Your Smart Wedding Platform

6 Inspirasi Dekorasi Lamaran Minimalis Dijamin Hemat Budget

16 Mar 2024 | By Nurul Fatimah Wedding Market | 219
Foto: Lutfiya Decoration

Lamaran merupakan salah satu langkah yang dilakukan sebagian pasangan untuk mengikat status sebelum pernikahan. Sama halnya dengan pernikahan, sebagian besar lamaran yang diselenggarakan juga bersifat formal dengan mengundang kedua keluarga beserta orang terdekat dengan tempat lamaran didesain sedemikian rupa memberikan suasana yang khidmat dan nyaman bagi semua orang. 

Untuk menciptakan suasana lamaran yang khidmat tentunya membutuhkan desain dekorasi lamaran yang dapat mendukung hal tersebut. Salah satu dekorasi yang diminati oleh banyak orang, yaitu berkonsep minimalis, misalnya backdrop harus berwarna putih dengan dipenuhi lampu kecil sebagai tambahan pencahayaan.

Dekorasi satu ini banyak diminati oleh orang-orang karena dapat digunakan di berbagai tempat, bahkan untuk ruangan yang memiliki ukuran kecil. Di sisi lain, untuk pasangan yang lebih menyukai hal sederhana dan simpel, dekorasi lamaran minimalis juga menjadi pilihan mereka. Jika kamu sedang mencari inspirasi dekorasi lamaran dan menyukai konsep minimalis, dapat simak penjelasan di bawah ini, ya!

1. Desain Dekorasi Lamaran Konsep Putih dan Biru


Desain dekorasi lamaran yang pertama adalah dengan kombinasi warna putih dan biru. Desain tersebut sangat cocok digunakan untuk kamu yang menyukai hal simpel dan sederhana. Dalam hal ini, warna putih, didapatkan dari backdrop yang terbuat dari papan yang dicat putih secara keseluruhan. Backdrop tersebut terdiri dari tiga papan utama, dengan papan di bagian tengah mempunyai tinggi paling besar. Selain itu, di depan papan utama terdapat papan kecil yang diletakkan di kanan dan kiri kursi. 

Untuk membuat tampilan lebih menarik, kamu dapat menghias dinding putih tersebut dengan rangkaian bunga berwarna biru yang diletakkan di depan backdrop. Jangan lupa tempatkan dua buah kursi putih di tengah-tengah dekorasi sebagai centerpiece untuk spotlight kepada kedua calon mempelai.  

2. Backdrop Lamaran Konsep Lingkaran


Desain selanjutnya adalah dekorasi lamaran yang menggunakan backdrop berbentuk lingkaran. Jika biasanya desain backdrop berbentuk persegi, maka untuk kali ini berbentuk lingkaran. Secara garis besar, backdrop yang digunakan dalam desain ini menggunakan instalasi persegi, namun untuk membuatnya lebih unik dibuat seolah-olah bingkai berbentuk lingkaran di dalamnya.

Di sekeliling backdrop, dapat diberikan hiasan berupa rangkaian bunga warna-warni yang didominasi warna merah atau warna favoritmu dan pasangan. Jangan lupa tambahkan hiasan lain seperti daun-daun dan nama kamu dan pasangan di dinding sekitar lingkaran dan persegi tersebut untuk mempercantik penampilan backdrop lamaran minimalis ini.

3. Dekorasi Lamaran dengan Tirai Putih


Jika menyukai warna putih dan tertarik dengan tanaman, kamu dapat mengkombinasikan keduanya untuk dekorasi lamaranmu. Berbeda dengan desain dekorasi sebelumnya yang menitikberatkan pada backdrop dari papan, pada konsep desain satu ini kamu bisa memanfaatkan kain dan rangkaian bunga. Kamu bisa menggunakan backdrop arch berbentuk setengah lingkaran yang mirip seperti gerbang, lalu dikombinasikan dengan kain sebagai background-nya.

Untuk mendukung konsep desain warna putih, maka sebagian besar warna aksesoris yang digunakan adalah putih termasuk tirai yang digunakan sebagai background maupun bunga yang dijadikan sebagai hiasan. Khusus hiasan bunga, untuk memberikan daya tarik tambahan, dapat mengkombinasikan warna bunga seperti putih dan hijau sehingga konsep desain lamaran nampak lebih hidup dan asri. 

