Pilih Kategori Artikel

3 Tema Prewedding dengan Busana Nusantara ala Amanda Khairunnisa, Adik Maudy Ayunda
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Amanda Khairunnisa, Adik Maudy Ayunda baru-baru ini membagikan potret prewedding dirinya dan sang kekasih, Tavan Dutton di akun Instagram pribadinya. Diketahui, wanita yang akrab disapa Manda ini akan segera melangsungkan pernikahan dengan pria berdarah Inggris tersebut. Meskipun masih belum diketahui kapan pastinya peresmian status hubungan keduanya, sebelumnya pun Tavan sudah resmi melamar Amanda  dengan romantis pada bulan Juli 2022 lalu. 

Dari sekian banyak tema prewedding yang bisa dipilih, adik kandung Maudy Ayunda ini justru memilih busana prewedding bertema nusantara dengan mengenakan beberapa baju rancangan desainer ternama, Didiet Maulana dengan label besutannya, Svarna by Ikat Indonesia. Dalam foto prewedding indoor studio tersebut, Amanda dan Tavan tampak begitu serasi dan elegan bak potret pasangan priayi berdarah keturunan ningrat. Seperti apa gaya pemotretan pra nikah ala Amanda Khairunnisa dan Tavan Dutton? Yuk, kita intip!

1. Bernuansa Klasik, Kenakan Busana Kemben dan Beskap Jawa 

wm_article_img

Pada potret yang pertama, Amanda dan Tavan mengusung konsep prewedding adat Jawa klasik. Keduanya tampak serasi mengenakan baju ala bangsawan Jawa, dimana Amanda memakai baju bermodel kemben lengkap dengan riasan sanggul ala pengantin Solo Putri tanpa paes. Sementara itu, sang kekasih mengenakan beskap hitam dipadu dengan kain batik bercorak cokelat muda. 

wm_article_img

Pada look yang pertama ini, Amanda tampil anggun dalam balutan kain tradisional batik Jawa dengan corak hitam dan cokelat membentuk kemben, serta sebuah selendang kain berwarna senada. Untuk tatanan rambutnya disasak rendah membentuk sanggul klasik, dengan sirkam bulat dan tusuk konde disematkan di sisi kanan dan kiri.

Amanda Khairunnisa juga mengenakan giwang etnik yang membuat penampilannya semakin anggun. Dengan polesan make up flawless bernuansa beige, wanita kelahiran 14 Maret 1997 ini terlihat semakin memesona. Kedua sejoli ini pun memperagakan beberapa pose formal dengan background sebuah pintu kayu dengan pernis cokelat, mendukung konsep prewedding Jawa klasik yang diusung.

2. Tampil Bold dengan Busana Peranakan Bernuansa Merah Marun dan Gold

wm_article_img

Pemotretan prewedding tak jarang dimanfaatkan banyak pasangan untuk mengeksplorasi bermacam-macam gaya, termasuk mencoba pakaian dengan berbagai konsep yang menarik. Pasangan Amanda dan Tavan pun tampaknya juga tak mau melewatkan kesempatan mengeksplorasi beragam busana nusantara di momen prewedding mereka. Bertajuk "The Beauty in Diversity" pada look yang kedua, sejoli dengan latar belakang budaya yang berbeda ini mencoba busana peranakan dengan nuansa merah marun dan emas.  

wm_article_imgwm_article_img

Sang desainer, Didiet Maulana mengungkapkan, warna merah maroon yang dipilih karena mewakili persona Amanda yang bold namun anggun. Ia merancang kebaya A-Line yang terinspirasi dari busana khas peranakan yang merupakan perpaduan antara budaya Cina dan Indonesia. Kebaya merah maroon bercorak emas ini, mewakili warna pakaian khas peranakan yang seringkali digunakan masyarakat Tionghoa dalam berbagai acara perayaan.

Ditambah lagi, pada tampilan kali ini Amanda juga menghiasi tatanan rambutnya dengan hiasan rambut antik bernuansa oriental dari tahun 1930-an berwarna keemasan. Tak hanya sampai disitu, sentuhan khas Indonesia pun masih tetap kental terlihat dari busana prewedding yang dikenakan wanita lulusan King's College London ini. Untuk paduan kebaya peranakan tersebut, Amanda menggunakan kain batik tulis tiga negeri Lasem yang khusus dibuat oleh pembatik di Lasem, Rembang, Jawa Tengah.

wm_article_img

Senada dengan calon istrinya, kain dengan corak yang sama juga dikenakan oleh Tavan. Adapun motif kain batik Lasem tersebut bergambarkan ganggang dan bunga yang menjalar, memiliki filosofi keindahan dan proses kehidupan. Busana yang dikenakan Tavan adalah kemeja kerah tinggi bernuansa off white.

Menurut Didiet, baju prewedding pria yang berprofesi sebagai reporter ini terinspirasi dari busana pria aristokrat Eropa. Ia memadukannya dengan blazer berwarna merah maroon yang bentuknya terinspirasi dari model jas "Roki" Sumatera, untuk mewakili sentuhan dari tanah Melayu.

wm_article_img

Pada potret prewedding yang kedua ini, pasangan Amanda dan Tavan berpose di sebuah ruangan dengan latar belakang lukisan pohon bernuansa oriental. Mereka pun memperagakan beberapa pose romantis mulai dari berdiri, duduk bersebelahan dan saling merangkul seolah sedang menikmati waktu bahagia bersama. Ide foto prewedding seperti pasangan ini pun sangat menarik untuk dicoba.  

3. Busana Peranakan dengan Sentuhan Indonesia

Masih mengusung tema pakaian khas nusantarauntuk tampilan pada look ketiga sejoli beda usia enam tahun ini kembali mengenakan busana ala peranakan dengan beberapa sentuhan khas Indonesia. Amanda Khairunnisa mengenakan kebaya putih panjang dengan bordir disekujur tubuhnya. Didiet menceritakan bahwa inspirasi yang melahirkan kebaya prewedding elegan ini juga berasal dari sebuah kebaya yang dipajang di sebuah rumah tua di Kota Lasem.

wm_article_img

Kebaya klasik putih yang anggun nan bersahaja itu pun semakin indah dipadukan dengan kain batik Lasem karya Renny Maranatha, seorang  maestro batik di Lasem. Apalagi dengan tatanan rambut nan ayu berhiaskan aksesoris perhiasan antik emas khas Karangasem, Bali. Dengan tampilan tersebut, membuat aura cantik adik Maudy Ayunda ini semakin terpancarkan.

Sementara itu, calon suami Amanda Khairunnisa juga tampak gagah dengan kemeja Babah, yakni sebutan  untuk pria Tionghoa peranakan, berwarna abu-abu. Untuk bawahannya dipadukan dengan kain batik Lasem dengan motif lerekan baganan (serupa Parang) berwarna cokelat gelap dan hitam yang dibuat oleh pembatik senior di Kota Lasem. Penampilan Tavan pun tampak semakin otentik dengan selop berwarna hitam yang dikenakannya.  

Keduanya kembali berpose formal, dengan background prewedding ruangan berhias lukisan tembok bernuansa oriental. Kali ini ada properti kain bernuansa putih yang dipasang pada latar belakang yang menambah nilai artistik dari gambar prewedding tersebut. Menciptakan ambience yang kuat dalam setting tempat pemotretan prewedding studio adalah salah satu faktor penting untuk menghasilkan potret-potret yang estetis dan berkesan. Oleh karenanya, kamu perlu memilih fotografer yang profesional dan berpengalaman untuk mendapatkan hasil foto prewedding sesuai dengan impianmu.

Itulah ketiga inspirasi busana prewedding bertema nusantara ala Amanda Khairunnisa dan Tavan Dutton. Dimana kedua sejoli ini memilih ramuan pakaian yang merepresentasikan kebhinekaan yang ada di Indonesia. Keduanya mengeksplorasi keunikan ragam busana tradisional dengan balutan modern kontemporer mulai dari baju adat Jawa yang menjadi akar budaya Amanda, hingga busana dengan sentuhan peranakan. Tentunya hal ini dapat dijadikan inspirasi. Untuk inspirasi lainnya, lihat juga ide foto prewedding fun dan casual untuk dijadikan referensi tema prewedding kamu dan pasangan kelak, ya!

Photo: Torik Danumaya | Attire: Didiet Maulana, Svarna by Ikat Indonesia | MUA: Dhirman Putra | Hairdo: Asep Supriyanto

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...