Pilih Kategori Artikel

Tips Membuat Desain Kartu Ucapan Souvenir Pernikahan yang Menarik
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Ketika hendak menghadiahkan souvenir pernikahan kepada para tamu, tentu saja tidak bisa diberikan polos begitu saja tanpa ada kemasan yang bagus atau setidaknya kartu ucapan terima kasih. Walaupun sederhana, kartu ucapan ini sangat penting keberadaannya. Kartu ucapan pada souvenir pernikahan bisa menunjukkan rasa terimakasih dan apresiasi para calon pengantin pada tamu yang datang secara langsung.

Selain itu, adanya kartu ucapan juga bisa mempercantik kemasan souvenir pernikahanOleh sebab itu, jangan remehkan fungsi kartu ucapan terimakasih di souvenir pernikahan. Desain dan ucapan yang disematkan harus diperhatikan agar sesuai dengan jenis souvenir maupun tema resepsi pernikahan. 

Tips Untuk Membuat Desain Kartu Ucapan Souvenir Pernikahan yang Estetis dan Menarik

wm_article_img

Seperti yang disebutkan sebelumnya, desain dari kartu ucapan yang disematkan pada souvenir pernikahan bukanlah hal yang sepele. Walaupun ukurannya kecil, keberadaannya harus diperhatikan untuk memberikan kesan yang bagus pada pesta pernikahan yang diadakan. 

Bagi para calon pengantin yang mungkin merasa kesulitan untuk menentukan desain yang seperti apa yang cocok, berikut WeddingMarket berikan beberapa tips yang bisa diterapkan dalam memilih desain kartu ucapan untuk souvenir pernikahan estetis dan berkesan. 

1. Sesuaikan Desain dengan Tema Pesta Pernikahan 

wm_article_img

Tips pertama untuk menentukan desain dari kartu ucapan yang hendak dibuat adalah menyesuaikan dengan tema pesta pernikahan. Jika tema pesta yang diadakan adalah garden party, maka pilih desain kartu yang bernuansa natural dengan template kartu ucapan berbentuk dedaunan atau bunga-bunga. Begitupula dengan tema lain seperti rustic, klasik, glamor dan sebagainya.

Tema pesta harus menjadi pertimbangan pertama ketika menentukan desain kartu ucapan yang ingin digunakan pada souvenir supaya terlihat cantik. Apabila desain dari kartu ucapan dibuat tanpa mempertimbangkan tema pesta pernikahan, kartu yang dihasilkan mungkin saja akan tetap bagus. Namun, tidak serasi dengan konsep pesta yang diadakan, sehingga malah akan terlihat aneh dan tidak tepat. 

2. Sesuaikan dengan Jenis dan Bentuk Souvenir yang akan Diberikan 

wm_article_img

Selain menyesuaikan dengan tema pesta, penting juga untuk menyesuaikan desain dengan tampilan atau bentuk benda yang akan diberikan. Keberadaan kartu souvenir ini bisa menyeimbangkan tampilan dari souvenir pernikahannya. Misalnya, jika souvenir pernikahan yang sederhana, maka desain kartu ucapan yang dekoratif bisa menyeimbangkannya. 

Bisa juga menyesuaikan dengan bentuk seperti membulat, berbentuk amplop, label tag, dibuat seperti pita atau custom box guna menyeimbangkan dengan tampilan benda yang akan diberikan sebagai souvenir. Jadi, souvenir yang sederhana pun bisa terlihat elegan dan estetis dengan desain kartu ucapannya yang bagus. 

Selain itu, kartu ucapan juga harus sesuai dengan kemasan tempat souvenirnya, jika ada. Karena biasanya, kartu ucapan tidak ditempelkan langsung pada benda yang dijadikan souvenir, melainkan digantung atau ditempelkan pada bagian kemasannya. 

3. Jangan Buat Ukuran Kartu Ucapan Terlalu Besar 

wm_article_img

Karena fungsinya sebagai kartu ucapan pada bingkisan souvenir, lebih baik untuk tidak dibuat terlalu menonjol dengan ukuran yang besar. Apalagi, jika ukuran kartu ucapan ini jadi melampaui besar ukuran souvenirnya sendiri. Tentu saja hal tersebut akan membuat bingkisan souvenir menjadi terlihat aneh. 

Oleh karena itu, lebih baik buat ukuran wedding card souvenir jangan terlalu besar. Seimbangkan dengan ukuran souvenir yang diberikan dan juga kemasan souvenirnya. Karena tentu saja, hal ini membuat tampilan packaging souvenir pernikahanmu terlihat lebih proporsional dengan kartu ucapannya. Apalagi, jika kartu ucapannya akan ditempelkan atau diletakkan pada bagian dalam kemasan. 

