Pilih Kategori Artikel

18 Inspirasi Baju Pengantin Warna Merah. Bisa Elegan, Bisa juga Meriah
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Warna yang identik dengan acara pernikahan biasanya adalah warna putih karena warna ini menyimbolkan warna yang suci, murni, dan awal yang baru. Makanya, warna putih banyak diterapkan mulai dari dekorasi hingga pakaian. Selain warna putih, warna pastel yang lembut juga sering dipilih karena memberikan kesan yang elegan. Namun, ternyata ada warna lain yang bisa diadopsi menjadi warna pakaian pengantin yang cantik, lo. Warna tersebut adalah merah.

Warna merah melambangkan warna yang berani, memiliki kekuatan, kegembiraan, dan gairah. Warna ini juga akan membuat penampilanmu tampak lebih outstanding di pelaminan. Ada banyak shade dan tone dari warna merah yang bisa dipilih sesuai dengan preferensi. Berikut ini beberapa inspirasi baju pengantin warna merah dengan modelnya yang bisa kamu adaptasi. Cek yuk selengkapnya!

1. Gaun panjang dengan detachable train

wm_article_img
Gaun pengantin: Gugi Nugraha

Model dari gaun ini sebenarnya cukup simpel. Potongannya dibuat fit body, tapi dengan belahan di bagian bawahnya. Ada satu layer di balik belahan ini yang dibuat dari bahan yang sama persis. Karena dikenakan oleh seseorang yang memakai hijab, bagian atasnya dibuat dengan high neckline yang menutupi bagian bahu. Supaya tidak membosankan, ada detachable train yang menjuntai dengan rapi di belakang. Tak hanya itu, seluruh permukaan gaun ini juga ditaburi dengan manik-manik yang cantik yang membuat model simpel ini tetap terlihat mewah.

2. Kebaya merah maroon dengan model off shoulder

wm_article_img
Kebaya Pengantin: Myrna Myura

Untuk menciptakan siluet tubuh yang lebih ramping, kamu bisa memilih gaun fit body dengan potongan asimetris di bagian bawahnya. Sementara itu, untuk memberikan kesan yang lebih jenjang pada leher, kamu bisa memilih potongan off shoulder yang mengekspos bahu. Warna merah maroon atau merah gelap memberikan sentuhan kemewahan, apalagi dilengkapi dengan manik-manik di permukaannya. Warna ini akan cocok dipadukan dengan bawahan kain songket yang memiliki warna emas serasi dengan suntiang yang dipakai di kepala.

3. Kebaya yang dilengkapi dengan selendang tangan

wm_article_img
Kebaya Pengantin: Ayung Berinda

Model bawah kebaya yang satu ini mirip dengan yang sebelumnya. Bagian bawah dibuat terbelah ke samping dan memiliki panjang hingga menyapu lantai. Namun, bagian atas dibuat dengan model high neck karena pengantin yang mengenakan hijab. Ada beberapa aksen tambahan yang membuat pakaian ini terlihat lebih menawan, yaitu bagian train yang memanjang ke belakang dan juga selendang tangan.

Train memiliki bahan yang sama dengan baju lengkap dengan hiasan manik-manik yang berwarna silver. Sementara itu, selendang tangan mungkin tidak begitu kelihatan, tapi jika diperhatikan lagi ada kain lace yang berukuran panjang yang disampirkan dari tangan kiri ke tangan kanan. 

4. Kebaya kutubaru yang panjang

wm_article_img
Kebaya Pengantin: Ayung Berinda

Salah satu kebaya yang sering dikenakan oleh pengantin Jawa adalah kebaya kutubaru. Biasanya bahan yang digunakan adalah bahan beludru berwarna hitam, hijau, atau merah. Namun, kini ada berbagai modifikasi yang diterapkan pada pakaian. Salah satunya adalah kebaya kutubaru yang menggunakan kain lace ini. Pun, potongannya dibuat memanjang hingga menjuntai ke belakang di lantai. Kebaya ini juga dihias dengan benang emas seperti kebaya pengantin Jawa biasanya. Tak hanya itu saja, penampilan semakin lengkap dengan riasan paes.

5. Gaun Kebaya merah Batak modern

wm_article_img
Kebaya Pengantin: Ayung Berinda

Pakaian adat Batak biasanya terbuat dari kain ulos. Namun, kini ada berbagai modifikasi yang dilakukan. Salah satunya adalah pakaian dengan model kebaya yang serba ekstra ini. Kebaya yang dikenakan memiliki panjang hingga ke mata kaki. Modelnya akan memberikan bentuk tubuh yang lebih ramping dengan aksen bagian pinggang yang berbentuk mengerucut.

