Your Smart Wedding Platform

Tips Foto Prewedding di Pantai untuk Abadikan Momen Indahmu dengan Sempurna

27 Apr 2023 | By Wedding Market | 1254

Berbicara tentang lokasi foto prewedding, pantai menjadi salah satu pilihan yang paling populer bagi banyak pasangan. Pantai dapat menjadi background prewedding yang indah, secara alami menciptakan kesan romantis dan dreamy dalam foto yang diabadikan. Apalagi di Indonesia ada banyak pantai-pantai indah yang terkenal akan eksotismenya. Pantai-pantai tersebut sering dijadikan destinasi untuk prewedding, sebut saja seperti pantai Uluwatu di Bali, Gili Trawangan di Lombok, dan sebagainya.  

Meskipun demikian, menggelar sesi foto prewedding di pantai dapat juga memiliki tantangan tersendiri loh. Apalagi bagi kamu yang belum terlalu familiar dengan area di sekitar pantai tempat mendokumentasikan momen-momen romantis sebelum menikah ini. Sebelum kamu memilih lokasi pantai untuk foto prewedding, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan hasil foto yang terbaik. Berikut WeddingMarket berikan beberapa tips untuk kamu yang ingin mempersiapkan foto prewedding di pantai:

1. Pilih waktu yang tepat

Fotografi: Derai

Waktu yang tepat untuk mengambil foto prewedding di pantai adalah di pagi hari atau sore hari menjelang matahari terbenam atau lebih dikenal dengan istilah "golden hour". Pada waktu ini cahaya matahari akan memberikan hasil foto yang indah dan cantik. Selain itu, pada waktu tersebut umumnya sinar matahari juga tidak terlalu terik, sehingga sesi pemotretan akan terasa lebih nyaman. Namun, jika kamu hanya memiliki waktu pada siang hari, maka pastikan untuk memilih tempat yang teduh agar tidak terganggu teriknya sinar matahari.

2. Pilih busana yang sesuai

Fotografi: Imagenic

Berbicara soal baju prewedding di pantai, disarankan untuk kamu memilih busana yang sesuai dengan tema pantai, seperti outfit berwarna putih, pastel atau gaun yang flowy. Mempelai wanita bisa mengenakan dress dengan bahan yang ringan dan jatuh, sementara mempelai pria cukup mengenakan baju kaos atau kemeja dengan warna yang cerah dipadu dengan celana yang santai untuk menciptakan kesan yang dreamy dan romantis.  

Pastikan juga untuk mengenakan busana yang nyaman dan tidak menghalangi pergerakan, sehingga kamu dapat dengan leluasa berpose di hamparan pasir berbaur dengan ombak di tepi pantai. Jangan lupa untuk membawa sepatu atau alas kaki yang nyaman untuk berjalan di pasir pantai, ya! Hindari mengenakan sepatu berhak tinggi, karena akan menyulitkanmu ketika berjalan di hamparan pasir. 

3. Perhatikan cuaca

Fotografi: Axioo

Cuaca di pantai terkadang sulit diprediksi. Oleh sebab itu, pastikan untuk memeriksa prakiraan cuaca sebelum kamu pergi ke pantai bersama pasangan dan tim fotografer! Hindari hari-hari yang diprediksi akan turun hujan atau mengalami cuaca buruk lainnya karena akan mengganggu proses pengambilan foto. 

Fotografi: Axioo

Selain itu, untuk berjaga-jaga sebaiknya kamu juga perlu membawa payung atau topi yang dapat berfungsi untuk melindungi diri dari panas teriknya matahari ataupun bila sewaktu-waktu turun hujan. Jangan lupa pula kenakan tabir surya agar kulit tetap terlindungi, ya!

