Pilih Kategori Artikel

Pesona 5 Artis dan Pesohor Tanah Air yang Menikah dengan Adat Jawa nan Elegan, Terbaru Pernikahan Putri Tanjung
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan adalah momen spesial bagi setiap pasangan, tentunya para mempelai berusaha untuk tampil semaksimal mungkin di hari bersejarahnya tersebut. Tak terkecuali pernikahan para artis dan pesohor di tanah air. Meski kebanyakan pernikahan para publik figur identik dengan konsep pernikahan internasional bernuansa modern, tapi tak sedikit pula yang memasukkan unsur-unsur budaya dan adat istiadat dalam rangkaian prosesi pernikahannya. Salah satu adat yang paling banyak digunakan para selebriti yakni pernikahan adat Jawa. 

Baru-baru ini publik figur yang menikah dengan adat Jawa antara lain Putri Tanjung dan Giandra Jatikusumo, Belva Devara dan Sabrina Anggraini, kemudian ada juga penyanyi muda Isyana Sarasvati, bintang film Adipati Dolken dan masih banyak lagi. Walaupun terkesan klasik dalam nuansa adat yang sangat kental, para selebriti tersebut tetap tampil menawan dengan pakaian adat Jawa yang elegan. Berikut beberapa pesona para artis dan pesohor tanah air di momen pernikahannya dengan adat Jawa.

1. Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo

wm_article_imgwm_article_img

Foto: Morden

Minggu, 20 Maret 2022 kemarin, akhirnya putri konglomerat Indonesia  Chairul Tanjung,  yakni Putri Tanjung resmi menikah dengan sang tunangan Guinandra Jatikusumo dalam  nuansa adat Jawa yang kental. Beberapa hari sebelumnya sempat pula diadakan pengajian dan siraman di kediaman mempelai wanita. Akad nikah berlangsung secara khidmat, dimana sang ayah Chairul Tanjung menikahkan sang putri dengan mas kawin berupa 199 gram emas murni dan seperangkat alat sholat. Gak tanggung-tanggung nih yang bertindak sebagai saksi nikah Putri dan Guinandra adalah Presiden Indonesia Joko Widodo dan mantan presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Pernikahan Putri dan Gunandra dihadiri pula oleh sejumlah pejabat dan para petinggi di tanah air. 

wm_article_imgwm_article_img

Foto: Morden

Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo konsisten menggunakan adat Jawa dalam rangkaian prosesi pernikahannya, bahkan sejak lamaran, foto prewedding, hingga akad nikah yang digelar, semuanya menghadirkan nuansa Jawa yang begitu kental. Baik Putri maupun sang suami mengenakan pakaian pengantin adat Jawa dari desainer Ekhi Anam. Rona make up sederhana membuat putri tampak begitu ayu dan bersahaja dalam balutan kebaya Jawa model kutu baru dengan aksen payet putih dan sedikit nuansa emas. Kebaya pengantin Jawa berpotongan panjang berwarna putih gading tersebut semakin sempurna dengan sanggul dan riasan paes Solo Putri lengkap dengan melati ronce yang disematkan. Sementara itu, sang suami juga tampil gagah dengan beskap berwarna senada. Rona bahagia tak bisa dipungkiri tampak nyata dari keduanya. 

2. Sabrina Anggraini dan Belva Devara

wm_article_img

Foto: Twin Photo

Salah satu pernikahan yang mencuri perhatian publik beberapa waktu lalu adalah pernikahan mantan Staf Khusus Presiden sekaligus CEO Ruangguru Belva Devara dan sang kekasih Sabrina Anggraini yang tak lain adalah Putri Indonesia Riau 2019. Keduanya menggelar prosesi pernikahan yang mewah dan megah dengan nuansa adat Jawa yang cukup kental mulai dari foto prewedding hingga akad nikah. Selain mengusung adat Jawa, uniknya pernikahan kedua pasangan ini juga menyisipkan unsur-unsur bertema pendidikan dalam elemen-elemen pernikahannya. Baik untuk dekorasi, hingga busana pengantin adat Jawa yang dikenakan saat akad nikah.  