Pakaian ini bisa dipadukan dengan bawahan yang memiliki warna sama, tapi motif yang berbeda. Sementara itu, jika biasanya aksen tambahan train berada di belakang, kali ini aksen ini ditaruh dari sisi samping kanan dan kiri. Sentuhan adat Batak ditambahkan melalui hiasan kepala berwarna merah dan emas bernama sortali.

6. Tunik dengan warna merah menyala khas Betawi

wm_article_img
Kebaya Pengantin: Svarna by Ikat Indonesia

Betawi memiliki kebaya khas yang bernama kebaya encim. Kebaya ini memiliki ciri khas bentuknya yang mengerucut dengan sulaman di beberapa bagiannya. Selain itu, ciri khas kebaya encim yang lain adalah warna-warnanya yang vibrant. Warna inilah yang diadaptasi menjadi pakaian pengantin pada foto. Pakaian berbentuk tunik dengan panjang yang menyentuh lantai ini memiliki belahan di bagian depan yang mengekspos bawahan batik yang juga memiliki motif khas. Pakaian ini juga dipadukan dengan siangko yang merupakan mahkota adat Betawi.

7. Pakaian adat Koto Gadang yang mewah

wm_article_img
Baju Pengantin: Svarna by Ikat Indonesia

Pakaian adat Sumatera Barat, Koto Gadang memiliki beberapa warna yang biasanya dipilih, salah satunya adalah warna merah. Pakaian ini terdiri dari atasan dan bawahan dengan motif tertentu. Penampilannya tampak lebih meriah karena adanya berbagai aksen dan aksesori yang ditambahkan.

wm_article_img
Baju Pengantin: Svarna by Ikat Indonesia

Misalnya atasan pada foto dibuat dengan tambahan aksen bordir di kainnya. Kemudian, aksesori seperti kalung dan gelang berukuran cukup besar juga ditambahkan. Warna emas ini juga serasi dengan bawahan yang terbuat dari kain songket. Tak hanya itu saja, yang menjadi ciri khas dari baju adat Minang Koto Gadang adalah tingkuluak atau penutup kepala. Bagian ini bisa dibuat dengan warna merah dan emas yang senada dengan pakaian.

8. Pakaian dengan hiasan warna emas di bagian dada

wm_article_img

wm_article_img
Kebaya Pengantin: Asky Febrianti

Pakaian ini didominasi dengan warna merah dari atas sampai bawah. Modelnya cukup tertutup dengan bagian neckline yang dibuat tinggi. Untuk meninggalkan kesan membosankan di bagian ini, ada tambahan hiasan dari manik-manik yang berwarna emas dibuat dengan bentuk yang mengerucut. Warna emas ini disesuaikan dengan bawahan dan suntiang yang juga memiliki warna serupa. 

9. Kebaya dengan cape

wm_article_img
Busana Pengantin: Griya Aristy

Jika bosan dengan pakaian yang berbentuk tunik, ada beberapa aksen yang bisa kamu tambahkan. Selain train yang muncul dari bagian pinggang, tambahan cape dari bahu yang dibuat dari kain lace dengan hiasan payet berbentuk vertikal yang cantik akan membuat pakaianmu yang polos jadi lebih naik kelas. Supaya tidak terlihat canggung, bagian bahu bisa dihias dengan aksesori dengan bentuk bunga yang memiliki warna merah sejenis dengan warna kain.

10. Baju jam pasir untuk pernikahan ala Palembang

wm_article_img
Busana Pengantin: Griya Aristy

Bentuk tubuh jam pasir merupakan bentuk tubuh yang didamba-dambakan banyak perempuan. Jika tidak memilikinya, kamu bisa menciptakan ilusi ini sendiri dengan pakaian yang memiliki model baju yang dihias dengan aksen berbentuk seperti jam pasir. Artinya, baju yang dikenakan sebaiknya memiliki panjang hingga ke kaki dan terbuka di bagian bawahnya. Untuk memberikan sentuhan mewah, padukan atasan dengan bawahan songket palembang yang memiliki warna merah dan emas. Keseluruhan pakaian ini akan serasi dengan kesuhun atau mahkota ala Palembang.

