Pilih Kategori Artikel

Tips Makeup Pengantin Simpel dan Tahan Lama, Pancarkan Aura Cantik Alami nan Memesona
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Salah satu hal yang perlu dipersiapkan dalam pernikahan adalah riasan untuk pengantin. Jika kamu menggunakan pernikahan adat, biasanya jasa sewa pakaian adat sudah menjadi satu dengan jasa riasnya. Jadi, kamu tidak perlu memikirkan urusan riasan. Namun jika pernikahan dilangsungkan lebih sederhana, kamu juga bisa melakukan make up pengantin simpel sendiri, loh.

Meskipun demikian, make up pengantin simpel berbeda dengan make up sehari-hari, ya. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan beberapa persiapan agar hasil riasannya cantik dan tahan lama sepanjang hari. Yuk, simak berbagai tips dan persiapannya di sini!

Makeup Pengantin Simpel

wm_article_img
MUA: Lalanindita Makeup

Sebuah rahasia umum bahwa jasa MUA atau makeup artist untuk pernikahan tidaklah murah. Apalagi jika kamu harus membayar untuk riasan orang tua sekaligus pager ayu, pasti biaya yang dikeluarkan akan membengkak. Untuk itu, banyak calon pengantin yang mencari cara melakukan make up simpel untuk memangkas biaya.

Ada juga yang ingin menggunakan makeup pengantin simpel karena ingin tampil natural dan flawless di hari pernikahan mereka. Calon pengantin yang kurang menyukai pemakaian make up bold, jadi memutuskan untuk memakai riasan yang lebih ringan namun tetap terlihat elegan.

Makeup pengantin simpel ini bisa kamu gunakan untuk berbagai konsep dan tema pernikahan. Kamu cukup menyesuaikan pemilihan warna riasan sesuai dengan tema pernikahan agar tampilannya serasi dan menawan.

Tips dan Persiapan Makeup Pengantin Simpel

wm_article_img
MUA: Juanda Hasid Sorumba

Sebagai pengantin wanita, tentunya kamu harus tampil maksimal karena kamu adalah bintang utama dalam acara pernikahanmu sendiri. Agar makeup pengantin simpel tetap terlihat mewah dan kamu tetap standout diantara para tamu undangan, maka perlu melakukan beberapa persiapan dan mengikuti beberapa tips di bawah ini:

  1. Pilih produk makeup yang tepat

Hal pertama yang harus kamu persiapkan untuk mengaplikasikan makeup pengantin adalah produk dan peralatan rias. Jika kamu sudah terbiasa melakukan dandanan sehari-hari sendiri, pasti kamu sudah tahu kebutuhan kulitmu dan jenis makeup yang cocok untuk kulit. Tapi jika kamu adalah tipe orang yang tidak terbiasa menggunakan makeup dalam aktivitas sehari-hari, kamu mungkin perlu melakukan riset dan percobaan produk kosmetik terlebih dahulu.

Hal ini perlu dilakukan agar kamu bisa mendapatkan produk yang tepat dan tidak menimbulkan iritasi atau peradangan kulit. Karena pasti kamu tidak mau kan muncul masalah kulit menjelang hari pernikahan, bukan? Berikut adalah beberapa produk kosmetik yang bisa kamu pilih untuk makeup pernikahan sederhana:

  1. Primer

wm_article_img
MUA: Juanda Hasid Sorumba

Ketika memakai makeup, kamu juga tetap perlu menggunakan skincare harian secara rutin. Namun produk skincare-nya cukup dari mencuci wajah, menggunakan toner, dan mengaplikasikan serum. Pemakaian skincare dasar ini bertujuan untuk melembabkan kulit.

Jika produk skincare sudah meresap, kamu bisa melanjutkan dengan mengaplikasikan primer secara merata. Primer bertujuan untuk menutup pori-pori kulit agar kulit terlihat lebih halus dan tidak bertekstur. Pemakaian primer juga bisa menyamarkan garis halus dan kerutan yang ada di wajah.

Tidak hanya area wajah, kamu juga perlu menggunakan eye primer untuk area bawah dan kelopak mata. Hal ini bertujuan agar warna kulit terlihat merata. Selain itu, eye primer juga membantu melekatkan eyeshadow dengan lebih baik, sehingga riasan mata akan terlihat lebih jelas dan tahan lama.

