Pilih Kategori Artikel

Kilau Indah Royal Engagement Ring, Cincin Tunangan Mewah ala Keluarga Kerajaan Inggris
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Mewah, glamor dan berkelas, penampilan para bangsawan wanita dari Kerajaan Inggris memang selalu berhasil mencuri perhatian. Mulai dari gaya busana berpakaian, tatanan rambut, makeup, hingga aksesoris yang dikenakan oleh Royal Family ini, tak jarang menjadi inspirasi bagi para kaum hawa di seluruh dunia. Begitu pula cincin tunangan pernikahan yang dikenakan oleh Ratu dan para Putri Inggris di hari pernikahannya, berkilau, indah dan mewah. Hm, siapa sih yang tidak menginginkannya?!

Bukan suatu hal yang baru di negara-negara barat, desain cincin tunangan dibuat berbeda dan lebih mencolok dibandingkan dengan cincin perkawinan. Biasanya, cincin tunangan memiliki model yang lebih feminin serta berhiaskan batu permata. Sementara itu, desain cincin kawin jauh lebih simple dan jarang sekali disematkan batu permata di atasnya. Hal ini pun tampak dari tampilan royal engagement ring para bangsawan di Kerajaan Inggris. 

Kilau permata nan indah, mulai dari sapphire hingga berlian, menghiasi deretan cincin pertunangan eksklusif milik kaum bangsawan penguasa di Britania Raya itu. Penasaran seperti apa wujud cincin tunangan mewah ala Royal Family ini? Yuk, kita intip! 

1. Queen Elizabeth II

wm_article_img

Elizabeth Alexandra Mary, mantan Ratu Kerajaan Inggris Raya atau lebih dikenal dengan Queen Elizabeth II, menikahi Pangeran Philip pada tahun 1947. Empat bulan sebelum melangsungkan pernikahan, tepatnya pada tanggal 9 Juli 1947, keduanya secara resmi mengumumkan bertunangan.

Pangeran Philip memberikan cincin berlian solitaire berukuran tiga karat yang ditanam pada logam platinum, serta diapit oleh 5 berlian kecil pada masing-masing sisinya, untuk putri dari Raja George VI itu. Saking fenomenalnya, desain royal engagement ring milik Queen Elizabeth ini bahkan sudah dibuatkan banyak replikanya oleh perusahaan-perusahaan perhiasan di seluruh dunia. 

wm_article_img

Namun, cincin tunangan yang asli memiliki sejarah yang panjang. Hal inilah yang membuatnya spesial. Berlian yang disematkan pada cincin tunangan Ratu Elizabeth II itu, diambil dari tiara milik ibu Pangeran PhilipPrincess Alice of Battenbergyang direlakannya untuk dibongkar sebagai hadiah pernikahan sang anak. 

Tiara milik putri Alice itu sendiri merupakan hadiah perkawinan yang diberikan kepadanya oleh Tsar Nicholas II dan Tsarina Alexandra, penerus terakhir Keluarga Romanov dari Rusia. Cincin tunangan penuh sejarah tersebut masih digunakan oleh Ratu Elizabeth pasca kematian Pangeran Philip, bahkan hingga akhir hayatnya.

2. Princess Diana

wm_article_img

Royal engagement ring milik Putri Diana tak kalah fenomenalnya dari cincin tunangan mantan ibu mertuanya, Ratu Elizabeth II. Putri yang memiliki nama asli Diana Frances Spencer tersebut, dilamar oleh putra sulung Ratu Elizabeth IIPangeran Charles IIIdengan sebuah cincin yang dibuat oleh sebuah brand rumah perhiasan langganan kerajaan, Garrard.

Desain cincin yang akan dikenakan pada hari pertunangannya itu, dipilih sendiri oleh Putri Diana dari katalog koleksi perhiasan Garrard. Artinya, cincin tersebut tersedia dan bisa dibeli oleh siapapun, bukan cincin yang ditempa secara eksklusif untuk pertunangannya. Mantan Princess of Wales ini memilih sebuah cincin tunangan emas putih 18 karat dengan permata blue sapphire Ceylon, berbentuk oval, berkadar 12 karat dan dihiasi 14 butir berlian solitaire di sekelilingnya. 

wm_article_img

Dikatakan, bahwa desain cincin tunangan yang dipilih oleh Putri Diana ini mirip dengan model cincin tunangan milik mendiang ibunya, serta memiliki kemiripan dengan bros pernikahan batu safir dan berlian milik Ratu Victoria, yang dipilihkan untuknya oleh Pangeran Albert. Setelah dia berpisah dari Pangeran Charles pada tahun 1992, Diana terus memakai cincin tunangan blue sapphire itu sampai pada tahun 1996 ia resmi bercerai.

Setelah kematiannya, Pangeran Harry kemudian menyimpan cincin peninggalan mendiang ibunya tersebut. Cincin pertunangan Putri Diana, sejauh ini bisa dikatakan yang paling legendaris diantara royal engagement ring keluarga Kerajaan Inggris lainnya. Desainnya yang mewah dan elegan menjadi inspirasi bagi banyak jeweller di selutuh dunia untuk membuat replikanya. 

