Your Smart Wedding Platform

20 Inspirasi Prewedding Outdoor yang Bisa Direka Ulang di Lingkungan Sekitar

29 Aug 2024 | By Nurma Arum Wedding Market | 166
Fotografi: retromagis

Saat mendengar prewedding outdoor, mungkin kamu akan membayangkan foto-foto pasangan yang diambil di pantai, sungai, atau padang rumput dengan pose menunjuk langit dan pandangan ke arah yang ditunjuk tersebut. Di tahun 2024 ini, berfoto di luar ruangan tidak melulu dilakukan di tempat-tempat tersebut, lo. Ada banyak sekali lokasi yang dimanfaatkan dan beberapa di antaranya bisa jadi kamu temui di dekat rumahmu.

Jika kamu memerlukan inspirasi, berikut ini beberapa di antaranya. Walaupun mungkin ada yang diambil jauh dari rumah, kamu bisa lebih jeli memperhatikan sekitar untuk bisa recreate atau reka ulang foto prewedding tanpa harus pergi jauh. Seperti apa saja? Simak berikut ini!

1. Bergandengan di antara lampion

Fotografi: retromagis

Mengambil foto di malam hari akan menambah kesan estetis pada fotomu. Jika di sekitarmu ada lokasi dengan lampu-lampu atau bahkan lampion yang sedang dipasang, kamu dan pasangan bisa memanfaatkannya untuk menjadi background yang membuat fotomu terlihat semakin istimewa. Kalian bisa berlarian sambil bergandengan di antaranya untuk membuat hasil foto terlihat lebih dinamis.

2. Foto natural dengan banyak orang

Fotografi: retromagis

Saat akan mengambil foto, kita biasanya akan memilih lokasi yang sepi atau tidak ada orang supaya hasilnya lebih cantik. Jangan sampai orang yang lewat masuk ke frame apalagi sampai menutupi sebagian kamera. Namun, ternyata membiarkan hal ini terjadi malah membuat fotomu terlihat lebih natural dan bisa manangkap momen sehari-hari dengan lebih nyata. Untuk itu, lokasi untuk mengambil foto ini bisa di sekitar rumah saja. Pilih jalan yang agak sibuk, tapi tidak terlalu ramai untuk spot foto. Tetaplah berpose mesra untuk menunjukkan bahwa kalian bisa menunjukkan cinta di mana saja.

3. Berfoto di depan toko

Fotografi: retromagis

Toko kelontong bisa dijumpai di mana saja, termasuk mungkin di dekat rumahmu. Siapa sangka ternyata produk-produk yang ditata warna-warni bisa menjadi background foto yang menarik. Interaksi yang terjadi antara pembeli dan penjual juga membuat foto terlihat lebih menarik dan natural. Untuk membuat kamu dan pasangan terlihat lebih outstanding, kalian bisa berdiri di bagian depan dengan baju couple. Pose tertawa bersama akan membuat foto candid kalian terlihat lebih menyatu dengan sekitar.

4. Berfoto di stasiun

Fotografi: Morden 

Mungkin butuh berjalan lebih jauh, tapi jika ada stasiun di kotamu, tak ada salahnya untuk memanfaatkannya sebagai lokasi untuk berfoto. Ada banyak ide konsep foto yang bisa kalian lakukan, mulai dari berdiri berdampingan seolah sedang menunggu kereta, people watching atau memperhatikan orang-orang sambil duduk, atau bahkan melakukan recreate adegan-adegan di film Before Sunrise. Tentu saja kamu dan pasangan bisa menyesuaikan pakaian dengan konsep keseluruhan. 

5. Foto di lapangan olahraga

Fotografi: Morden

Ada banyak lapangan yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto, mulai dari lapangan bola hingga lapangan tenis. Jika kamu dan pasangan memiliki olahraga favorit, kamu bisa menjadikannya spot untuk berfoto. Apalagi jika kalian berdua ternyata dipertemukan saat melakukan olahraga yang satu ini.

Foto prewedding pun tidak hanya estetis dan menyenangkan untuk dilihat, tapi juga bermakna. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang sesuai, lengkap dengan sepatunya, ya. Untuk pose, kalian bisa melakukan hal-hal unik seperti menghujani pasangan dengan bola-bola kecil. Jangan lupa untuk tetap mengutamakan keselamatan.

