Your Smart Wedding Platform

20 Kado Anniversary Pernikahan untuk Suami sesuai Hobi

05 Sep 2024 | By Nurma Arum Wedding Market | 61
Foto: Pexels/Anna Tarazevich

Merayakan anniversary bukanlah sebuah hal yang wajib dilakukan bagi pasangan. Namun, hal ini akan memberikan berbagai manfaat, salah satunya adalah membuat hubungan lebih romantis. Dalam acara satu tahun sekali ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari makan malam hingga bertukar kado. Namun, mencari kado anniversary suami yang sesuai kadang menjadi PR tersendiri bagi para istri.

Banyak yang mengatakan bahwa pilihan kado untuk laki-laki biasanya akan lebih terbatas. Jangan salah, sebenarnya ada banyak pilihan kado yang bisa diberikan untuk mereka, lo. Cara yang paling mudah adalah dengan cara mengetahui apa hobinya. Biasanya ada barang-barang yang berkaitan dengan hobi tersebut. Sayangnya, barang ini belum dimiliki karena selama ini mungkin dianggap bukan prioritas.

Pada saat anniversary inilah waktu yang tepat untuk memberikan berbagai hadiah tersebut sebagai kado untuk suami. Selain memberikan barang, kado yang berhubungan dengan hobi adalah sebuah bentuk bahwa kamu selalu mendukungnya. Apa saja kado tersebut? Berikut ini beberapa inspirasinya!

1. Perlengkapan memancing


Memancing adalah hobi yang paling sering dimiliki oleh para suami. Terlihat sederhana, ternyata ada berbagai perlengkapan yang dibutuhkan. Kamu bisa memberikan joran, reel, atau kotak peralatan yang akan memudahkan suami untuk menyimpan berbagai peralatan yang ia miliki. Mungkin akan menjadi PR tersendiri, tapi coba luangkan waktu untuk mengetahui perlengkapan apa yang sudah ia miliki dan apa yang ia butuhkan. Sesuaikan juga dengan tipe memancing yang ia sukai, apakah di laut, sungai, atau danau karena biasanya peralatannya pun akan berbeda.

2. Jam tangan untuk kolektor jam

Orang yang memiliki hobi mengoleksi jam tangan biasanya akan senang dengan jam yang memiliki fitur tertentu atau edisi terbatas sehingga sebaiknya hindari memberikan jam tangan yang biasa-biasa saja. Kamu bisa mempertimbangkan jam tangan yang bisa dikenakan untuk diving yang tahan air atau jam tangan vintage yang memiliki cerita tertentu. Jika memiliki budget yang lebih, memberikan jam edisi khusus yang sudah lama didamba-dambakan oleh suami akan membuat ia bahagia.

3. Kamera atau lensa untuk si hobi fotografer

Saat ini kamera smartphone sebenarnya sudah bisa digunakan untuk mengambil gambar dengan kualitas yang sangat baik. Jika kamu memperhatikan pasangan dan ia tampak seperti senang saat mengambil foto, kamu bisa membelikan kamera untuknya. Kalau pasanganmu sudah lama memiliki hobi fotografi, kamu bisa membelikan kado yang lebih spesifik, seperti lensa kamera yang memiliki spesifikasi khusus. Aksesori yang belum ia miliki, seperti tripod, tas kamera, atau filter lensa juga bisa menjadi kado yang membuat pasangan bahagia.

4. Perlengkapan olahraga

Apakah suamimu merupakan seseorang yang senang berolahraga, tapi kadang sulit untuk pergi ke gym karena kesibukannya? Kamu bisa mendukung hobinya dengan membelikan beberapa perlengkapan olahraga untuk dipakai di rumah, seperti dumbell, resistance bands, smartwatch, pakaian olahraga, atau bahkan treadmill yang nantinya bisa kamu gunakan juga. Sesuaikan kado dengan pilihan olahraga yang paling sering dan senang dilakukan oleh suamimu.

5. Koleksi buku

Jika pasanganmu merupakan seseorang yang memiliki atau pernah memiliki hobi membaca, buku akan menjadi kado yang istimewa. Cobalah untuk mengingat apakah ia pernah menyebutkan bahwa ia menginginkan judul buku tertentu. Jika tidak, kamu bisa memberikan set edisi khusus untuk buku favoritnya. Jika memiliki cukup banyak waktu, kamu juga bisa mencoba untuk mencari cetakan pertama dari buku klasik favoritnya. Selain buku fisik, e-reader akan menjadi kado berguna jika suamimu sering bepergian karena lebih praktis.

