Pilih Kategori Artikel

7 Contoh Undangan Pernikahan Unik dan Bermanfaat, Gak Cuma Berakhir di Tempat Sampah!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Pernikahan adalah hari spesial yang biasanya kita rayakan bersama keluarga, kerabat, dan teman dekat. Inilah mengapa undangan pernikahan menjadi salah satu hal yang perlu kamu siapkan sejak jauh-jauh hari dan disebarkan ke para tamu undangan sebelum acara pernikahan dilangsungkan. Hal lain yang juga perlu disiapkan oleh pasangan yang akan menikah adalah merancang desain undangan pernikahan yang unik dan berkesan.

Saat ini, sudah banyak pasangan yang lebih memilih untuk menggunakan undangan digital karena terasa lebih sederhana dan mudah penyebarannya. Namun tidak sedikit juga pasangan yang masih menggunakan undangan konvensional. Untuk itu pada kesempatan kali ini, WeddingMarket akan membagikan 7 contoh undangan pernikahan unik yang juga bisa bermanfaat bagi penerima undangan.

Salah satu kelebihan dari menggunakan undangan pernikahan yang bermanfaat ini adalah undangan tersebut berfungsi sebagai souvenir sekaligus. Jadi, kamu tidak perlu lagi memikirkan ingin memberikan souvenir pernikahan apa kepada tamu undangan. Sehingga, biaya pernikahannya bisa kamu tekan dan lebih hemat, bukan?

Penasaran? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Talenan

wm_article_img
Undangan pernikahan talenan | Foto: Shopee

Contoh undangan pernikahan unik dan bermanfaat yang pertama adalah undangan dengan bentuk talenan. Undangan ini bisa kamu buat dengan memanfaatkan salah satu sisi atau kedua sisinya. Seperti misalnya sisi pertama diisi dengan nama dan tanggal pernikahan. Kemudian sisi sebaliknya bisa kamu isikan detail lainnya seperti lokasi pernikahan.

Tulisan bisa kamu cetak langsung ke talenan atau kamu juga bisa melapisinya dengan kertas agar talenan bisa langsung digunakan dan tidak hanya dijadikan sebagai pajangan saja. Selain itu, mencetak tulisan ke kertas dan tidak ke talenannya secara langsung mampu menjaga kebersihan dari talenan itu sendiri.

2. Kipas

wm_article_img
Foto: Tokopedia

Kipas tangan adalah barang yang umum dijadikan sebagai souvenir pernikahan. Biasanya, kipas tangan ini dibuat dari bahan kayu pada rangka utamanya dan dikombinasikan dengan kain batik di dalamnya. Selain itu, kipas ini juga dilengkapi dengan tulisan nama pengantin di sisinya. Namun kamu juga bisa memanfaatkan kipas tangan sebagai contoh undangan pernikahan unik dan bermanfaat, loh.

wm_article_img
Foto: Republik Grafika

Untuk kipasnya sendiri kamu bisa menggunakan kipas tangan lipat yang ergonomis, sehingga bisa menghemat ruang karena lebih mudah untuk disimpan dan bisa dibawa ke mana aja. Kamu juga bisa memilih desain kipas plastik yang lebih lebar. Kelebihan dari kipas plastik ini adalah kamu bisa kustomisasi ukuran, bentuk, hingga desain kipasnya sesuai dengan konsep pernikahan yang direncanakan agar lebih serasi dengan acara pernikahan yang dilangsungkan.

3. Tote Bag atau Pouch Make Up

wm_article_img
Foto via Shopee

Contoh undangan pernikahan unik dan bermanfaat berikutnya adalah totebag yang merupakan salah satu model tas bahu atau tas tenteng. Tote bag ini sangat bermanfaat mengingat jenis tas ini bisa digunakan baik oleh pria maupun wanita. Namun untuk memastikan semua orang bisa menggunakannya, pastikan kamu membuat desain tas yang simpel dan minimalis. 

Hal ini untuk menghindari tote bag hanya berakhir sebagai barang yang disimpan saja mengingat tidak semua orang merasa percaya diri untuk menggunakan tas yang tertera nama orang lain di permukaannya. Diskusikan desain dengan pasangan dan jasa pembuat undangan agar kamu memiliki tas undangan yang tetap menarik dan unik, ya.

wm_article_img
Foto via Shopee

Selain tote bag, kamu juga bisa membuat contoh undangan pernikahan unik berupa pouch dengan ukuran yang lebih kecil dan sederhana. Untuk desainnya pun bisa kamu buat sekreatif mungkin dan hampir bisa dipastikan pouch akan dipakai oleh para penerima. Hal ini karena biasanya pouch digunakan untuk menyimpan barang-barang pribadi berukuran kecil dan dimasukkan ke dalam tas yang lebih besar.

Mungkin hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tote bag dan pouch sebagai media untuk undangan pernikahan adalah pemilihan bahan dan jahitan. Pastikan bahan tote bag dan pouch dibuat dari kain yang rapat serta dijahit dengan kuat dan rapi agar kedua barang ini bisa berguna untuk jangka waktu yang lama. Selain itu, pilih juga sablon print yang meresap ke dalam serat kain agar tidak mudah luntur, sehingga motifnya tetap terlihat indah meskipun sudah dicuci berkali-kali.