4. Dekorasi Lamaran Warna Warni


Jika kamu menyukai bunga dan ingin dekorasi lamaran dengan menggunakan konsep tersebut, maka dekorasi lamaran warna warni menjadi pilihan terbaik. Pada dekorasi ini, desain yang digunakan hampir semua menggunakan bunga warna-warni mulai dari backdrop hingga hiasan yang digunakan.

Jika biasanya backdrop yang digunakan adalah berbahan dasar papan atau kain, maka dalam konsep ini kamu bisa menggunakan bunga yang dirangkai sedemikian rupa menjadi background di venue lamaranmu. Misalnya, bunga dirangkai membentuk arch sehingga seperti gerbang atau menjadi wall of flowers. Bunga yang digunakan biasanya adalah bunga asli dengan berbagai warna hingga nampak indah ketika dilihat.

Di belakang backdrop, kamu dapat menambahkan kain putih sebagai hiasan untuk menempatkan nama kamu dan pasangan beserta hiasan lain seperti daun yang di letakkan di bagian atas kain. Jangan lupa letakkan dua kursi warna putih serta berbagai tanaman warna-warni yang di letakkan di depannya untuk menambah estetika. Tanaman tersebut selain membuat tampilan menjadi lebih bagus, juga memberikan kesan asri pada konsep yang diusung.

5. Dekorasi Lamaran Ruang Terbuka


Acara lamaran selain dapat diadakan di dalam ruangan, ternyata juga dapat diadakan di ruangan terbuka seperti taman ataupun di tempat outdoor lain. Hal ini tidak mengherankan mengingat anak muda zaman sekarang banyak yang menyukai konsep outdoor untuk konsep pernikahan, termasuk diaplikasikan ke acara lamaran.

Nah, dalam desain outdoor ini, kayu dan bunga menjadi komponen utama. Kamu bisa menggunakan bunga untuk dirangkai menjadi arch lingkaran hingga dapat dijadikan sebagai backdrop. Selain itu, untuk membuat latar tidak terlalu sepi, di belakang backdrop, ditempatkan tirai putih transparan yang dapat digunakan sebagai tempat untuk menempatkan nama pasangan serta hiasan yang lain.

Di depan backdrop, dapat diletakkan dua kursi kayu warna coklat yang digunakan sebagai tempat duduk untuk kamu serta pasangan. Selain itu, untuk membuatnya lebih cantik, dapat ditempatkan pula dua hiasan kayu yang diletakkan di bagian kanan dan kiri kursi.

Walaupun konsep tersebut terlihat sederhana, namun dengan menggunakan aksesoris dan tempat yang tepat, suasana lamaran dapat terlihat asri dan menyenangkan. Apalagi jika acara lamaran diselenggarakan di waktu malam, kamu dapat menambahkan hiasan lampu tumblr untuk menambah suasana romantis.

6. Dekorasi Lamaran Full Tirai


Rekomendasi dekorasi lamaran terakhir adalah dekorasi dengan konsep menggunakan tirai secara penuh. Dalam desain ini, ada banyak komponen yang digunakan namun biasanya komponen utama yang digunakan adalah papan, bunga ataupun tirai. Tiga komponen tersebut akan digunakan sebagai backdrop yang merupakan dasar dalam desain dekorasi.

Jika desain lain cenderung akan mengkombinasikan tiga komponen sekaligus sebagai backdrop, dalam dekorasi satu ini, justru menggunakan tirai sebagai komponen utama. Untuk membuatnya lebih spesial, kamu dapat mengkombinasikan dua warna, misalnya tirai hijau dan putih. Tirai tersebut lalu dapat kamu pasang menutupi dinding yang nantinya akan dijadikan sebagai backdrop.

Selanjutnya untuk mempercantik penampilan, kamu dapat menambahkan seperti huruf inisial nama kamu dan pasangan yang dipasang di atas tirai. Selain itu, penambahan aksesoris seperti rangkaian bunga berwarna senada tirai juga dapat mempercantik dekorasi. Jangan lupa, tambahkan papan tulis kecil yang ditopang sebuah papan kayu yang dapat digunakan sebagai  penanda tulisan acara pertunanganmu dengan pasangan.

Itulah enam rekomendasi dekorasi lamaran minimalis yang dapat kamu gunakan. Walaupun dekorasi tersebut mempunyai konsep simpel dan tidak menggunakan banyak aksesoris, tetapi tetap dapat memberikan hasil menarik untuk dilihat. Terutama jika kamu dapat memadu padankan dengan warna yang tepat dijamin hasilnya akan jadi lebih cantik.


Artikel Terkait



Artikel Terbaru