3. Kate Middleton

wm_article_img

Pangeran Williamputra sulung Putri Diana dan Pangeran Charles IIImelamar Kate Middleton dengan cincin blue sapphire asli milik mendiang ibunya. Cincin legendaris yang semula disimpan oleh Pangeran Harry tersebut direlakannya untuk sang kakak karena ia merasa Kate Middleton cocok untuk mengisi posisi rati di masa depan, posisi yang seharusnya menjadi milik mendiang ibunya itu. Sementara itu, bagi Pangeran William, pemberian cincin tunangan legendaris tersebut kepada Kate Middleton untuk menjaga kenangan akan ibunya.  

wm_article_img

Tidak ada yang berubah pada cincin tunangan peninggalan mendiang Putri Diana yang menjadi milik Kate Middleton. Kecuali, ukuran band platinum yang dibuat lebih kecil menyesuaikan dengan ukuran jari  wanita yang menyandang gelar Princess of Wales tersebut. 

4. Meghan Markle 

wm_article_img

Rachel Meghan Markle dilamar oleh Pangeran Harry pada November 2017 silam, dengan sebuah cincin tunangan berlian spesial yang memiliki desain begitu indah. Cincin tunangan yang diterima Meghan Markle berbentuk sebuah cincin emas bertahtakan tiga buah berlian berukuran besar, yang mana berlian yang paling besar merupakan berlian 3 karat yang berasal dari Botswana, tempat dimana Meghan dan Pangeran Harry berkencan pertama kali. Sementara itu, dua berlian yang mengapitnya adalah berlian yang diambil dari koleksi lama milik mendiang ibu, Putri Diana. 

wm_article_img

Dikatakan, bahwa desain cincin tunangan berlian yang istimewa ini khusus diminta oleh sang pangeran, agar calon istrinya itu bisa merasa dekat dengan sosok mendiang ibunya meskipun keduanya tak pernah bertemu secara langsung. Cincin tunangan milik wanita bergelar Duchess of Sussex ini pun sudah banyak ditemukan replikanya di toko-toko perhiasan online di seluruh dunia. 

4. Princess Beatrice

wm_article_img

Putri Beatrice merupakan cucu Ratu Elizabeth II, yang mana merupakan putri tertua dari Pangeran Andrew (Duke of York) dan Sarah Ferguson, atau keponakan dari Pangeran Charles III. Pada tahun 2019 silam, Putri Beatrice dilamar oleh Edoardo Mapelli Mozzi, seorang bangsawan Italia dengan sebuah cincin yang didesain oleh dirinya sendiri bersama rumah perhiasan ternama di Inggris, Shaun Leane. 

Cincin tunangan Putri Beatrice ini adalah cincin berlian 2,5 karat yang berbentuk bulat dengan diapit oleh dua butir berlian yang berukuran lebih kecil. Kemudian terdapat berlian lain berbentuk baguette 0,75 karat di kedua sisinya, dengan rangka cincin berupa logam platinum.

Cincin tunangan milik Putri Beatrice ini memiliki fakta unik yang secara tidak langsung terkoneksi dengan Meghan Markle. Pertama, cincin tersebut dirancang oleh tunangannya sendiri, Edoardo yang bekerjasama dengan desainer perhiasan Meghan Markle di Shaun Leane. Kedua, berlian-berlian yang menghiasi cincin tunangan tersebut juga berasal dari Botswana, yang mana ditambang secara etis, sama seperti milik Duchess of Sussex tersebut.

5. Princess Eugenie

wm_article_img

Putri Eugenie merupakan keluarga bangsawan Kerajaan Inggris, ia adalah putri bungsu dari Pangeran Andrew (Duke of York) dan Sarah Ferguson (Duchess of York), adik kandung dari Putri Beatrice, dan juga cucu dari mendiang ratu Elizabeth II. Ia dilamar oleh Jack Brooksbank pada January 2018 dengan sebuah cincin tunangan yang sangat mirip dengan milik ibunya, Sarah Ferguson dari Pangeran Andrew. 

wm_article_img

Cincin tunangan milik Putri Eugenie ini berbentuk batu safir langka Padparadscha berwarna merah muda berukuran sekitar 3 karat dikelilingi oleh lingkaran berlian yang ditanam pada rangka emas kuning Welsh. Desain royal engagement ring yang indah ini merupakan hasil rembukan bersama Putri Eugenie dan pria yang kini menjadi suaminya, itu Jack Brooksbank. Cincin tunangan mewah ini pun sudah tersedia banyak replikanya di berbagai toko perhiasan di seluruh dunia. 

Nah, Itu dia beberapa cincin tunangan mewah ala Royal Family Kerajaan Inggris. Semuanya bertahtakan permata indah yang kilaunya sangat memesona, ya dears. Tak heran replikanya kini dapat ditemukan di berbagai marketplace di seluruh dunia. Dari kelima cincin tunangan nan indah  tersebut, semoga bisa menjadi referensi buat kamu yang sedang bingung perihal memilih cincin tunangan yang tepat, ya! Untuk mempermudah proses pencarianmu, bisa juga kunjungi vendor jewellery di WeddingMarket dan dapatkan diskon khususnya. Cek sekarang, ya!  

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...