6. Foto di jalan dengan baju pengantin

Fotografi: Morden

Foto di jalan mungkin akan tampak biasa saja. Untuk membuatnya berbeda, kamu dan pasangan bisa mengenakan pakaian ala pengantin. Namun, alih-alih mengenakan pakaian yang ribet dengan train yang panjang dan aksesori lainnya, calon pengantin wanita bisa mengenakan gaun pendek dengan veil yang juga pendek. Sementara itu, laki-laki bisa mengenakan kemeja dan celana kain saja. Jangan lupa mengambil foto dengan candid untuk membuatnya terlihat lebih sinematik.

7. Berfoto di tengah-tengah kota

Fotografi: Sudut Photo

Masih mirip dengan konsep sebelumnya, foto prewedding yang satu ini mengambil latar di jalanan dengan pakaian pernikahan. Namun, vibe dari foto ini terlihat lebih ramai dengan latar beberapa orang yang berada di bagian background. Selain itu, pasangan ini juga berpose dengan lebih swag mengenakan kacamata hitam dan menaikkan masing-masing satu kakinya. Warnanya pun terlihat lebih terang.

8. Foto di komidi putar

Fotografi: Morden

Selain di theme park yang besar, kamu juga bisa menemukan berbagai wahana di pasar malam yang mungkin sedang buka di dekat rumahmu. Kamu bisa mengambil banyak sekali gambar di sana, salah satunya adalah di komidi putar. Kamu bisa menaiki salah satu punggung kuda dan berpose mesra dengan pasangan. Tak perlu khawatir jika pasar malam hanya buka di malam hari. Dengan pencahayaan yang minim pun, fotomu justru akan terlihat lebih estetis.

9. Berfoto sambil menyebrang jalan

Fotografi: Sudut Photo

Berfoto di jalan rasanya kurang lengkap tanpa adanya adegan menyebrang jalan. Coba pilih tempat menyebrang yang paling aman, tapi juga estetis yang bisa digunakan untuk berfoto dengan hasil yang bagus. Foto bisa diambil dari berbagai angle, salah satunya adalah dari belakang seperti pada foto ini. Jika ingin menunjukkan wajah, kalian bisa sedikit menengok. Untuk membuat vibe foto lebih misterius, jangan lupa tambahkan efek BNW.

10. Foto vintage dengan latar bangunan tua

Fotografi: Sudut Photo

Tertarik untuk mengambil foto prewedding dengan konsep vintage? Jika iya, bukan hanya pakaian saja yang harus kalian sesuaikan, tapi juga banyak hal lain seperti properti hingga lokasi pengambilan foto. Jika ingin aman, kamu bisa memilih lokasi dengan bangunan tua. Tidak perlu bangunan yang terlalu besar, kamu bahkan bisa memilih satu dinding saja untuk spot foto. Mengambil foto di tempat ini akan membantumu dalam membangun suasana. Usahakan untuk tidak terlalu banyak melibatkan orang atau kendaraan berlalu lalang karena kesan modern yang mereka berikan akan merusak konsep vintage yang ingin dibangun keseluruhan.

11. Memanfaatkan city light

Fotografi: Sudut Photo

Selain mengambil foto di jalan saat malam hari, foto prewedding yang satu ini juga memanfaatkan city light yang cantik untuk hasil foto yang lebih sinematis. Selain pose manis seperti bergandengan dan merangkul, ada juga detail kecil, tapi bermakna yang bisa kamu tambahkan. Kalian bisa mengenakan pakaian kasual dengan sedikit sentuhan formal. Namun, karena foto diambil di malam hari yang dingin, jaket atau jas yang dikenakan oleh laki-laki bisa diberikan kepada perempuan yang mengenakan dress berlengan pendek.

12. Foto di depan toko warna-warni

Fotografi: portraitbyfaisal

Banyak kafe atau toko lucu yang bisa kamu jadikan lokasi berfoto outdoor dengan konsep yang ceria. Selain warna-warna cerah, kamu bisa memilih spot foto yang memiliki berbagai dekorasi yang juga memiliki bentuk lucu. Biasanya toko es krim akan memiliki eksterior semacam ini. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang juga cerah serta senyum yang lebar untuk melengkapi konsep foto ceriamu.

13. Foto artistik dengan latar pepohonan

Fotografi: portraitbyfaisal

Asal di sekitarmu ada pepohonan yang rindang, kamu dan pasangan bisa mendapatkan foto estetis seperti ini. Kuncinya adalah di bagian kain tile berwarna putih panjang yang digunakan untuk menutupi kalian berdua. Biarkan kain membentang berantakan jika ingin membuatnya terlihat lebih estetis. Kalian juga bisa mengenakan kostum ala berkain untuk memberikan sentuhan etnik. Foto yang tidak menampakkan wajah ini akan cocok untuk teaser yang akan membuat banyak orang penasaran.

