkali dikaitkan dengan kekuasaan, kebangsawanan, dan simbolisme yang kuat loh! Merupakan perpaduan antara warna biru yang menenangkan dan merah yang menggambarkan semangat dan gairah, warna ungu menggambarkan kedua karakteristik warna tersebut dengan seimbang.

Warnanya yang mencolok bisa dipadukan dengan warna-warna kontras untuk membuat kamu tampil memukau. Warna ungu ini cenderung cocok di berbagai tipe kulit, jadi kamu tidak usah khawatir akan terlihat gelap dengan menggunakan warna ini. 

wm_article_img
Gaun pengantin: Dinda Firdausa Atelier

  • Eggplant merupakan warna ungu yang lebih gelap seperti terong atau bisa juga disebut dark purple. Warna ini menciptakan kesan mode yang kuat dan membuat penampilan pengantin menjadi menarik dan mencolok. Untuk melengkapi keindahannya, kamu bisa menggunakan aksesoris berwarna kontras, seperti perhiasan emas atau perak. 

  • Lilac, warna yang sempat viral ini memang sangat menarik perhatian! Warna ungu yang hangat nan lembut ini bisa memberikan sentuhan elegan dan keanggunan pada penampilan pengantin. Supaya tidak monoton, kombinasikan gaun lilac kamu dengan aksesori yang sesuai, seperti aksen silver yang dapat meningkatkan penampilan kamu secara keseluruhan. 

Jika ingin menggabungkan warna ini dengan warna lainnya, kamu bisa menambahkan aksen warna biru, hijau atau bahkan kuning agar bisa lebih bersinar. Intensitas warna ungu yang lebih gelap sering digunakan untuk menggambarkan kemewahan atau kekayaan, sementara warna ungu yang lebih terang seringkali dikaitkan dengan simbol feminin. Kalau kamu, lebih suka warna ungu yang gelap atau cenderung cerah?

  1. Merah Muda

Gabungan antara warna merah dan putih ini memiliki karakteristik yang feminin dan romantis, dipenuhi dengan kasih sayang dan keintiman. Berbeda dengan warna merah yang menggambarkan suasana yang ceria dan penuh gairah, warna ini justru mengurangi aspek tersebut dan menggantinya dengan energi cinta yang penuh dengan kelembutan. 

wm_article_img
Gaun Pengantin: Kara Brides

Meski terkesan basic, tapi warna merah muda banyak digunakan oleh pengantin perempuan untuk menciptakan tampilan yang lembut dan manis tanpa mencuri terlalu banyak perhatian. Pilihan untuk mengenakan gaun pengantin merah muda yang cerah dan polos juga dapat mencerminkan sifat kamu yang elegan dan romantis. 

Warna ini membuat tampilan kamu terlihat klasik dan sederhana, dan bisa memancarkan kecantikan serta kepribadian dalam diri kamu, tanpa harus bersaing dengan desain yang terlalu rumit atau warna yang mencolok seperti warna-warna yang bold.

wm_article_img
Gaun pengantin: Dinda Firdausa Atelier

Salah satu keuntungan dari warna merah muda adalah kemampuannya untuk cocok dengan berbagai jenis warna kulit. Warna merah muda yang pucat cenderung melengkapi berbagai jenis warna kulit, sehingga pengantin dengan berbagai tipe kulit dapat merasa percaya diri dalam gaun berwarna ini. 

Supaya tidak terlalu polos, kamu bisa mengombinasikan warna pink dengan warna lain yang lebih gelap, seperti biru tua, hijau tua, hitam, atau abu-abu, yang bisa membuat warna merah muda ini lebih “keluar”. Beberapa shade warna pink yang bisa kamu pilih diantaranya blush, rose pink, salmon pink, orchid, fushia dan hot pink. Warna ini cocok banget buat kamu yang suka cari aman dan ingin terlihat sederhana namun menawan di hari pernikahanmu.

wm_article_img
Gaun pengantin: Myrna Myura

Jangan khawatir kamu akan kalah bersinar dari para tamu undangan, karena dengan padu padan yang apik dan dekorasi warna senada, gaun merah muda kamu ini pasti akan mencuri perhatian setiap tamu undangan.

Lima warna gaun pengantin di atas tentu sangat mudah ditemukan di banyak vendor busana pernikahan. Sebelum memilih warna gaun yang kamu suka, pastikan warna tersebut sesuai dengan tema dan konsep pernikahan kamu ya! Supaya tidak bingung, kamu bisa cek beberapa vendor gaun pengantin di sini. Selamat mencari gaun pengantin terbaik mu ya!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...