4. Tuliskan Ucapan Terimakasih yang Singkat dan Bermakna 

wm_article_img

Biasanya ukuran kartu ucapan untuk souvenir pernikahan ini tidak terlalu besar. Bisa dipastikan, tidak ada banyak ruang untuk menuliskan kata-kata yang panjang sebagai ucapan terimakasih para pengantin terhadap para tamu yang datang. Karena itu, buatlah ucapan terima kasih yang singkat saja. Namun, pastikan ucapan singkat tersebut bermakna.

Sebagai contoh kamu bisa menuliskan kata-kata seperti "Thank you for coming to our wedding",  "Thank you for being a part of our journey", atau "Terima kasih dan mohon doa restunya".  Dengan begitu, kartu ucapan tersebut menyampaikan apresiasi kepada para tamu undangan yang menerimanya. Para calon pengantin juga bisa menggunakan kutipan romantis dari film, lagu atau orang terkenal pada kartu ucapan tersebut. Namun, pilihlah kata-kata yang tetap singkat dan berkesan bagi yang membacanya. 

5. Tentukan Palet Warna Desain Terlebih Dahulu

wm_article_img

Sebelum memulai desain secara keseluruhan, lebih baik untuk memilih palet warna yang akan diterapkan pada kartu ucapan souvenir terlebih dahulu. Ada berbagai paduan warna tertentu yang bisa membuat tampilan kartu ucapan souvenir menjadi lebih estetik. Palet warna ini juga bisa menjadi patokan untuk melakukan proses desain. Dengan adanya panduan palet warna sejak awal, desain kartu  yang dihasilkan akan tampak lebih harmonis dan serasi.

6. Lebih Baik Dibuat dalam Variasi Warna yang Berbeda 

wm_article_img

Palet warna yang dibuat tidak harus dibuat dalam satu variasi saja, namun dapat dikreasikan dalam banyak kombinasi warna. Pastinya akan sulit untuk membuat variasi desain yang berbeda, karena itu agar lebih mudah yang dibuat berbeda adalah variasi warnanya dengan desain yang sama. Dengan begitu, tampilan kartu ucapan pada souvenir pernikahan akan terlihat unik dan lebih bervariasi.

Namun tetap tidak sulit untuk membuatnya, karena desain yang digunakan tetap sama. Yang diubah hanyalah palet warnanya saja. Kemudian, saat memasang kartu ucapannya bisa disesuaikan dengan warna souvenir atau kemasannya. Dengan begitu, kartu ucapan, souvenir, dan kemasan yang diberikan pada tamu akan terlihat lebih serasi. 

7. Buat Kartu dalam Bentuk yang Unik 

wm_article_img

Desain kartu souvenir identik dengan bentuk kotak atau persegi panjang. Namun, ternyata bentuk kartu tidak selalu harus seperti itu. Kartu bisa didesain dengan berbagai bentuk lain seperti bentuk hati, bintang, bulat, atau bentuk yang mengikuti kemasan produk souvenir. Jadi, tidak monoton berbentuk persegi atau persegi panjang. Berbagai pola gambar dapat dikreasikan untuk dijadikan desain kartu souvenir pernikahan yang menarik.

Tidak perlu ragu untuk berkreasi dalam bentuk kartu ucapan ini. Kamu bisa memanfaatkan template atau referensi desain yang ada di internet untuk mendapatkan ide atau mungkin mendesain bentuk baru dengan kreativitas sendiri. Sekarang kamu pun juga bisa custom souvenir pernikahan dengan ucapan yang langsung dicetak pada kemasannya.

8. Sematkan dengan Pita agar Semakin Cantik 

wm_article_img

Jika hanya ditempelkan biasa, mungkin kartu ucapan terimakasih bisa terlihat membosankan. Namun, tampilan kartu ucapan ini bisa terlihat lebih manis jika diikat atau dihiasi dengan pita. Karena itu, jangan hanya mengandalkan desain yang bagus pada kartu ucapan. Tambahkan ornamen unik pada kartu ucapan agar tampilannya semakin indah. Misalnya dengan menambahkan pita, sticker, maupun ornamen hiasan lainnya. Supaya tampilan kartu ucapan lebih estetis, tidak hanya terlihat sebagai kartu dengan tulisan biasa. 

Nah, itu dia beberapa tips untuk membuat kartu ucapan terima kasih pada souvenir pernikahan kamu tampak lebih estetis dan menarik. Apa kamu masih bingung menentukan jenis souvenir serta desain untuk kartu ucapannya? Jangan khawatir, manfaatkan layanan jasa vendor WeddingMarket untuk menemukan souvenir pernikahan kekinian yang bisa  kamu customize sesuai selera. Segera nikmati jasanya dan ciptakan pernikahan impian dengan klik di sini

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...