Busana pengantin adat Jawa rancangan Didiet Maulana yang dikenakan Sabrina dan Belva bernuansa abu-abu kebiruan, yang menyimbolkan makna kedewasaan dan ketenangan. Kebaya model kutu baru dengan lengan berpotongan melebar dan juga motif angkin yang dibuat khusus dipadu dengan kain Sido Luhur. Motif angkin tersebut bermakna harapan untuk mencapai kedudukan yang tinggi dan dapat menjadi panutan masyarakat. 

Menggunakan riasan makeup paes pengantin adat Jawa lengkap dengan aksesoris pengantin, Sabrina tampil anggun bak putri Keraton. Apalagi ditambah dengan selendang khusus yang dirancang dengan aksen “sayap-sayap” yang terinspirasi dari burung Garuda, penampilannya semakin anggun dan menawan. Di sisi lain, Belva Devara  memakai beskap berwarna senada dengan bordiran bermotif floral dengan aksen bordiran kepakan sayap Garuda, inspirasi logo Tut Wuri Handayani. Penampilan sang mempelai pria semakin lengkap dengan aksesoris pengantin adat Jawa seperti blangkon, bros emas dan keris. Dreamy wedding ala Belva dan Sabrina sungguh sangat menginspirasi sekali.

3. Isyana Sarasvati dan Rayhan Maditra

wm_article_imgwm_article_img

Foto via Instagram Isyana Sarasvati

Mungkin kamu masih ingat, di awal tahun 2020 lalu publik sempat dihebohkan dengan pernikahan musisi Isyana Sarasvati dan sang suami Rayhan Maditra. Ya, pernikahan sejoli beda profesi tersebut cukup mencuri perhatian sebab diadakan dengan mewah dan megah. Bertempat di Bandung, Jawa Barat akad nikah keduanya dilangsungkan dalam balutan nuansa adat Jawa. Diketahui baik Isyana maupun Rayhan keduanya memiliki darah keturunan Jawa. 

Untuk momen akad nikahnya, keduanya baik Isyana maupun Rayhan mengenakan busana rancangan Didiet Maulana. Rayhan mengenakkan beskap putih lengkap dengan blangkon dan aksesoris pengantin pria adat Jawa lainnya. Sementara itu, Isyana menggunakan kebaya Jawa klasik model kutu baru dengan sentuhan modern, lengkap dengan kain angkin merah dan juga riasan paes Jogja Putri. Rona makeup Isyana Sarasvati untuk momen bersejarahnya itu adalah hasil tangan Marlene Hariman, dimana make up bold dipilih untuk menampilkan kesan yang lebih kuat. Penyanyi cantik ini tampil semakin cantik dan anggun dalam nuansa adat Jawa.  

Sekilas informasi, paes Jogja Putri kadang dikira sama dengan Paes Solo Putri, tapi jika dilihat lebih dekat keduanya berbeda. Pada paes Jogja Putri, memiliki ciri khas di bagian tengah dahi (penunggul) dibuat ujungnya lancip seperti daun sirih dan mengarah ke hidung. Sementara itu, pada paes Solo Putri, bagian tengahnya disebut gajahan, bentuknya dibuat membulat seperti telur bebek dengan mengarah ke titik di antara kedua mata. Selain itu, paes Jogja Putri  juga terlihat lebih sederhana dimana dalam penggunaan bunga melati tidak sebanyak pada paes Solo Putri. Bunga melati hanya dibentuk berupa karang jagung/tepes di bagian bando, tidak seperti pada paes Solo Putri yang menjulur hingga ke dada. 

Baca juga: Ragam Corak Pengantin Jogja, Termasuk Paes Ageng

4. Margin Wieheerm dan Ali Syakieb

wm_article_imgwm_article_img

Foto: Aldi Photo

Pasangan selebriti selanjutnya yang menikah dengan adat Jawa yakni Margin Wieheerm dan Ali Syakieb. Adat Jawa klasik dipilih untuk acara ngunduh mantu keduanya. Ngunduh mantu dalam bahasa Jawa artinya ‘memanen menantu’, yakni tradisi tambahan dalam pernikahan adat Jawa, yang biasanya dilakukan setelah prosesi pernikahan pertama di tempat salah satu mempelai dilangsungkan. Apabila resepsi pernikahan pertama diadakan di kediaman pihak mempelai wanita, maka selanjutnya pihak mempelai pria yang akan menjadi tuan rumah saat ngunduh mantu. Biasanya, antara ngunduh mantu hanya berselang beberapa minggu atau beberapa bulan sejak resepsi pernikahan pertama digelar. 