4. Pilih latar belakang yang sesuai

Fotografi: Polar Photograph

Meskipun seluruh penjuru pantai adalah tempat yang indah untuk dipotret, akan tetapi kamu tetap perlu memilih spot-spot foto tertentu yang sesuai dengan tema prewedding yang satu ini. Latar belakang yang cocok dengan tema pantai seperti pasir putih, ombak laut, atau bahkan karang besar bisa dimanfaatkan. Jika pantai yang dipilih merupakan tempat umum, pastikan bahwa spot foto prewedding tersebut tidak terlalu ramai atau bising sehingga saat sesi pemotretan berlangsung dapat tetap fokus pada kamu dan pasangan.

5. Perhatikan detail kecil

Fotografi: Axioo

Setiap detail memainkan peran besar untuk menciptakan keindahan dalam foto prewedding pantai kamu dan pasangan. Untuk itu, detail kecil seperti tatanan rambut dan makeup pun juga perlu diperhatikan loh! Pastikan bahwa gaya rambut dan makeup yang kamu kenakan cocok dengan busana dan tema prewedding pantai.

Fotografi: Axioo

Bila perlu bawa juga beberapa aksesori pelengkap seperti topi, kacamata, payung, hingga buket bunga untuk memberikan sentuhan yang kreatif pada foto prewedding outdoor pantai kamu dan pasangan. Tak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan properti seperti bola pantai, keranjang piknik, papan selancar dan aneka benda lainnya untuk membuat tema prewedding yang unik dan menarik.   

6. Cari referensi

Fotografi: Nocture

Sebelum pergi ke pantai untuk menggelar sesi prewedding, sebaiknya kamu juga mencari referensi contoh-contoh foto prewedding di pantai yang sudah ada. Kamu bisa menemukan berbagai inspirasi prewedding di media sosial atau melihat-lihat portofolio fotografer yang dipilih. Hal ini tentunya akan memberikan kamu gambaran untuk mempersiapkan ide-ide menarik yang bisa diadopsi dalam foto prewedding milikmu.

7. Sewa fotografer profesional

Fotografi: Polar Photograph

Hasil foto prewedding yang indah nan romantis tak luput dari peran sang fotografer. Untuk itu penting pula untuk memilih fotografer profesional yang memiliki pengalaman mumpuni. Pastikan orang yang kamu percaya untuk mendokumentasikan momen berharga ini adalah seseorang yang mampu mengabadikan keindahan pantai sekaligus romantisme kamu dan pasangan dalam potret-potret yang menawan.

Fotografi: Polar Photograph

Agar momen pemotretan prewedding di pantai ini akan selalu berkesan tatkala kamu memandangnya kembali di masa yang akan datang. Maka dari itu, pastikan kamu sudah berdiskusi dengan fotografermu dan menyampaikan preferensi atau ide-ide yang kamu miliki untuk dituangkan dalam potret prewedding yang ciamik sesuai dengan impian.

8. Have Fun!

Fotografi: Derai

Terakhir, nikmati setiap momen kamu dan pasangan selama sesi pemotretan prewedding di pantai ini. Jadikan momentum foto prewedding ini sebagai pengalaman romantis sekaligus berkesan yang bisa dikenang sepanjang hidup! Dengan begitu, sesi pemotretan pun akan jadi lebih menyenangkan.

Mengambil potret dengan background di pantai memang bisa menjadikan foto prewedding kamu dan pasangan semakin indah dan mengesankan. Dengan mengikuti panduan dan tips di atas, semoga sesi pemotretan prewedding kamu dan pasangan berjalan dengan lancar tanpa hambatan berarti, serta mendapatkan hasil foto-foto terbaik, ya! 

Demikian panduan dan tips untuk foto prewedding di pantai. Ingatlah untuk menikmati momen ini bersama pasangan dan memiliki kenangan yang indah sebelum kamu dan kekasih sibuk dengan berbagai persiapan pernikahan lainnya. Cek juga WeddingMarket store untuk menemukan fotografer terbaik yang dapat mewujudkan foto prewedding impianmu serta vendor-vendor lainnya untuk melengkapi kebutuhan pernikahanmu. Semoga bermanfaat!


Artikel Terkait



Artikel Terbaru