14. Berfoto di tengah padang rumput

Fotografi: portraitbyfaisal

Foto misterius ini bisa didapatkan di tempat luas di mana ada rerumputan di sana. Mulai dari lapangan hingga taman kota, semua bisa menjadi spot untuk mengambil foto. Untuk membangun kesan yang misterius, kamu dan pasangan bisa mengenakan pakaian formal sambil berjalan menghadap ke belakang sambil bergandengan menuju ke suatu tempat yang tak terlihat. Efek hitam putih juga akan membuat foto ini semakin paripurna.

15. Berfoto dengan pakaian tradisional dan background kain

Fotografi: portraitbyfaisal

Foto yang satu ini bisa dibuat di halaman belakang saja. Kamu dan pasangan bisa mengenakan pakaian tradisional yang akan membuat foto terlihat lebih istimewa. Untuk menambahkan kesan artistik, background kain dengan konsep abstrak  bisa digunakan. Jika ingin membuat foto dengan sentuhan lebih natural, foto bisa diambil di taman atau lokasi lain yang memiliki pepohonan rimbun.

16. Foto dengan properti kaca

Fotografi: portraitbyfaisal

Salah satu properti yang bisa digunakan untuk menambah unik sebuah foto adalah cermin atau kaca. Kamu bisa meletakkan cermin ukuran besar di tembok mana saja. Hasilnya, foto pun jadi terlihat lebih estetis. Namun, untuk membuat konsep terasa lebih kuat, kalian sebaiknya mempertimbangkan juga pakaian seperti apa yang akan dikenakan. Outfit serba hitam seperti di foto bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat foto yang menarik. Pastikan untuk mencari angle yang tepat supaya kameramen tidak masuk ke dalam frame, ya.

17. Berfoto di bagian luar kafe

Fotografi: Linea Pictures

Saat ini ada banyak sekali kafe dengan berbagai konsepnya yang menarik dan bisa digunakan sebagai tempat untuk mengambil foto yang menarik. Jika ingin melakukan foto prewedding outdoor, kalian bisa berfoto di bagian luarnya. Tembok kafe akan menjadi background yang menarik untuk foto kalian. Untuk pilihan outfit, kalian bisa memilih yang lebih santai atau kasual. Posenya pun bisa adegan yang biasa kalian sehari-hari saat sedang mengobrol bersama.

18. Berfoto di atas motor

Fotografi: Linea Pictures

Selain digunakan sebagai sarana transportasi, bagi sebagian orang motor adalah hobi yang sering dilakukan untuk melepas stres. Kalian bisa memanfaatkannya dengan menjadikannya konsep pernikahan secara keseluruhan. Untuk membuat foto terlihat lebih sinematik, kalian bisa mengambilnya di malam hari dengan latar cahaya jalanan. Jangan lupa untuk mengutamakan keselamatan, ya.

19. Background tembok berwarna cerah

Fotografi: Linea Pictures

Apakah ada tembok dengan warna yang cerah di sekitarmu? Jika ada, kamu bisa memanfaatkannya untuk menjadi background foto yang menarik seperti ini. Pilih bagian sudut tembok yang bisa membuat foto memiliki angle bagus. Kalian bisa berdiri di sisi tembok yang berbeda sambil bergandengan tangan sehingga tidak mati gaya.

20. Background cantik bertema rotan dan kain

Fotografi: Linea Pictures

Berfoto dengan latar pepohonan saja sudah cantik, ditambah kain akan semakin artistik, apalagi dilengkapi dengan berbagai dekorasi yang dibuat dari rotan seperti meja dan kursi. Kalian bisa berdiri saja di depannya dengan baju yang dibuat dari kain tradisional. Jangan lupa pose mesra untuk membuat foto semakin paripurna.

Nah, itu dia beberapa foto prewedding yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi untuk foto milikmu. Meskipun beberapa mungkin diambil di lokasi yang jauh, kamu bisa merekreasikannya di lokasi yang lebih dekat dengan rumahmu. Selamat berkreasi, ya!


Vendor di foto: retromagis | Morden | Sudut Photo | Portraitbyfaisal | Linea Pictures


Artikel Terkait



Artikel Terbaru