6. Set alat musik untuk pecinta musik


Jika suamimu memiliki hobi mendengarkan musik, kamu bisa membelikan turntable atau vinyl. Bluetooth earphone atau headphone juga akan menjadi kado yang lebih berguna karena bisa dibawa ke mana-mana dan lebih praktis. Namun, jika hobi musik yang dimiliki suamimu adalah memainkan instrumennya, gitar atau keyboard akan menjadi salah satu kado menyenangkan untuknya. Perhatikan alat musik apa yang bisa atau ingin dia mainkan agar kado bisa lebih tepat guna.

7. DIY craft kit

Sebagai seseorang yang selalu ingin membuat kerajinan baru, DIY craft kit akan menjadi kado yang berguna untuk mengisi waktu luang. Ada bermacam-macam kit yang bisa diberikan, mulai dari kerajinan kayu, kulit, atau bahkan perhiasan. Pilih kit yang sesuai dengan kemampuan atau ketertarikan suami. Jika ia baru akan mencobanya sekali ini, pastikan kit ini memiliki instruksi yang jelas. 

8. Koleksi film atau serial untuk sinefil

Kini, ada banyak film dan serial yang bisa diakses melalui layanan streaming. Namun, kamu dan suami mungkin sudah berlangganan beberapa aplikasi ini. Untuk itu, kamu bisa membelikan merchandise terbatas dari film yang ia sukai. Selain itu, CD bluray yang berisi film-film dan behind the scenes dari film tersebut juga bisa dijadikan kado. Jika ia sudah memiliki paket lengkap untuk film favoritnya, kamu bisa memberikan film dengan genre yang sejenis yang belum ia miliki atau film dari sutradara favoritnya.

Jika ingin menambahkan pengalaman menonton yang lebih menyenangkan, hadiah lain seperti proyektor atau bean bag yang nyaman juga bisa menjadi alternatif lainnya.

9. Alat berkebun untuk si pecinta tanaman

Kini semakin ada banyak orang yang memiliki hobi berkebun untuk menjauhkan diri dari layar gadget. Salah satunya mungkin suamimu. Set alat berkebun yang nyaman digunakan, seperti sekop, gunting pangkas, atau tanaman langka yang selalu ingin ia tanam akan menjadi kado yang sempurna. Kado harus disesuaikan dengan tanaman apa yang disukai oleh suami, apakah bunga, tanaman hias, atau sayuran yang bisa dikonsumsi. 

10. Aksesori kendaraan untuk pecinta otomotif

Ada banyak barang yang bisa diberikan untuk kepentingan kenyamanan maupun estetika dari kendaraan yang dimiliki oleh pasangan. Beberapa hal yang bisa dipertimbangkan, yaitu sarung jok dengan kualitas tinggi, dash cam, atau GPS. Jika tidak begitu tahu tentang printilan mobil, kamu bisa bertanya pada mereka yang lebih tahu supaya kado yang kamu berikan tidak sia-sia.

11. Perlengkapan mendaki untuk si hobi hiking

Hiking atau mendaki merupakan sebuah hobi yang membutuhkan banyak perlengkapan. Mulai dari sepatu yang nyaman dan tahan air, ransel dengan banyak kompartemen dan fitur lainnya, tempat minum, hingga tenda ultralight bisa dipilih. Pertimbangkan level hiking yang ia lakukan. Apakah ia suka mendaki di bukit, pegunungan, atau trekking dengan jarak tertentu.

12. Perlengkapan memasak jika ia suka bereksperimen

Laki-laki ternyata banyak yang memiliki hobi memasak. Ada banyak sekali jenis perlengkapan masak yang bisa diberikan kepada suami, mulai dari set pisau dapur, alat pemanggang, hingga alat pembuat kopi. Memberikan berbagai hadiah untuk membuatnya lebih semangat melakukan hobinya juga akan memberikan manfaat bagimu. Jika kamu juga suka memasak, peralatan bisa digunakan bersama. Jika tidak begitu suka memasak, kamu bisa menikmati eksperimennya.

13. Pengalaman kuliner untuk si pecinta makan

Selama menikah, kalian mungkin lebih sering makan di rumah atau sesekali makan di luar padahal kalian mungkin merupakan pasangan foody. Untuk mendapatkan pengalaman makan yang baru, kamu bisa memberikan hadiah berupa pengalaman untuk mencoba berbagai resto Michelin, mengunjungi berbagai tempat makan terkenal, atau mengikuti workshop seputar makanan.