4. Notebook

wm_article_img
Foto via maxipro

Notebook menjadi salah satu pilihan banyak orang dalam contoh undangan pernikahan unik dan bermanfaat. Notebook atau buku catatan ini tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Selain itu, ada juga pilihan untuk cover atau sampul dengan menggunakan hard cover atau soft cover.

Bagian punggung bukunya sendiri bisa kamu pilih sesuai selera. Mulai dari punggung buku yang dijahit dengan benang, direkatkan dengan lem, disatukan dengan staples, hingga menggunakan ring binder yang membuat isi notebook bisa dilepas-pasang sesuai dengan kebutuhan.

Agar tampilannya lebih menarik, kamu bisa membuat desain notebook ini sesuai dengan konsep pernikahan. Misalnya saja kamu mengusung tema pernikahan rustic, maka desain undangan pernikahan pada notebook-nya pun bisa kamu buat dengan desain dan kombinasi warna yang serupa.

5. Kalender 

wm_article_img
Foto via maxipro

Contoh undangan pernikahan unik berikutnya adalah kalender. Undangan ini tidak hanya bertujuan untuk menginformasikan mengenai hari bahagiamu, namun juga bisa digunakan oleh penerima selama sisa tahun tersebut!

Di halaman utama depan, kamu bisa memasukkan informasi pernikahan seperti nama pengantin dan waktu pernikahan akan dilangsungkan. Kemudian halaman berikutnya bisa kamu isikan detail lengkap lainnya seperti waktu akad dan resepsi. Jangan lupa untuk memasukkan detail lokasi dengan lengkap di halaman ini ya.

Sisa halamannya bisa kamu isikan dengan kalender lengkap sepanjang tahun tersebut. Kamu bisa membuat satu halaman untuk setiap satu bulan. Atau kamu bisa mengisi satu halaman dengan 2 bulan sekaligus. Mau lebih hemat? Kamu bisa mengisikan seluruh 12 bulan pada satu halaman.

6. Botol

wm_article_img
Foto via Tokopedia

Pernah, nggak, kepikiran bikin undangan di dalam botol? Nah, contoh undangan pernikahan unik ini juga bisa kamu jadikan sebagai referensi, nih. Konsepnya sendiri sangat sederhana, yaitu cukup gunakan botol dengan mulut yang cukup lebar, dan masukkan segulung kertas berisi undangan pernikahan ke dalamnya.

Lalu, dari mana sisi manfaatnya dari contoh undangan pernikahan unik ini? Ya dari botolnya. Penerima bisa menggunakan botol tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka. Botol bisa dipakai sebagai alternatif vas bunga, tempat menyimpan makanan atau minuman, atau penerima bisa memasukkan undangan lagi ke dalam botol dan menjadikannya sebagai pajangan atau dekorasi ruangan yang menarik.

Jika kamu memilih untuk menggunakan jenis undangan ini, pastikan untuk memilih botol dengan mulut yang lebar agar penerima lebih mudah untuk mengeluarkan kertas undangan yang ada di dalamnya. Atau kamu bisa menggulung surat undangan dengan ukuran lebih kecil agar lebih mudah dimasukkan dan dikeluarkan dari botol.

7. Kertas dan Bibit

wm_article_img
Foto: paperlust

Seperti yang kita ketahui, dalam pembuatan kertas banyak pohon yang ditebang, undangan kertas menjadi tidak ramah lingkungan karena pada akhirnya akan berakhir di tempat sampah. Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan contoh undangan pernikahan unik berupa kertas daur ulang yang sudah mengandung bibit tanaman di dalamnya (seed paper).

Penerima undangan bisa menanam undangan tersebut dan merawat tanamannya secara langsung, kertas yang digunakan untuk undangan pun bisa ditanam langsung dan ikut terurai bersama tanah. Undangan ini akan lebih berkesan karena penerima bisa mendapatkan sesuatu yang lebih tahan lama dan bisa dijaga. Dengan begitu, mereka pun akan selalu mengingat pernikahanmu setiap melihat tanaman yang tumbuh dari kertas undangan tersebut.

Itu dia 7 contoh undangan pernikahan unik yang juga memiliki manfaat untuk penerima. Jika dilihat dari bentuk dan desainnya, tentu akan membutuhkan usaha dan biaya yang lebih dibandingkan dengan undangan yang biasa. Namun seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, contoh undangan-undangan tadi juga bisa kamu manfaatkan sebagai souvenir pernikahan sekaligus. Jadi kamu tidak perlu menyediakan souvenir lagi untuk tamu undangan yang hadir di hari pernikahan.

Jangan lupa, karena desain undangan yang unik tadi, kamu membutuhkan perawatan dan proses pengiriman yang lebih aman. Undangan berupa kertas cukup dikemas dengan plastik agar aman dari hujan dan cuaca ekstrem lainnya. Sedangkan contoh undangan pernikahan unik di atas butuh pengemasan ekstra agar undangan tidak rusak selama proses pengiriman.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan undangan unik seperti yang di atas, kamu juga harus siap dengan proses pengirimannya, ya. Sekian pembahasan tentang contoh undangan menarik. Semoga membantu dan menginspirasi!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...