Seberapa Pentingkah Photo Booth Pernikahan? - Wedding Market

Seberapa Pentingkah Photo Booth Pernikahan?

18 May 2022 | By Tita Rismayanti WeddingMarket | Viewers: 313
Seberapa Pentingkah Photo Booth Pernikahan? Yuk, Kenali Jenis-jenis Photo Booth Kekinian yang Cocok Untukmu
Foto: LOL Photobooth

Photo booth adalah sebuah spot foto yang bisa berupa dekorasi, background, ataupun mesin yang digunakan untuk mengambil gambar secara berkelompok maupun individual. Biasanya, photo booth berada di berbagai event penting seperti ulang tahun, anniversary, bahkan kini sering pula dijumpai di acara pernikahan. Bentuk photo booth yang pertama muncul hanyalah sebuah background berupa kain. Warna kain yang sering digunakan ialah warna hitam dan putih. Dua warna tersebut sering digunakan karena merupakan jenis warna yang netral. Warna yang bisa digunakan untuk berbagai konsep dan juga dipadupadankan dengan warna lainnya.

Bentuk photo booth pernikahan juga mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Seiring perkembangan zaman, kini photo booth yang lebih praktis dengan menggunakan mesin photo booth yang bisa langsung mencetak hasil foto-fotomu. Mesin photo booth bisa dengan mudah kamu sewa pada vendor-vendor yang menyediakan layanan ini. Untuk temanya pun kamu bisa bebas memilih sesuai selera. Entah itu tema yang simple mengikuti dekorasi pernikahan ataukah dengan konsep tertentu sesuai hobi kamu dan pasangan. Apapun itu, bisa kamu wujudkan untuk pernikahanmu, menarik bukan?

Seberapa Pentingkah Photo Booth Pernikahan?


Foto: Loyal Photobooth

Sebelum menjawab pertanyaan ini, kamu perlu tahu tujuan dari photo booth itu dibuat. Adapun guna photo booth pernikahan yang paling utama yakni sebagai tempat untuk mengabadikan momen penting dan bahagia. Dengan adanya photo booth pernikahan, para tamu tak hanya dapat berfoto dengan mempelai pengantin tapi juga bisa mengabadikan memori bersama rekan dan juga kerabat lainnya.

Dengan penjelasan tersebut, maka banyak calon pengantin yang mempertimbangkan untuk menghadirkan photo booth di acara pernikahannya. Sebenarnya photo booth itu bersifat opsional, kehadirannya bisa menjadi pelengkap maupun membuat pernikahan menjadi semakin menarik. Apalagi jika kamu menggunakan tema photo booth yang unik, tentunya hal ini akan menjadi kenang-kenangan tersendiri bagi para tamu undangan yang hadir di pesta pernikahanmu. 

Sudahkah kamu memilih jenis photo booth apa yang kamu inginkan untuk pesta pernikahanmu nanti? Jika belum, mari simak rekomendasinya berikut ini!

Jenis-jenis Photo Booth

1.  Mesin Photo booth


Foto: 83Photostudio

Photo booth yang menggunakan mesin, mirip dengan yang sering ditemui di pusat perbelanjaan. Kamu hanya perlu menekan tombol, berpose, lalu foto akan tercetak secara otomatis. Perihal dekorasi, biasanya sudah ada template yang sudah disiapkan oleh pihak vendor. Kamu hanya perlu memilih yang sesuai dengan keinginan. Namun, kamu juga bisa menyiapkan backdrop atau properti photo booth khusus jika ada konsep tertentu yang ingin diwujudkan. Seperti photobooth pernikahan artis Lesti Kejora dan Rizky Billar yang menggunakan foto prewedding keduanya sebagai backdrop. Kamu pun bisa menirunya.

Photo booth ini cocok digunakan dalam segala konsep dan jenis venue pernikahan. Hal ini disebabkan oleh bentuknya yang simple dan fleksibel untuk ditempatkan dimana saja. Selain itu, tidak perlu banyak crew yang mendampingi karena semua sudah serba otomatis. Kamu hanya perlu mengantri dan berfoto bersama.

2.  Photo booth konvensional


Foto: marry-xoxo.com

Photo booth konvensional ialah photo booth yang masih menggunakan dekorasi dan juga background. Terlebih, perbedaan yang mencolok adalah tidak adanya mesin yang otomatis mengambil dan mencetak foto. Semua serba dilakukan secara manual oleh fotografer. Fotografer digunakan apabila pengantin menginginkan hasil fotonya bisa langsung dicetak. Jika tidak, maka kamu bisa mengambil foto secara mandiri.

Background yang digunakan untuk photobooth adalah kain. Adapun warna kain yang paling sering digunakan ialah putih, hitam, cokelat, abu-abu, dan lain sebagainya. Kain tersebut biasanya hanya dipasang begitu saja dengan dipermanis properti yang sesuai dengan konsep utama. Pastikan properti, dan aksesori yang digunakan bisa sesuai dengan konsep dekorasi. Sehingga bisa menambahkan vibes yang menarik dan estetik dari photo booth tersebut. Jika kamu menggunakan jenis photo booth yang satu ini, maka kamu bisa request dekorasi kepada vendor. 

Selain itu, masih ada banyak media lainnya yang juga dapat dimanfaatkan sebagai background photo booth. Diantaranya yakni papan kayu, triplek atau langsung menghias dinding venue pernikahan. Kamu bisa menyesuaikan dengan budget dan kondisi tempat pernikahan terlebih dahulu. Apakah ingin membuat sendiri atau menyewa photobooth? Setelah ditentukan, barulah selanjutnya menyesuaikan dengan  konsep apa yang diinginkan.

