Your Smart Wedding Platform

5 Tips Mewujudkan Tema Pernikahan Outdoor yang Meriah namun Intim dan Hangat

26 Jul 2023 | By Alda A. Wedding Market | 701
Fotografi oleh Visuel Project

Pernikahan adalah momen sakral bagi setiap individu. Karenanya, mayoritas menginginkan acara pernikahan yang sesuai dengan impiannya selama ini. Menggunakan konsep dekorasi pernikahan yang indah dengan acara yang membahagiakan dan seru, pasti juga menjadi impian dalam acara pernikahan semua orang. 

Untuk tempatnya kamu dapat menggunakan berbagai macam venue sesuai dengan konsep, misalnya di pantai, taman, kebun kota, atau bahkan halaman rumah pun jadi. Sebagai referensi, kamu bisa menggunakan daftar berikut untuk lokasi pernikahan outdoor-mu. 

Acara pernikahan outdoor juga terkesan lebih romantis di malam hari, dengan suasana alam yang indah dan dekorasi yang match dengan pernak pernik pernikahan yang kamu pilih. Nah, bila tema pernikahan outdoor ini adalah wedding dream-mu, berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

  • Penataan tempat duduk tamu dan pelaminan

  • Dekorasi: Royal Kinanthi Dekor

    Konsep dekorasi pernikahan sederhana bisa dimulai dari cara kita menata tempat duduk. Kamu tidak perlu menghias kursi pelaminan dan kursi tamu dengan terlalu meriah, agar terlihat elegan dan konsep outdoor yang kamu bawa tetap terasa. 

    Kamu dapat menggunakan kursi kayu atau kursi besi dengan bantal, kemudian memberikan sedikit dekorasi berupa bunga di sandaran kursinya agar terlihat lebih natural dan indah seperti tema pernikahan kamu dan pasanganmu. 

    Dekorasi: Royal Kinanthi Dekor

    Agar lebih menarik, kamu juga boleh menambahkan pita kecil yang melilit di sandaran kursi bersama dengan bunga yang disematkan. Tanaman dan pemandangan sekitar dapat dimanfaatkan sebagai ornamen dekorasi alami yang tidak kalah cantiknya dengan dekorasi yang didesain oleh para vendor. Sebagai referensi lebih lanjut, dari segi penataan kursi bisa di dekorasi seperti ini agar terlihat lebih estetis, ya.

  • Menyediakan catering makanan untuk kebersamaan seperti BBQ

  • Foto: Twin Oaks Carterer

    Jika kamu ingin mengusung konsep dekorasi pernikahan di rumah, maka bisa memanfaatkan halaman belakang untuk bakar-bakaran. Jika pada pernikahan umumnya berkonsep buffet atau prasmanan, coba deh kali ini suguhkan hidangan dengan konsep BBQ. Terutama, untuk pesta yang digelar di malam hari. Hal ini dijamin akan menambah kehangatan dan kebersamaan di acara pernikahanmu.

    Foto: discover.hubpages

    Orang-orang biasanya mengadakan garden party kecil-kecilan bersama keluarga atau kerabatnya dengan memanggang daging. Kamu mungkin juga dapat melakukan ini di pernikahanmu, agar tamu undangan merasakan suasana hangat  dengan atmosfer kebersamaan dan kekeluargaan yang kuat yang dibangun melalui acara bakar-bakar alias barbeque party bersama-sama.

    Acara barbeque party ini mungkin bisa jadi alternatif untuk resepsi di malam hari. Selain BBQ, daftar menu makanan berikut juga sangat cocok dihidangkan untuk acara dengan konsep intimate wedding di luar ruangan. 

  • Pilih gaun yang sederhana dan anggun

  • Gaun pengantin: Bramanta Wijaya

    Tidak perlu menggunakan gaun yang bersifat glamor dalam acara outdoor wedding. Sebagai contoh, kamu cukup mengenakan gaun putih dengan crown bunga di atas kepala untuk menambah kesan klasik dan natural. Sehingga acara pernikahan berkonsep outdoor yang kamu selenggarakan benar-benar terasa menyatu dengan alam.

