Maudy Ayunda Resmi Menikah! Prewedding ala Korea dan Akad Nikah dengan Adat Jawa - Wedding Market

Maudy Ayunda Resmi Menikah! Prewedding ala Korea dan Akad Nikah dengan Adat Jawa

23 May 2022 | By Ade Mutia WeddingMarket | Viewers: 1785
Maudy Ayunda Resmi Menikah! Cantik dan Anggun dalam Balutan Nuansa Adat Jawa
Foto: instagram/MaudyAyunda

Kabar mengejutkan dan membahagiakan datang dari aktris sekaligus penyanyi Maudy Ayunda. Minggu, 22 Mei 2022 kemarin, wanita pemilik nama lengkap Ayunda Faza Maudya ini membagikan beberapa potret dirinya dalam balutan kebaya pengantin klasik berwarna putih dan tatanan rambut disanggul. Maudy juga memberi keterangan "22.5.22" pada caption unggahannya yang mengisyaratkan bahwa tanggal tersebut menjadi hari yang sangat penting bagi dirinya. 

Tak hanya itu, yang lebih mengejutkan publik adalah beberapa deretan foto prewedding yang juga dibagikan oleh artis lulusan Stanford University tersebut. Tampak ia berpose romantis bersama seorang pria yang diketahui bernama Jesse Ji Seok Choi dalam beberapa potret yang diabadikan oleh iluminen. Dalam potret prewedding yang mengusung beberapa tema tersebut,  keduanya tampak bercengkrama begitu dekat. Diantaranya, tema sporty, formal dan mengenakan pakaian tradisional Korea, Hanbok. Berikut beberapa detail dari potret bahagia pernikahan Maudy Ayunda dan Jesse Choi yang telah WeddingMarket rangkum untukmu:

Foto Prewedding dengan Berbagai Konsep dan Tema

pernikahan maudy ayunda

Sebelumnya tak banyak yang mengetahui bahwa Maudy Ayunda telah lama menjalin kasih dengan Jesse Choi, seorang pemuda keturunan Korea Selatan yang sudah lama menetap di New York, Amerika Serikat. Hubungan keduanya bisa dikatakan belum pernah terendus media sama sekali. Setelah Maudy membagikan foto pranikah miliknya kemarin, barulah diketahui siapa sosok pria yang berhasil menaklukkan hati pemeran Ainun dalam film "Habibie & Ainun 3"  ini. Dalam akun Medium milik Jesse Choi,  ia menceritakan tentang kisah pertemuannya dengan Maudy, keduanya bertemu pada September 2019 silam. Saat itu Maudy Ayunda dan Jesse Choi sama-sama sedang menempuh pendidikan di Stanford University Graduate School of Business.

pernikahan maudy ayunda

 "On my first day at the GSB, I met a wonderful Indonesian girl. She has a huge heart for her country and, to this day, regularly encourages me to be “more global”. We started dating pretty early on, and having lived through the turbulences of business school, COVID, and personal circumstances together, we feel inseparable. I am deeply blessed to have her in my life; we are similar and yet different in all the right ways" - Jesse Choi.

Dalam tulisannya, Jesse menceritakan bagaimana ia dan Maudy Ayunda pertama bertemu, kekagumannya pada Maudy yang begitu mencintai Indonesia, dan bagaimana mereka bertahan menjalani berbagai ujian mulai dari beban kuliah, COVID dan berbagai masalah pribadi bersama-sama. Hingga akhirnya keduanya merasa tak terpisahkan satu sama lainnya. Jesse sangat bersyukur bisa mengenal Maudy. Ia merasa dirinya dan Maudy memiliki kesamaan sekaligus perbedaan yang menuju ke arah yang baik. Dari cerita tersebut, tak heran jika Maudy Ayunda menuliskan "Forever with my best friend." pada salah satu foto unggahannya tersebut.

pernikahan maudy ayundapernikahan maudy ayundapernikahan maudy ayunda

Dalam foto unggahan yang lainnya, Maudy Ayunda tampak anggun menggunakan baju khas Korea Selatan, Hanbok bernuansa putih. Ia menuliskan caption berbahasa Korea yang jika diterjemahkan berarti "With you" (bersamamu) dan simbol hati. Ternyata foto prewedding Maudy Ayunda ala Korea dengan latar belakang perbukitan hijau tersebut bukan hanya sekedar mengikuti tren, tetapi berkaitan langsung dengan akar budaya dan latar belakang sang kekasih. Diketahui pria bermarga Choi ini bukanlah seorang Warga Negara Indonesia, melainkan keturunan Korea Selatan-Amerika yang sudah lama bermukim di Amerika Serikat. Nama lengkapnya adalah Jesse Ji Seok Choi, ia juga merupakan peraih gelar Master of Business Administration (MBA) di Stanford University sama seperti Maudy Ayunda.