Tema Photobooth Kekinian yang Bisa Dicoba

Sejauh ini, apakah kamu sudah memiliki ide photo booth pernikahan? Jika belum, kamu juga bisa melihat rekomendasi photo booth kekinian berikut ini:

1. Movies & Hobbies

  • 1001 malam


Foto: weddingsonline.in

Inspirasi desain photobooth pernikahan pertama yang bisa kamu coba adalah bertemakan "Arabian Night" atau negeri 1001 malam ala film Aladdin. Konsep photo booth ini cukup kekinian karena pernah digunakan oleh salah satu penyanyi dangdut ternama di ibukota yakni Nassar. Bentuk photo booth 1001 malam adalah dengan menggunakan kain dari bermacam warna mulai dari kuning, biru, ungu, dan pink. Kemudian ditambahkan dengan berbagai macam properti dan aksesoris penunjang. Contohnya, wadah kue yang berasal dari kuningan, lampu dengan ornamen ukiran, bunga bernuansa pink, dan juga lighting berwarna kuning untuk menciptakan kesan negeri 1001 malam.

Konsep photo booth yang satu ini cocok digunakan jika calon pengantin juga menggunakan gaun yang bernuansa serupa. Layaknya sebuah cosplay akan sangat mendukung suasana dengan dekorasi yang dibentuk, kamu bisa membuat photo booth ini dengan vendor terpercaya yang telah kamu pilih. Tentunya pilih sesuai dengan budget, ya!

  • Disney


foto: wedding.photoking.bg

Selanjutnya yakni konsep dekorasi Disney. Konsep ini juga pernah digunakan oleh pasangan pengantin yang berasal dari Australia. Konsep ini cenderung mudah untuk background-nya. Kamu hanya perlu kain berwarna pink, putih, atau hitam. Kemudian tambahkan dengan properti untuk berfoto. Adapun properti seperti kursi atau meja. Siapkan juga aksesori seperti wig ataupun jubah, bando, dan lain sebagainya. Semua itu disiapkan untuk menunjang konsep tersebut. Agar tak kesulitan dalam mewujudkan tema yang spesifik seperti ini, kamu harus mencari vendor photo booth terpecaya yang sudah berpengalaman di bidangnya, ya!

  • Star Wars


Foto: Diera Bachir

Star Wars adalah salah satu film terkenal yang bisa menjadi salah satu inspirasi untuk dekorasi photo booth. Pernikahan yang cenderung bersifat formal bisa juga dengan menggunakan konsep ini. Konsep ini tidak akan mengurangi kesakralan dan kekhidmatan dari pernikahan itu sendiri. Ada salah satu selebgram yang mengusung tema ini sebagai konsep pernikahannya. Cukup unik hingga akhirnya menjadi trend setter. Kamu hanya perlu menyiapkan background dan juga properti photobooth yang bernuansa hitam dan putih. Tak lupa sertakan lightsaber dan juga topeng godfather.

2. Vintage

  • Disko

Foto: id.pinterest.com 

Konsep photo booth selanjutnya yakni disko. Photo booth ini sangat meriah. Kamu perlu kertas emas yang mengkilap atau warna silver dominan. Kemudian ditambahkan dengan lampu disko yang berwarna-warni. Selanjutnya rumbai-rumbai bulu dengan warna-warna yang mencolok. Konsep ini cenderung mirip dengan tema 60’s. Sehingga kamu tidak perlu menyediakan kursi, namun bisa ditambahkan meja panjang dengan gelas-gelas.

  • Papan Gantung

Foto: popsugar.com

Ide photo booth papan gantung ini bisa digunakan buat kamu yang meyukai konsep vintage. Jika kamu masih ingat dengan papan tulis hitam di sekolah, maka kamu bisa menggunakan papan hitam itu untuk background photobooth kamu. Kamu bisa menulisnya dengan namamu dan pasanganmu. Kemudian dekorasi lainnya bisa kamu sesuaikan dengan konsep utama. Jika konsep utamamu adalah vintage, maka tambahkan foto-foto jadul ataupun pernak-pernik lawas. Apabila konsepmu ialah rustic, maka tambahkanlah hiasan bunga dan juga properti rustic lainnya seperti meja dan kursi props, dan balok-balok kayu yang disusun secara acak.

3. Modern Elegant

Apabila kamu tidak mau repot, bisa juga menyiapkan photobooth yang mengikuti dekorasi pernikahan. Dimana pada intinya spot foto ini hanya perlu background yang indah agar hasil gambar yang diambil lebih terkesan estetis. Kamu bisa menyamakan saja desain backdrop photobooth dengan dekorasi pernikahanmu. Dekorasi floral wall salah satunya yang paling mudah untuk diciptakan. Penempatan bunga-bunga dekorasi sedemikian rupa, tambah sedikit lampu sorot atau lilin-lilin untuk kesan lebih hangat. Nah, tidak sulit, 'kan?

Foto: LOL Photobooth

Sebetulnya, masih banyak lagi ide photo booth kekinian yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa mencari banyak inspirasi dengan mencari lebih banyak referensi untuk mendapatkan photo booth pernikahan paling hits! Yah, meskipun sebenarnya bisa dikatakan bahwa photo booth itu tidak wajib ada di acara pernikahan, tetapi kehadirannya tentu akan menambah semarak dan keunikan di pestamu. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki. Selain mengikuti tren yang berkembang, photo booth juga bisa menjadi salah satu solusi pengganti souvenir. Nah, bagaimana menurutmu? Sudah tertarik untuk menggunakan photobooth di pernikahanmu nanti? Yuk temukan vendor wedding photo booth terbaik di WeddingMarket! Selamat mencoba, ya!

***

Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?