    Hindari penggunaan gaun yang terlalu panjang, karena terlihat tidak match apabila kamu gunakan dalam konsep outdoor, terlebih jika tema yang kamu usung benar-benar tentang alam. Apabila tetap ingin mengenakan gaun pengantin yang panjang, pilihlah model yang sederhana dan tidak menyapu lantai, sehingga kamu merasa nyaman berada seharian di luar ruangan. 

    Gaun pengantin: Tommy Pancamurti

    Selain itu, gaun pengantin yang simple ini juga lebih memudahkan pergerakan dan aktivitas dalam menyambut tamu dengan lebih leluasa. Dengan demikian, tamu undangan di pestamu akan merasakan hangatnya disambut baik oleh tuan rumah yang mengundangnya. 

  • Gunakan dekorasi pernikahan yang menyatu dengan alam

  • Dekorasi: Elior Design

    Akhir-akhir ini marak sekali penggunaan konsep pernikahan rustic. Konsep dekorasi pernikahan modern ini mengusung tema menyatu dengan alam dan sangat mengedepankan sisi kesederhanaan. Konsep ini bisa menjadi salah satu pertimbangan pada acara outdoor yang akan kamu selenggarakan, karena sesuai dengan namanya, rustic yang artinya pedesaan. Jadi, suasananya akan lebih natural.

    Dekorasi: Elior Design

    Rustic wedding ini biasanya didominasi oleh unsur kayu, warna keemasan, atau warna coklat yang akan terlihat lebih indah lagi jika ditambahkan dengan beberapa dekorasi tambahan seperti tanaman alang-alang, berbagai jenis bunga, bahkan akar pohon.

    Agar acara yang diselenggarakan terkesan lebih romantis, kamu dapat menambahkan lampu gemerlap yang kecil, digantungkan sebagai lentera di sekeliling venue pada acara pernikahan kamu. Dijamin, acara pernikahanmu akan menjadi sangat romantis!

  • Penampilan Live Music

  • Foto: Sky Wedding Entertainment

    Hal yang juga dapat kamu pertimbangkan pada acara pernikahan dengan konsep dekorasi pernikahan outdoor adalah mengundang penyanyi dan menyediakan tempat untuk live music performance. Hal ini akan menambah keseruan acara pernikahan kamu, terlebih pada suasana malam hari, karena kesan kebersamaan yang kamu dapatkan akan lebih terasa.

    Berikan juga kesempatan tamu undangan yang ingin menyampaikan perasaan bahagianya dengan menyumbangkan lagu yang dinyanyikan di stage live music dengan instrumen alat musik. Biasanya instrumen yang digunakan berupa gitar dan drum, akan lebih cantik lagi jika kamu juga turut menyertakan biola di dalamnya.

    Foto via Cateringky

    Jika kamu suka bernyanyi, maka kamu juga dapat memberikan hadiah lagu untuk pasanganmu atau bernyanyi bersama pasanganmu untuk merayakan momen kebahagiaan yang sangat berharga hari itu. Menyanyi bersama dengan tamu undangan akan terkesan sangat muda dan energic

    Melalui lagu yang dinyanyikan pada stage live music, kamu juga dapat mengadakan agenda berdansa bersama para tamu undangan. Kamu dan pasanganmu dapat mencontohkan gerakan dansa seolah kamu dan pasanganmu adalah raja dan ratu pada acaramu hari itu.

    Fotografi: Axioo

    Demikian beberapa hal yang penting terkait dengan tema pernikahan outdoor yang dapat kamu catat sebagai insight untuk acara pernikahan impianmu. Dari seluruh inspirasi tersebut, kamu dapat memadu padankan beberapa di antaranya agar acara pernikahanmu terlihat klasik, natural, namun tetap up to date

    Kamu juga dapat mengkolaborasikan berbagai inspirasi acara ini dengan tema lainnya, tentunya dengan dikonsultasikan kepada wedding organizer terbaik yang kamu pilih. Agar tema yang kamu usung tetap cocok dengan inspirasi pernikahan yang kamu inginkan.

    Semoga berbagai inspirasi pernikahan di atas dapat membantu kamu menyusun konsep dekorasi pernikahan outdoor impianmu, ya. Jadi, dari seluruh inspirasi pernikahan yang ada, sudah punya gambaran 'kan untuk pernikahanmu kelak?


    Artikel Terkait



    Artikel Terbaru