Pilih Kategori Artikel

Rekomendasi Lokasi Prewedding di Nusa Tenggara Timur (NTT), Jadikan Fotomu Semakin Eksotis!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Menjelang hari pernikahan yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan, berbagai persiapan dilakukan termasuk melakukan pemotretan untuk foto prewedding. Para calon pengantin pun dapat memilih berbagai lokasi prewedding baik indoor maupun outdoor. Bahkan, tak jarang banyak pasangan rela merogoh kocek lebih dalam untuk mewujudkan destinasi prewedding impian ke tempat-tempat wisata dengan pemandangan alam yang menakjubkan seperti di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Nusa Tenggara Timur, menyimpan segudang pesona keindahan alam yang tak perlu dipertanyakan lagi. Meski tak sepopuler Bali,  NTT pernah menempati posisi pertama sebagai destinasi wisata berharga dan terjangkau di tahun 2020 versi Lonely Planet. Tak hanya pesona pantai berpasir putih yang sangat cantik atau gradasi biru air lautnya yang begitu memesona, NTT juga memiliki banyak sekali spot-spot indah untuk foto prewedding dengan background hamparan padang savana yang menakjubkan.

Nah, apabila kamu dan pasangan memiliki budget lebih untuk melakukan foto prewedding, maka tak ada salahnya untuk memasukkan NTT sebagai salah satu destinasi prewedding outdoor demi pengalaman yang terbaik! Yuk, simak daftar lokasi prewedding NTT yang direkomendasikan di bawah ini!

1. Bukit Warinding, Sumba Timur

wm_article_img

Masih ingat dengan salah satu foto prewedding outdoor artis Maudy Ayunda yang memperlihatkan hamparan bukit padang savana yang luas? Yup, foto prewedding tersebut berlokasi di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Bukit Wairinding, Desa Pambota Jara, Kecamatan Pandawai, Sumba Timur. Bukit indah ini berjarak sekitar 30 menit dari kota Waingapu atau 3-4 jam dari pusat kota Sumba Timur.

wm_article_img

Bukit Wairinding berada pada ketinggian 100-200 meter di atas permukaan laut dengan landscape vegetasi asli padang rumput savana nan indah bagai lukisan. Selain itu, kamu juga dapat menikmati udara yang sangat sejuk dan tak jarang di Bukit Warinding wisatawan juga disuguhkan pemandangan dengan kearifan lokal, anak-anak Sumba yang tengah bermain atau sedang mengembala kuda dan domba. Pemandangan seperti ini tentu mengingatkan akan  suasana ala-ala di pedesaan Eropa.

wm_article_img

Sebuah tips jika ingin mengunjungi Bukit Warinding, sebaiknya dilakukan pada periode antara bulan Juni sampai Oktober atau pada musim kering. Berkunjunglah pada saat sore hari karena pada waktu tersebut cahaya matahari tidak terlalu panas, sehingga cocok untuk melakukan pemotretan prewedding. Selain itu, kamu pun bisa menikmati sunset yang dihiasi semburat jingga di langit dengan semilir angin bukit yang menyejukkan.

wm_article_img

Sementara itu, untuk akses menuju ke kawasan Bukit Warinding terbilang cukup mudah karena lokasinya terletak persis di tepi jalan raya yang menghubungkan Waingapu di Sumba Timur menuju Tambolaka di Sumba Barat atau Waikabubak di Sumba TengahLandscape indah yang ditawarkan Bukit Warinding, tak hanya akan membuat foto prewedding tampak semakin menakjubkan, tetapi juga memberikan pengalaman yang sangat berkesan buat kamu dan pasangan. Jadi, pas sekali buat kamu yang ingin menghilangkan penat yang timbul selama persiapan pernikahan.

2. Labuan Bajo, Flores

wm_article_img

Siapa yang tidak kepincut melihat keindahan alam Labuan Bajo? Bukan rahasia umum, pesona alam di Labuan Bajo, NTT yang berlimpah menjadi magnet yang mampu menarik para wisatawan untuk mampir mengunjunginya. Labuan Bajo terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. 

wm_article_img

Ada ratusan destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi di Labuan Bajo. Para pemburu panorama indah untuk dijadikan latar belakang foto prewedding tentunya akan sangat terpuaskan dengan mengunjungi destinasi prewedding di Labuan Bajo. Selama mengunjungi Labuan Bajo, kamu dan pasangan tak boleh melewatkan indahnya panorama alam yang ditawarkan di kawasan ini, Labuan Bajo rasa Santorini!

3. Gili Laba, Labuan Bajo

wm_article_img

Gili Laba merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat direkomendasikan untuk lokasi prewedding di Labuan Bajo. Terutama bagi kamu yang menyukai wisata bahari. Panorama laut yang menakjubkan dengan warna bergradasi yang dihiasi dengan indahnya hamparan savana dengan rerumputan bergelombang bak lukisan alami, dijamin akan selalu membekas diingatan siapapun yang menyaksikannya! Nah, spot favorit untuk yang biasanya jadi incaran para pasangan yang  ingin mengambil foto untuk prewedding adalah di puncak Gili Laba. Dari atas sana, kamu bisa memperoleh gambar prewedding yang estetis dengan background laut bergradasi warnanya.

