Pilih Kategori Artikel

Plus Minus Nikah Muda yang Harus Diketahui Pasangan!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Nikah muda, seringkali masih menjadi polemik dalam masyarakat. Ada yang pro, ada pula yang kontra dengan fenomena ini. Meski ada sederetan keuntungan apabila pasangan menikah di usia yang relatif muda, hal ini pun sepadan dengan tantangan besar yang akan mereka hadapi dalam mengarungi rumah tangga.

Jika ditelusuri, ada banyak alasan yang melatarbelakangi keputusan sepasang kekasih untuk memilih menikah muda. Tentunya, hal tersebut sah-sah saja dilakukan, selama tidak melanggar hukum yang berlaku. Yakni, berusia minimal 19 tahun, sesuai dengan yang tercantum dalam UU Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974.

Namun, sebelum memutuskan untuk nikah muda, ada baiknya ketahui terlebih dahulu plus dan minusnya. Sebab, pernikahan tak hanya akan menawarkan kebahagiaan seperti yang dibayangkan, dibalik itu ada berbagai tantangan dan resiko yang akan dihadapi.

Apa kamu berencana nikah muda, Dears? Untuk lebih jelasnya, berikut WeddingMarket telah merangkum beberapa plus dan minus menikah muda dilihat dari berbagai aspek dalam kehidupan.  

1. Plus: Bisa bebas  'have fun' bersama pasangan

wm_article_img

Poin plus nikah muda yang pertama dan tentunya menjadi alasan kuat bagi pasangan untuk menikah adalah demi kebebasan. Yupmeski masih berusia relatif sangat muda, rasa cinta membuat keduanya memiliki perasaan ingin memiliki dan ingin menjalani hidup berdua, saling bergantung satu sama lain. 

Setelah resmi menikah, sepasang sejoli yang saling mencintai bisa bebas bersenang-senang sesuka hati tanpa perlu ada batasan. Kamu dan pasangan, tentu bisa bebas melakukan hal-hal yang kalian sukai tanpa perlu menghadapi pandangan buruk dari orang-orang. 

Misalnya, bebas pacaran sampai larut malam, bebas pergi jalan-jalan kemana pun, dan lain sebagainya. Hal ini pastinya akan menjadi pengalaman yang seru dan sangat menyenangkan.

2. Plus: Bisa berjuang bersama dari nol

wm_article_img

Berkesempatan untuk berjuang bersama, membangun hidup dengan pasangan dari nol adalah poin plus lainnya dari nikah muda. Pada saat masih muda, kamu dan pasangan bisa mendapatkan momen emas dimana kalian memulai fase mengembangkan diri.

Termasuk kamu bisa merasakan berjuang merintis karir atau bisnis bersama dari nol. Tentunya, momen tersebut akan terasa lebih bermakna dan berharga ketika didampingi oleh orang yang dicintai. Hal ini pun bisa membuat hubungan kamu dan pasangan akan semakin kuat. Sebab, masa-masa susah dan senang telah kalian lalui berdua.

3. Plus: Menghindari dosa dan fitnah

wm_article_img

Selanjutnya, dengan menikah muda juga akan membuat kamu dan pasangan terhindar dari dosa dan fitnah. Sebagaimana yang diketahui, di zaman sekarang peluang untuk terjerat dalam hubungan yang merugikan sangat rentan sekali terjadi. Apalagi dengan maraknya pola pacaran dan gaya hidup bebas yang terjadi di masyarakat.

Dari sisi agama pun melarang hubungan pacaran yang terlalu berlebihan, karena beresiko terjerumus dalam dosa zina. Oleh karena itu, nikah muda menjadi solusi agar sejoli yang tengah kasmaran ini terhindar dari hal-hal yang buruk, termasuk fitnah.

Setelah resmi menikah, kamu dan pasangan bisa terus bersama-sama tanpa perlu takut melewati batasan, sebab kini sudah sah menjadi suami dan istri. Tentunya, dengan demikian baik kalian berdua maupun keluarga masing-masing bisa terhindar dari dosa dan fitnah yang dapat mencoreng nama baik keluarga.

4. Minus: Belum dewasa, belum siap menghadapi persoalan rumah tangga

wm_article_img

Bagai dua sisi koin yang berbeda, disamping mendapatkan hal-hal positif dari nikah muda, ada pula sisi negatifnya. Apalagi jika keputusan menikah tersebut diambil dengan terburu-buru tanpa pertimbangan yang matang. Tentunya, hal ini akan mengakibatkan kurangnya persiapan dari segi fisik, finansial, dan mental.

Minusnya, ketidaksiapan mental untuk menjalani kehidupan rumah tangga ini akan mengakibatkan berbagai persoalan dalam pernikahan. Mulai dari pola pikir yang masih belum dewasa dalam menghadapi situasi tertentu, ketidakmampuan menanggung beban biaya hidup, hingga kurangnya rasa tanggung jawab dalam menjalani tugas dan peran sebagai suami/istri. 

5. Minus: Rentan terjadi perceraian

wm_article_img

Masih terkait dengan poin sebelumnya, ketika pasangan menikah di usia muda dimana secara pola pikir keduanya masih belum dewasa dan secara emosional juga belum stabil. Maka, pernikahan tersebut akan sangat rentan untuk berujung pada perceraian.

Setelah menikah, akan banyak beban dan tanggung jawab baru yang harus diemban sebagai suami istri. Yang mana, dalam menjalaninya butuh komitmen kuat  dan kesiapan baik dari segi mental, fisik maupun finansial. Apabila salah satu dari hal tersebut tidak terpenuhi, bukan tidak mungkin pernikahan yang dibayangkan akan indah malah menjadi tumpukan stres dan perasaan sengsara.

Hal tersebut bisa menyulut perdebatan hingga menimbulkan pertengkaran. Tak jarang, pernikahan yang tidak didasari kesiapan ini justru menjadi petaka timbulnya berbagai bencana dalam rumah tangga, misalnya perselingkuhan hingga kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

6. Minus: Kurangnya pengetahuan parenting saat punya anak

wm_article_img

Pernikahan di usia dini, dimana pasangan belum siap juga bisa memberikan dampak buruk bagi calon keturunan mereka di masa depan. Khususnya dalam hal pola asuh anak atau dikenal dengan istilah parenting. Banyak pasangan muda yang menikah tanpa memiliki bekal pengetahuan parenting yang mumpuni berakhir pada penelantaran anak atau salah asuh sehingga mengakibatkan anak menjadi korbannya.

Hal ini lantaran kedua orang tuanya belum siap, sehingga ketika dihadapkan pada situasi harus membesarkan seorang anak, mereka kebingungan, panik, tidak tahu harus berbuat apa hingga menganggap anaknya sebagai beban. Alhasil, sang anak terjebak dalam pengasuhan yang toxic. Tentu luka tersebut akan membekas dan bisa saja menjadi trauma hingga ia dewasa kelak.  

Nah, dears itulah tadi plus minus nikah muda yang perlu dipertimbangkan. Memang menikah di usia muda menawarkan keindahan dan kebebasan, akan tetapi perlu disadari juga ada berbagai tantangan besar yang akan dihadapi. Oleh karena itu, alangkah baiknya agar kamu dan dia jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Sebelum melangkah ke jenjang yang lebih serius, pastikan kalian benar-benar siap dengan berbagai resikonya, ya! 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami