Pilih Kategori Artikel

6 Tips Menentukan Tema Warna Pernikahan yang Tepat
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Tidak dapat dipungkiri bahwa kombinasi warna merupakan salah satu elemen kunci yang menentukan keberhasilan suatu konsep pernikahan. Tema warna pernikahan yang dipilih akan mempengaruhi eksekusi untuk berbagai elemen-elemen lainnya dalam pernikahan, seperti dekorasi, undangan, busana pengantin dan lain sebagainya. 

Agar semua detail dalam pernikahan tampil serasi dan harmonis dalam satu kesatuan tema, maka dalam pemilihan warna pernikahan hendaknya dipertimbangkan dengan baik. Sebab, padu padan palet warna pernikahan bukan hanya akan mewujudkan ambience yang ingin diciptakan, tetapi juga dapat mempengaruhi suasana hati setiap orang yang hadir dalam pesta tersebut.

Nah, untuk menghasilkan kombinasi warna tema pernikahan yang indah dan menciptakan mood yang bagus untuk seluruh tamu undangan, berikut hal-hal yang harus dipertimbangkan: 

1. Sesuaikan dengan Venue Pernikahan

wm_article_img
Dekorasi: De Sketsa Group Decor

Wedding venue merupakan salah satu pertimbangan penting dalam memilih tema warna pernikahan. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan kombinasi palet warna impian, kamu harus memperhatikan juga kesesuaiannya dengan kondisi tempat pernikahan akan dilangsungkan. Jangan sampai palet warna pilihanmu bertentangan dengan warna di venue pernikahan, ya! Alih-alih menghasilkan nuansa pernikahan yang indah, justru akan memusingkan ketika dilihat.

Sebagai contoh, ketika kamu menggelar pernikahan di outdoor venue dengan pemandangan bukit hijau nan asri. Warna padanan yang pas sebaiknya dipilih tone lembut dan natural seperti putih dan pastel, sehingga tetap memunculkan kesan alami. Cocok pula dipadu dengan warna dekorasi rustic yang lekat akan kesan natural. Apabila kamu menggunakan warna seperti hitam dan emas, sementara venue alam terbuka tersebut memiliki unsur hijau, cokelat, dan abu-abu, maka akan memunculkan kontras yang kurang serasi.

Berbeda halnya ketika kombinasi warna bold tersebut kamu bawa ke dalam wedding venue indoor seperti di ballroom hotel. Justru, hasilnya akan memberikan kesan elegan dan glamor yang kuat. Untuk pernikahan yang digelar di dalam ruangan, biasanya akan cocok dengan berbagai tema warna. Baik untuk tone lembut dengan kesan dreamy, maupun warna-warna yang lebih berani. Kamu bisa mendiskusikannya dengan wedding organizer atau wedding stylist.  

2. Suasana Pernikahan yang Diinginkan

wm_article_img
Dekorasi: Stupa Caspea

Pertimbangan selanjutnya ketika memilih palet warna tema pernikahan yakni suasana atau ambience seperti apa yang ingin kamu hadirkan? Seperti yang telah disebutkan, warna yang dipilih juga sedikit banyak akan berpengaruh pada suasana hati seseorang. Untuk itu, diskusikan bersama pasanganmu, kesan seperti apa yang ingin diciptakan dalam pesta pernikahan kalian? Apakah pesta pernikahan yang glamor dan megah? Suasana sejuk dan syahdu seperti di taman bunga? Ataukah, nuansa whimsical seperti dalam negeri dongeng? 

Apabila kamu ingin menghadirkan kesan mewah dan glamor dalam perayaan hari bahagiamu, maka warna-warna tegas dan berani seperti emas, silver, merah bahkan hitam dapat dipertimbangkan. Tema warna ini akan memberikan statement yang kuat sehingga mendukung konsep pernikahan luxury yang kamu pilih. Sementara itu, jika menginginkan suasana pesta pernikahan yang lebih dreamy ala-ala fairytale wedding, maka palet warna yang lembut seperti putih, pink, blush dan warna-warna pastel lainnya harus dicoba. 

3. Sesuaikan dengan Waktu Pernikahan Digelar

wm_article_img
Dekorasi: Stupa Caspea

Menyesuaikan dengan waktu pelaksanaan pernikahan juga merupakan cara efektif untuk menentukan warna yang akan digunakan untuk tema pernikahan. Kamu perlu mempertimbangkan, apakah pernikahan akan dilangsungkan pada pagi, siang atau malam hari? Dengan demikian, penerapan warna-warna yang dipilih tidak akan salah tempat.

Apabila pesta pernikahan akan digelar pada pagi atau siang hari, kamu bisa menggunakan warna-warna yang terang dan cerah. Sehingga, akan menimbulkan kesan segar dan semangat. Sementara itu, untuk resepsi pernikahan di malam hari, akan lebih baik menonjolkan warna-warna dengan statement yang kuat, seperti elemen emas, metalik atau warna-warna bold untuk menghadirkan kesan glamor maupun nuansa romantisKamu juga bisa menggunakan tone yang netral seperti putih dan pastel yang relatif serasi untuk pesta di siang ataupun malam hari.