4. Pulau Padar, Labuan Bajo

wm_article_img

Julukan “sepotong kecil surga yang bertebaran di bumi” layaknya memang tepat untuk menggambarkan keajaiban alam di Pulau Padar, Labuan Bajo, Flores, NTT. Pulau Padar memiliki landscape alami yang begitu  eksotis yang mana tampak seperti pulau purbakala dari atas ketinggian. Tentunya, pemandangan yang indah menakjubkan tersebut sangat cocok untuk dijadikan sebagai background foto prewedding!

wm_article_img

Pulau Padar masih berada di Kawasan Taman Nasional Komodo, dan termasuk dalam urutan ketiga di jajaran pulau terbesar setelah Pulau Komodo dan Gili Lawa. Bentang alamnya yang eksotis, perpaduan perbukitan dan padang savana serta indahnya hamparan terumbu karang yang terdapat di dasar laut nan jernih, mampu membuat takjub siapapun yang melihatnya. Sesi pemotretan prewedding otomatis akan jadi semakin romantis! 

Pulau Padar berjarak sekitar 30 km  dari Labuan Bajo. Untuk menjangkaunya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dengan menggunakan perahu untuk menuju ke pulau-pulau. Sementara itu, untuk mencapai puncak bukit di Pulau Padar kamu harus melakukan pendakian sekitar 300 anak tangga yang memakan waktu sekitar 15 hingga 45 menit. Namun, semua lelah akan terbayar tuntas dengan panorama luar biasa yang dapat disaksikan dari puncak bukit Pulau Padar tersebut! 

5. Pantai Pink

wm_article_img

Sesuai dengan namanya, Pantai Pink (Pink Beach) di Labuan Bajo memiliki pasir berwarna pink atau merah muda. Pantai eksotis ini menawarkan keindahan yang memikat hati siapapun yang mengunjunginya, pun untuk melakukan pemotretan preweddingFoto prewedding anti mainstream sembari snorkeling atau diving pun menarik untuk dicoba! 

Tak hanya warna pasirnya yang tak biasa, di kawasan Pink Beach kamu pun dapat dimanjakan dengan keindahan bawah laut yang menampilkan jejeran terumbu karang, ikan-ikan dan biota laut berwarna-warni berenang bebas di air yang jernih.  Bisa dibayangkan bagaimana indahnya foto prewedding kamu dan pasangan yang diabadikan di pantai menakjubkan ini? 

Pantai Pink masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Untuk menjangkaunya, rute terbaik yang dapat ditempuh dengan perjalanan laut menuju Pulau Komodo, kemudian berhenti di pelabuhan Pink Beach atau berlabuh di sisi pulau sembari menikmati panoramanya. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar empat jam untuk menuju ke pantai berpasir pink ini.

6. Pulau Komodo

wm_article_img

Sudah sampai di NTT, kurang lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi Pulau Komodo, ikonnya pariwisata di Nusa Tenggara Timur. Seperti namanya, Pulau Komodo menjadi habitat untuk lebih dari 2.500 ekor komodo, sehingga pulau ini pun ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia. Pulau Komodo merupakan pulau terluas yang berada dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Meski agak ekstrim, kamu bisa melihat komodo secara langsung dan mengambil foto prewedding yang unik dengan hewan purba yang satu ini. Pastinya, foto prewedding yang dihasilkan akan semakin greget! 

7. Desa Waerebo

wm_article_img

Ingin pengalaman prewedding yang berbeda dari yang lain? Kamu bisa mencoba melakukan ekowisata budaya ke Desa Waerebo, yang berlokasi di Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Desa Waerebo merupakan desa adat yang terletak di kawasan terpencil di pegunungan di atas ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. 

Di desa ini, bukan hanya pemandangan alamnya saja yang begitu indah dan menenangkan, tetapi juga tradisi kebudayaan masyarakatnya sangat menarik untuk dipelajari. Hingga kini, penduduk Desa Waerebo masih mempertahankan cara hidup sesuai tradisi dan budaya yang diwariskan oleh nenek moyang mereka terdahulu. Itulah sebabnya pada Agustus 2012 silam, UNESCO memasukkan Desa Waerebo sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia. 

wm_article_img

Uniknya, di Desa Waerebo yang sudah berumur lebih dari 1.200 tahun ini hanya ada 7 buah rumah saja yang dihuni oleh penduduknya. Bentuk rumah adat ini seperti kerucut, dinamakan Mbaru Niang. Karena keunikannya, banyak pasangan tertarik untuk melakukan sesi pemotretan prewedding romantis di Desa Waerebo dengan menampilkan perpaduan keindahan nuansa hijau alami pegunungan dan rumah adat yang eksotis ini. Agar semakin ciamik, kamu juga coba pakai kain tenun khas Sumba sebagai properti prewedding, ya!

Bagaimana? Alam di Nusa Tenggara Timur sungguh memukau, bukan? Lokasi destinasi prewedding di atas baru sedikit contoh tempat-tempat di NTT yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan spot foto dengan panorama yang mengagumkan. Masih ada banyak destinasi wisata lainnya yang juga tak kalah indahnya. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mencari informasi melalui wedding photographer yang menawarkan jasa destinasi prewedding maupun penyedia layanan tour wisata. Nah, jika ada dana lebih untuk melakukan destinasi prewedding, jangan lupa untuk memasukkan NTT ke dalam bucket list-mu, ya! 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...