  1. Foundation

wm_article_img
MUA: Dhirmannputra

Selanjutnya jangan lupa untuk memilih foundation dengan formula ringan namun dapat bertahan lama. Pemakaian foundation yang terlalu berat akan menutup pori-pori dan membuat kulitmu tidak bisa ‘bernapas’. Selain itu, pemakaian foundation yang terlalu banyak dan tebal bisa menimbulkan riasan yang crack dan cakey, jadi riasanmu terlihat retak-retak dan tidak merata, deh.

Gunakan foundation dengan jumlah yang cukup dan mampu menutup kulit secara merata agar tidak muncul masalah wajah seperti jerawat. Pastikan juga kamu memilih shade yang sesuai dengan warna kulit asli, agar tidak menghasilkan riasan yang palsu dan belang dengan warna kulit tubuh. Jika kamu tidak berhasil menemukan shade yang tepat, kamu bisa mencampurkan dua shade foundation hingga mendapatkan warna yang diinginkan.

  1. Concealer

Memiliki kantung mata, bekas jerawat, atau bintik hitam karena hiperpigmentasi? Tenang saja, kamu bisa menggunakan concealer untuk menutupi ‘dosa’ di wajah dengan baik. Kamu hanya perlu mengaplikasikan concealer pada area yang perlu ditutupi saja, jadi tidak perlu menggunakannya ke seluruh wajah. Pastikan juga kamu memilih shade yang serupa dengan warna foundation agar warna makeup pernikahan simpel dapat merata secara sempurna.

  1. Eye makeup

wm_article_img
MUA: Cherry Jessica

Riasan mata juga penting untuk diperhatikan. Gunakan riasan mata dengan warna yang netral dan senada dengan gaun pernikahan. Hindari pemilihan eyeshadow yang sparkly agar tidak memantul ketika terkena flash dari fotografer.

Gunakan eyeliner agar garis mata lebih tegas dan terdefinisi. Jangan lupa untuk mengaplikasikan maskara pada bulu mata agar tampilan mata terlihat lebih cantik. Jika kamu memiliki bulu mata tipis atau pendek, kamu bisa menggunakan bulu mata palsu dengan ketebalan dan panjang yang pas agar terlihat natural.

Eits, jangan lupa juga dengan alis. Bentuk alis dengan simetris agar dapat membingkai area mata dengan lebih elegan. Pilih warna pensil alis yang netral seperti hitam, coklat tua, atau yang senada dengan warna alis asli kamu.

Untuk maskara dan eyeliner sendiri kamu bisa menggunakan dengan formula waterproof agar tidak luntur dan tetap tahan di cuaca panas, keringat, atau air mata.

  1. Cheek and lip

wm_article_img
MUA: Cherry Jessica

Pemilihan warna untuk blush on dan lipstik bisa kamu sesuaikan dengan warna kulit agar bisa menghias wajah dengan baik. Hindari pemakaian warna lipstik yang gelap atau merah karena akan terlalu tajam dibandingkan riasan wajah lainnya yang lebih netral. Kamu bisa menggunakan warna netral seperti warna-warna nude yang pas dengan warna kulit.

  1. Setting spray

Ini dia langkah terakhir dari makeup pengantin simpel yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu dengan menggunakan setting spray. Produk ini mampu mengunci dan menjaga riasan agar tetap melekat ke kulit. Setting spray juga membantu agar riasan kamu tahan lama karena mencegahnya luntur dari keringat dan air.

  1. Hindari SPF dan finishing powder

wm_article_img
MUA: Cherry Jessica

Selain menggunakan rekomendasi produk make up pernikahan simpel di atas, ada beberapa produk yang perlu kamu hindari. Seperti penggunaan produk yang mengandung SPF. Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa harus menghindari SPF sedangkan kandungan ini baik untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV ketika melangsungkan pernikahan di siang hari. 

Jadi, kandungan titanium oksida dan zinc pada formula SPF dapat menghasilkan white cast pada kulit yang akan memantul saat terkena flash kamera. Hal ini membuat wajah kamu akan berkilau pada hasil foto.

Selanjutnya, hindari pula pemakaian white finishing powder. Efek yang diberikan akan sama dengan kandungan SPF pada produk perawatan kulit. Wajah kamu akan terlihat seperti badut ketika terkena flash kamera. Jadi agar foto pernikahanmu terlihat elegan dan cantik, hindari pemakaian kedua produk ini, ya.