pernikahan maudy ayunda dan jesse choi

Maudy Ayunda dikenal tak hanya karena bakatnya di industri musik maupun perfilman Indonesia. Artis kelahiran 19 Desember 1994 ini juga memiliki sederet prestasi akademis yang tak perlu diragukan lagi. Ternyata pria yang kini telah menjadi suaminya ini juga tak kalah berprestasi dari dirinya. Jesse Choi adalah seorang pengusaha sekaligus investor di berbagai bidang. Dari akun LinkedIn miliknya, diketahui bahwa pria lulusan Columbia University dan Stanford University ini memiliki sederet pengalaman bisnis mentereng, diantaranya EIR AC Ventures, Investor The 21 Fund, Payfazz, Playground Global, dan Bain Capital. Seperti pepatah yang mengatakan kalau jodoh itu cerminan diri sendiri, hal ini pun berlaku untuk Maudy dan Jesse, dimana keduanya sama-sama memiliki segudang prestasi.

Prosesi Pengajian dan Siraman Jelang Pernikahan

Beberapa hari sebelum resmi mengikat janji suci pernikahan dengan Jesse Choi, Maudy Ayunda juga mengadakan ritual pengajian jelang pernikahan di kediamannya. Ia tampil begitu anggun dalam balutan abaya brokat berwarna biru pastel dari Lace by ARTKEA. Selembar kerudung bernuansa pastel pink lembut berhiaskan payet dengan ornamen cutting yang indah di pinggirannya, semakin menyempurnakan penampilan pelantun lagu Perahu Kertas ini. Dengan makeup natural super soft yang dipoleskan oleh makeup artist Evalovira, Maudy tampil begitu ayu dan bersahaja. Semua elemen tampak begitu menyatu, syahdu dan elegan.

Maudy Ayunda memiliki darah keturunan Jawa, ia pun turut menjalani berbagai ritual untuk prosesi pernikahan adat Jawa. Salah satunya yakni prosesi siraman adat Jawa. Sebuah ritual yang dilakukan untuk menyucikan jiwa sang pengantin menjelang hari H sekaligus memohon doa restu dari kedua orangtuanya. Prosesi siraman adat Jawa dimulai dengan sungkeman. Setelah itu, barulah orangtua akan melakukan siraman kepada sang anak.

Maudy tampak begitu anggun dengan kebaya bernuansa pastel dan kain tradisional jumputan dengan corak warna dusty blue. Kebaya Jawa nan indah ini merupakan karya desainer ternama, Vera Anggraini. Maudy juga melengkapi penampilannya dengan sanggul tradisional yang membingkai indah wajahnya. Berikut beberapa momen dalam acara siraman Maudy Ayunda yang berjalan begitu khidmat.


Seusai melaksanakan proses siraman, dalam tradisi adat Jawa ada beberapa ritual lainnya yang juga dilakukan oleh calon pengantin. Diantaranya, pemecahan kendi, potong rikmo, bopongan dan paes. Maudy Ayunda pun tampak menjalani ritual yang juga merupakan bagian dalam prosesi siraman adat Jawa tersebut. Kali ini Maudy tampil memesona dengan kebaya Jawa berpotongan panjang dengan sentuhan yang lebih modern. Untuk bawahan kebaya bernuansa biru keabuan ini, Maudy mengenakan kain batik Jawa berwarna cokelat. Kebaya cantik nan anggun ini juga merupakan karya Vera Anggraini. Sementara itu, untuk sanggul dan paes tradisional Jawa yang ia kenakan, Maudy mempercayakan kepada perias berpengalaman, Mamie Hardo.