Meskipun keduanya memiliki darah keturunan Arab, untuk momen ngunduh mantu pasangan Margin dan Ali tampil anggun dan menawan dalam balutan pakaian adat Jawa klasik. Adapun busana yang dikenakan ada dua macam yakni baju pengantin adat Jawa berwarna hitam dan emas. Busana pertama baju adat Jawa klasik berwarna hitam yakni kebaya kutu baru berbahan beludru dan beskap senada dengan hiasan benang emas. Margin tampil bak barbie dengan riasan makeup flawless, dengan rona warna peach yang menyatu dalam riasan paes Jogja Putri. 

Sementara itu, pada busana kedua riasan paes Solo Putri dipilih untuk kebaya pengantin berwarna gold yang dikenakannya. Lengkap dengan cunduk mentul berjumlah 9 buah di atas sanggul Jawa yang dikenakannya, ditambah centhung di sisi kanan dan kiri rambutnya. Kali ini, dengan polesan lipstik merah glossy untuk tampilan makeup adat Jawa yang lebih glamor. Begitupun sang suami, Ali Syakieb, tampak begitu gagah dalam balutan busana pengantin Jawa berwarna senada, serta aksesoris pengantin pria Jawa, blangkon dan kalung ronce bunga melati. Tak lupa pula keris yang disematkan di pinggangnya, yang menjadikan tampilan Ali Syakieb semakin berkharisma. 

Baca juga: Referensi Rias Pengantin Jawa Hijab Bagi Para Muslimah

5. Adipati Dolken dan Canti Tachril

wm_article_imgwm_article_img

Foto via Instagram/cantitachril

Pasangan artis muda Adipati Dolken dan Canti Tachril juga tampil mempesona  di hari spesialnya dengan nuansa pernikahan adat Jawa yang kental. Pernikahan yang berlangsung di Bangka Belitung pada 18 Desember 2020 silam, menyisakan cerita tersendiri bagi kedua sejoli ini. Dimana, keduanya sepakat mengenakkan pakaian tradisional Jawa dodotan dengan motif alas-alasan. 

Dodotan atau busana kampuh yaitu pakaian pengantin dengan kain kemben panjang dan lebar sekitar 4,5 meter yang dihiasi prada emas pada bahan kainnya. Kain tersebut disebut kain dodot. Busana pengantin dodotan umumnya berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Solo. Umumnya, dodotan ini memiliki corak alas-alasan atau hutan yang berwarna hijau yang menggambarkan beragam satwa dan tumbuhan.

Meskipun terbilang masih muda, pasangan Adipati dan Canti tak gengsi mengenakan tradisi dan budaya tradisional. Keduanya juga menjalani beberapa prosesi adat Jawa, antara lain siraman, midodareni dan upacara panggih, bahkan tanggal pernikahan dua sejoli ini juga ditentukan berdasarkan weton jodoh atau hitung-hitungan dalam adat Jawa. Dengan busana adat Jawa yang lengkap serta riasan paes dan prada, baik Adipati dan Canti tampak gagah dan cantik ya dalam baju adat Jawa dodotan.

Itulah sederet artis dan pesohor tanah air yang menggelar akad nikah dengan nuansa adat Jawa. Tak bisa dipungkiri busana adat memiliki pesonanya tersendiri, gak heran deh banyak pasangan yang kemudian memutuskan untuk menggunakan pakaian adat baik yang benar-benar tradisional ataupun baju adat dengan sentuhan modern untuk pernikahannya. Khususnya busana pengantin adat Jawa, yang penuh makna dan filosofis kehidupan. Diantara selebriti di atas, baju pengantin adat Jawa mana yang menurutmu paling serasi dikenakan?

Baca juga: 13 Tahapan dalam Prosesi Pernikahan Adat Jawa yang Sarat Makna

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...