  1. Persiapkan kondisi kulit

wm_article_img
MUA: Cherry Jessica

Tips makeup pengantin simpel selanjutnya adalah mempersipkan kondisi kulit. Seperti yang kita tahu, membuat kulit jadi lebih sehat dan terawat membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk itu pastikan kamu mulai rutin menggunakan produk perawatan kulit setiap hari agar kondisi kulit kamu dalam kondisi prima dan sehat untuk menggunakan makeup.

Merawat kulit tidak hanya menggunakan skincare saja, kamu juga perlu mengubah pola hidup agar kulit menjadi lebih sehat. Mulai makan-makanan sehat dan perbanyak olahraga ringan serta minum air putih agar kulit terawat dari luar dan dalam. Selain itu, hal ini juga membuat tubuhmu semakin sehat menjelang pernikahan.

  1. Perbanyak latihan

wm_article_img
MUA: Cherry Jessica

Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk berdandan sehari-hari? 30 menit? 1 jam? Atau lebih lama dari itu? Tentunya makeup pengantin simpel juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk itu kamu perlu memperbanyak latihan agar semakin mengenali bentuk dan kontur wajah sendiri. Dengan begitu, kamu bisa mempersingkat waktu ketika merias diri sendiri di hari pernikahan.

Selain itu, semakin banyak latihan yang kamu lakukan, semakin banyak pula jenis riasan yang bisa kamu coba. Kamu jadi bisa mengkombinasikan berbagai warna yang pas dengan konsep pernikahan. Sehingga kamu tetap bisa tampil menawan di hari pernikahan.

Proses latihan make up pernikahan simpel bisa kamu lakukan dengan belajar kepada teman atau saudara yang sudah biasa melakukan riasan berat. Kamu juga bisa mencari berbagai macam tutorial riasan pernikahan di sosial media seperti YouTube dan Instagram untuk mendapatkan beberapa tips mengenai riasan pernikahan.

Kelebihan dan Kekurangan Makeup Pernikahan Simpel

wm_article_img
MUA: Lalanindita Makeup

Tidak ada hal yang sempurna, seperti halnya pemilihan jenis makeup pernikahan simpel ini. Pemakaian riasan yang alami ini bersifat timeless karena dandanan kamu terlihat natural dan tidak akan lekang oleh waktu. Jadi hasil dokumentasi pada hari pernikahan akan tetap terlihat elegan ketika dilihat kembali berpuluh tahun kedepan.

Kelebihan lainnya dari makeup pernikahan natural yang simpel adalah memancarkan kecantikan alami pengantin wanita. Penggunaan make up bertujuan untuk memoles dan memperhalus tampilan wajah, sehingga pengantin wanita tetap terlihat seperti dirinya sendiri dengan versi yang lebih menarik.

Selain itu, makeup pernikahan simpel juga bisa dipelajari sendiri. Selain menghemat biaya, kamu juga semakin lihai menggunakan peralatan rias sendiri. Sedangkan untuk kekurangannya sendiri adalah riasan pernikahan sederhana ini tidak dapat digunakan oleh semua jenis wajah.

wm_article_img
MUA: Cherry Jessica

Jika kamu sudah memiliki garis wajah yang jelas dan tegas, makeup pernikahan simpel ini akan cocok untukmu. Jadi jika fitur wajahmu tidak memiliki garis wajah yang intens, sebaiknya kamu menggunakan bantuan make up artist (MUA) untuk bisa menonjolkan bagian wajah tertentu dan agar kamu terlihat lebih menarik.

Kelemahan berikutnya adalah riasan yang sederhana tidak bisa menutup ketidaksempurnaan wajah dengan baik. Karena riasan simpel biasanya lebih tipis dibandingkan riasan pernikahan pada umumnya, maka ada kemungkinan masalah kulit seperti hiperpigmentasi, bekas jerawat, atau bekas luka pada wajah tetap dapat terlihat.

Setelah mengetahui serba-serbi makeup pengantin simpel di atas, apakah kamu jadi tertarik untuk menggunakan riasan natural dan sederhana? Atau tetap lebih tertarik dengan riasan profesional dengan bantuan MUA? 

Apapun pilihannya, pastikan untuk selalu menjaga kondisi kulit agar kamu semakin bersinar di hari bahagia, ya. Baca juga artikel lainnya seputar tips dan persiapan pernikahan di WeddingMarket biar kamu nggak ketinggalan informasi menarik seperti ini!


Foto cover: MUA: Adi Adrian

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...