Akad Nikah

pernikahan maudy ayunda

Pada momen akad nikahnya kemarin, Maudy Ayunda tampil begitu menawan dalam riasan natural yang begitu soft hasil tangan Marlene Hariman. Tatanan sanggul Jawa yang ia kenakan pun semakin menambah  pesona kecantikannya. Woko S. berhasil memberikan tatanan rambut dengan kesan klasik yang begitu berkelas. Melati rampai dan aksesoris khas pengantin Jawa yang ia kenakan pun semuanya on point, menjadikan sang pengantin begitu cantik dan elegan. Dalam balutan kebaya klasik perfect fit bernuansa putih yang dikenakan oleh Maudy Ayunda, dirinya tampil begitu memesona bak putri keraton. 

pernikahan maudy ayundapernikahan maudy ayunda

Tak hanya sampai disitu, sang desainer Eddy Betty juga memberikan sentuhan  dramatis dengan menambahkan detail jubah panjang berhiaskan ornamen bunga-bunga pada kebaya pengantin klasik milik Maudy Ayunda ini. Di hari bersejarahnya tersebut, semua pasti setuju bahwa Maudy tampil begitu sempurna. Hiasan dekorasi bernuansa putih nan klasik dengan untaian bunga-bunga yang dirangkai indah juga menciptakan elegansi pada momen pernikahan Maudy Ayunda yang kental akan nuansa adat Jawa. Palet warna putih memang tak pernah gagal menghidupkan kesan sakral dan khidmat dalam sebuah pernikahan. Kali ini pun dekorasi pernikahan hasil karya Stupa Caspea tampak begitu mengagumkan.
pernikahan maudy ayunda

Sang mempelai pria diapit oleh kedua orang tuanya yang kontras mengenakan baju tradisional Korea Selatan dalam nuansa pernikahan dengan adat Jawa. Sementara itu, mempelai wanita, Maudy Ayunda didampingi oleh sang adik, Amanda Khairunnisa menuju meja ijab qabul. Jesse Choi mengenakan beskap berwarna putih lengkap dengan atribut ala pengantin pria Jawa lainnya. Ia tampak tak kuasa menahan tangis bahagia tatkala prosesi akad nikah itu berlangsung.

Pernikahan tersebut digelar di kediaman Maudy Ayunda di kawasan Cilandak. Menurut keterangan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Cilandak, Bunyamin, proses pernikahan Maudy Ayunda dan Jesse Choi digelar secara Islam. Jesse Choi mengucapkan ikrar pernikahan dengan Maudy Ayunda dengan mahar pernikahan sejumlah 22.522 dollar, sesuai tanggal pernikahannya pada hari itu.

Sebagai tambahan informasi, Jesse Choi yang sebelumnya merupakan seorang Atheis, tidak memeluk agama. Ia sudah berpindah keyakinan memeluk agama Islam, tepatnya pada 25 Maret 2022. Pria berkebangsaan Amerika Serikat tersebut resmi menjadi mualaf dengan bimbingan Imam besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar. Proses tersebut berlangsung di Masjid Istiqlal, Jakarta. Barulah sebulan kemudian, ayahanda Maudy Ayunda mengurus pernikahan sang putri di KUA Cilandak. Berikut beberapa potret akad nikah Maudy Ayunda dan Jesse Choi yang berlangsung khidmat dan sakral.

Maudy Ayunda Resmi Menikah! Cantik dan Anggun dalam Balutan Nuansa Adat Jawa
Dalam potret momen pernikahan Maudy Ayunda dan Jesse Choi juga dihadiri oleh keluarga dan sahabat terdekat. Diantaranya, tampak artis Vidi Aldiano, Putri Tanjung dan suami, Guinandra Jatikusumo yang ikut larut dalam suasana haru dalam upacara pernikahan Maudy dan Jesse. Para bridesmaid sahabat Maudy ini mengenakan seragam baju adat Jawa dengan nuansa pastel lengkap dengan kain batik Jawa sebagai bawahannya


Sungguh WeddingMarket tak sabar lagi menantikan kabar bahagia dan kejutan-kejutan lainnya dari pasangan Maudy Ayunda dan Jesse Choi. Mulai dari prestasi, kisah cintanya, hingga momen pernikahannya semuanya sungguh menginspirasi ya, dears?! Yuk cari tahu juga 5 hal yang perlu dipersiapkan ketika memutuskan menikah dengan WNA dan ulasan menarik lainnya seputar pernikahan dalam artikel WeddingMarket. Itulah beberapa momen dari pernikahan Maudy Ayunda dan Jesse Choi, selamat untuk keduanya, semoga selalu berbahagia!

Credit Photography: IluminenKebaya akad nikah: Eddy BettyMUA akad: Marlene HarimanJewellery: Tulola DesignsHair do: Woko S | Decoration: Stupa CaspeaWO: Tiarajosodirdjo Assc;  @iie_aja | Kebaya Pengajian: Lace by ARKEA | Kebaya Siraman: Vera Anggraini Kebaya | MUA pengajian & siraman: Evalovira | Sanggul dan paes: Mamie Hardo

Wujudkan Pernikahan Impianmu bersama WeddingMarket

Silahkan Klik Disini

Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?