14. Perlengkapan gaming untuk gamers

Tak jarang banyak laki-laki dewasa yang memiliki hobi bermain gim. Kelihatan hanya bermain begitu saja, ternyata ada banyak ‘aksesori’ yang dibutuhkan untuk membuat pengalaman bermainnya menyenangkan. Ada kursi yang digunakan untuk gaming, headset, mouse, dan keyboard yang biasanya memiliki beberapa fitur custom. Konsol game terbaru atau voucher untuk membeli gim secara digital juga menjadi kado yang menarik.

15. Perlengkapan membuat kopi untuk si barista wanna be


Bagi sebagian orang, minum kopi adalah sebuah rutinitas yang penting. Bahkan, beberapa yang lain akan melakukan ritual minum kopi ini dengan sangat serius, dari memilih biji kopi hingga mengolahnya menjadi kopi siap minum. Jika suami memiliki kebiasaan seperti ini juga, coba berikan hadiah berupa set brewing kopi manual dilengkapi dengan berbagai pilihan biji kopi dari berbagai daerah. Kamu juga bisa memberikan grinder kopi manual atau elektrik untuk hasil yang lebih segar.

16. Tiket konser

Mendatangi konser musisi kesayangan akan menjadi sebuah pengalaman seumur hidup yang tak terlupakan. Coba perhatikan apakah ada musisi yang sudah ia tunggu-tunggu yang akan mengadakan konser dalam waktu dekat. Jika iya, kamu bisa memberikan tiket sebagai kado anniversary

Selain mendatangi konser musisi favorit, festival musik yang mendatangkan banyak musisi berbeda dan digelar selama beberapa hari juga akan menjadi kado menarik. Kalian bisa datang berdua dan menghabiskan waktu bersama sambil merayakan ulang tahun pernikahan.

17. Merchandise band atau artis favorit

Jika suami ternyata sudah membeli tiket konsernya sendiri, ada hal lain yang bisa kamu berikan untuknya. Biasanya setiap musisi atau band memiliki official merchandise yang dijual. Mulai dari kaus, hoodie, jaket, hingga vinyl edisi terbatas bisa menjadi kado tak terlupakan untuk suami. Selain merchandise yang dijual resmi di website para artis, kamu juga bisa mencari merchandise langka, seperti poster dengan tanda tangan atau kaus edisi terbatas dari beberapa tahun yang lalu.

18. Merchandise lain bertema hobi


Selain membelikan barang yang langsung digunakan untuk menunjang hobi, ada juga berbagai barang lain yang berkaitan dengan hobi secara tidak langsung. Contoh dari barang-barang ini, seperti jam meja bertema hobi. Misalnya, jika pasangan memiliki hobi yang berkaitan dengan otomotif atau musik, kamu bisa memberikan jam berbentuk atau bergambar mobil atau musisi favoritnya. 

19. Set lego untuk pecinta lego

Banyak orang yang memiliki hobi menyusun Lego dan mengoleksinya. Bentuknya ada berbagai macam dan berbeda-beda. Kamu bisa mengecek edisi mana saja  yang menjadi favorit bagi banyak orang dan mengecek apakah ia sudah memilikinya. Kamu bisa membelikan koleksi yang belum ia miliki. 

20. Action figure

Bukan hanya lego saja, action figure juga banyak dikoleksi para laki-laki dewasa. Biasanya mereka akan melengkapi koleksi suatu figur tertentu sesuai dengan yang ia senangi. Misalnya, jika ia merupakan penggemar serial One Piece, ia akan mengoleksi semua karakter dari serial ini. Namun, mungkin ada beberapa yang sulit dicari atau belum ia miliki karena pertimbangan tertentu. Untuk itu, kamu bisa memberikannya sebagai kado. Kado rak terbuka yang bisa digunakan sebagai display untuk koleksi ini juga cocok diberikan karena akan membuat barang-barangnya terasa lebih rapi.

Beberapa barang tersebut bisa kamu berikan sebagai kado anniversary untuk suami sesuai dengan hobi masing-masing. Jika saat ini suamimu mungkin belum memiliki hobi, kamu juga bisa memberikan kado berbagai pilihan kursus online untuk membantunya mencari hobi yang paling cocok sehingga ada hal yang kembali memberikan spark dalam kehidupannya yang sibuk.


Foto Ilustrasi cover: Pexels/Anna Tarazevich


Artikel Terkait



Artikel Terbaru