4. Jangan Menggunakan Warna Berlebihan

wm_article_img
Dekorasi: Rustique Decoration

Dalam memilih tema warna pernikahan, kamu mungkin juga mempertimbangkan warna-warna favorit dari orang-orang terdekatmu. Tentu hal tersebut sah-sah saja. Namun yang perlu diingat, jangan sampai tema pernikahan menggunakan terlalu banyak warna secara berlebihan. Pasalnya, tidak semua warna cocok untuk dikombinasikan satu dengan yang lainnya.

Tak mengherankan, jika banyak wedding stylist yang menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari tiga warna utama saja. Sebab, jika terlalu banyak warna untuk tema pernikahan, justru akan tidak nyaman ketika dipandang, pun bila terlalu sedikit warna, dekorasi bisa terlihat monoton. 

Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan teori warna, yang mana akan mempermudah dalam menentukan palet warna yang sesuai untuk konsep pernikahanmu. Kamu bisa memanfaatkan alat bantu yang bisa diakses dengan mudah melalui internet. Dengan sebuah alat semacam roda warna (color wheel), kamu dapat melihat hubungan keterkaitan antara satu warna dan yang lainnya, sekaligus mempelajari dasar teori warna.

wm_article_img
Dekorasi: Steve's Decor

Selain itu, pertimbangkan juga proporsi warna yang dipilih. Apakah ingin menggunakannya sebagai warna utama ataukah hanya sebagai pemanis pada beberapa elemen saja? Jika kamu ingin menggunakan warna yang bold namun tetap memberikan kesan lembut, maka bisa mengaplikasikannya pada detail-detail tertentu saja dengan memadupadankan bersama warna lainnya agar tak terlalu mendominasi.

Sebagai contoh, kamu bisa menambahkan sentuhan warna bold pada saputangan, atau rangkaian bunga meja di centerpiece sebagai statement. Sehingga warna tersebut berpadu cantik dan harmonis dalam tema pernikahan, tetapi tidak berlebihan. 

5. Karakteristik Calon Pengantin

wm_article_imgwm_article_img

Wedding Stylist: Behind the Vows

Dalam pemilihan warna pernikahan juga sangat penting untuk menyesuaikan dengan karakter si calon pengantin. Karena pernikahan ini merupakan momen penting bagi calon pengantin, maka pilihlah warna yang mencerminkan karakteristik pribadimu. Misalnya, apabila kamu dan pasangan memiliki kepribadian yang ceria dan hangat, maka pilihlah palet warna-warna cerah dengan kombinasi warna yang lebih soft yang bisa menampilkan aura keceriaan dan sukacita. 

Begitupun jika kamu dan pasangan merupakan tipikal orang yang kalem, pengaplikasian warna pernikahan dengan tone yang netral dan lembut  dapat dipilih untuk menonjolkan sisi romantis dan elegan yang kalian miliki. Setiap warna memiliki arti tersendiri, yang secara psikologis juga dapat menggambarkan karakteristik seseorang. Oleh sebab itu, pemilihan warna untuk tema pernikahan merupakan sesuatu yang personal, sehingga juga perlu disesuaikan dengan kepribadian.  

6. Mencari Inspirasi dari Pernikahan Orang Lain

wm_article_img
Dekorasi: Keolaproject x Senyawa Design 

Terakhir, untuk mendapatkan palet warna yang indah, kamu juga bisa mencari inspirasi dengan melihat pernikahan orang lain. Bahkan, kamu bisa mengumpulkan referensi tak hanya dari pernikahan di Indonesia saja, tetapi juga meniru gaya konsep pernikahan di luar negeri sekalipun. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan serta memberikan insight untuk meramu tema warna pernikahanmu dan pasangan.

Apalagi, zaman sekarang tak sulit untuk mengumpulkan inspirasi seputar pernikahan. Sebab, berbagai referensi tersedia secara luas di internet baik berupa foto maupun video pernikahan. Nah, kamu bisa mencari tahu konsep pernikahan yang sekiranya mirip dengan yang kamu inginkan sebagai gambaran untuk diaplikasikan pada pernikahanmu kelak. 

wm_article_img
Wedding Stylist: Behind the Vows

Memilih tema warna pernikahan yang tepat memang bukan hal yang bisa dianggap sepele. Bahkan, prosesnya harus dimulai dari tahap-tahap awal persiapan pernikahan agar tidak terjadi tabrak warna dengan elemen-elemen pernikahan lainnya. Meski ada banyak hal teknis yang perlu menjadi bahan pertimbangan, namun pada akhirnya kamu sendirilah yang harus memastikan bahwa tema warna pernikahan yang dipilih sudah sesuai dengan apa yang diimpikan.

Jika masih mengalami kesulitan, mintalah bantuan kepada ahlinya, wedding stylist dari vendor dekorasi pernikahan yang berpengalaman. Bila perlu, cari tahu juga rekomendasi palet warna tercanggih untuk dekorasi pernikahan di tahun ini. Semoga dream wedding-mu dapat terwujud dengan sempurna ya, dears!  

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...