11. Tunik modern dengan layer

wm_article_img
Busana Pengantin: Fafahq Attire

Tunik menjadi pakaian paling aman dan simpel, tapi tetap memberikan kesan elegan pada pengantin. Tak heran jika banyak pengantin yang memilih jenis pakaian ini. Jika kamu tertarik juga untuk mengenakannya, tapi ingin tambahan aksen untuk membuatnya tampak lebih meriah, model ini akan cocok untukmu. Layering atau tunik dengan aksen berlapis akan membuat bajumu jadi terlihat lebih menarik. Layering ini bisa diperlihatkan di beberapa bagian saja, misalnya bagian bawah yang dibuat asimetris. Atasan ini bisa dipadukan dengan bawahan batik yang memiliki aksen lipit untuk membuatnya terlihat lebih ekstra lagi.

12. Red wine dress yang bold

wm_article_img
Busana Pengantin: Fafahq Attire

Salah satu warna yang memberikan kesan elegan, anggun, dan mewah adalah red wine. Warna ini cocok untuk dijadikan gaun pernikahan warna merah, tapi tidak terlalu cerah. Gaun dengan model mermaid dress ini akan membuatmu terlihat lebih ramping juga. Bagian bahu bisa dibuat dengan aksen V layaknya gaun off shoulder, tapi tetap tertutup dengan layering kain polos dengan warna serupa.

Untuk melengkapi penampilan, jangan lupa tambahkan veil dengan warna serupa yang panjangnya melebihi panjang gaun itu sendiri. Sementara itu, dengan tema pernikahan internasional, headpiece tiara kecil dengan warna yang senada dengan hiasan gaun bisa dipilih.

13. Baju kurung warna merah emas

wm_article_img
Baju Pengantin: Redberry Wedding

Baju kurung merupakan bagian dari pakaian adat Palembang, Asean Gede. Baju ini memiliki bentuk yang lurus sampai bagian paha dengan motif yang dibuat dari kain songket. Warnanya umumnya memang merah dan dihiasi dengan benang emas dari motif yang ada di permukaannya.

Sementara itu, atasan ini tampak serasi dengan bawahan yang dibuat dari kain songket bermotif zig-zag yang juga memiliki warna merah dan emas. Warna merah pada setelan ini tampak outstanding di bagian bahu dan bagian tengah motif zig-zag. Terakhir, berbagai tambahan aksesori yang juga memiliki warna emas menyempurnakan tampilan pengantin. 

14. Kebaya dengan train menjuntai dan cape

wm_article_img
Baju Pengantin: Redberry Wedding

Bagi beberapa orang, penampilan saat hari istimewa harus ekstra. Pengantin yang satu ini misalnya. Bukan hanya memilih antara train atau cape saja, tapi ada dua-duanya dalam satu baju yang sama. Namun, pakaian yang dikenakan tetap tidak tampak berlebihan karena train yang dikenakan memiliki bahan yang sama dengan pakaian. Sementara itu, cape yang jatuh dari bahu merupakan kain polos tanpa ada tambahan hiasan yang memenuhi. Panjangnya pun disesuaikan sehingga tidak terlihat tumpang tindih.

15. Kebaya klasik yang simpel, tapi super elegan

wm_article_img
Baju Pengantin: Redberry Wedding

Sekilas, kebaya ini tampak simpel karena modelnya yang klasik dengan bukaan depan. Namun, ukuran panjangnya membuat kebaya ini tampak istimewa. Tak hanya itu saja, pemilihan perpaduan warna untuk bawahan, yaitu silver dengan hint merah membuat tampilan ini super elegan. Bagian lain, seperti aksesori kepala dan bros juga dibuat dengan warna yang sama membuat penampilan ini tampak harmonis.

16. Baju pengantin dengan center of interest di bagian bahu dan pinggang

wm_article_img
Busana Pengantin: Vera Anggraini Kebaya

Pakaian yang satu ini memiliki bentuk yang umum. Namun, ada beberapa bagian yang membuatnya terlihat lebih unik dari yang lain. Pertama adalah bagian bahu yang memiliki hiasan berupa aksen bunga yang memiliki warna lebih pekat. Kemudian, bagian pinggang dihias dengan aksen pengganti belt yang memiliki warna silver. Terakhir adalah bagian train yang menjuntai, lebih panjang dari baju yang sudah panjang.Tambahan bros yang serasi dengan suntiang juga membuat penampilan ini makin paripurna.

17. Kebaya dengan kain sutra khas Bugis

wm_article_img
Kebaya Pengantin: Vera Anggraini Kebaya

Baju adat khas Bugis adalah baju bodo. Namun, Eva Celia yang menyukai gaya simpel memilih untuk mengenakan kebaya dengan bentuk fit body dengan model yang klasik berwarna merah. Untuk membuat tubuh petite-nya terlihat lebih tinggi, ia mengenakan model baju dengan bagian bahu yang terekspos. Meskipun simpel, baju ini memiliki berbagai hiasan di seluruh permukaannya. Tak hanya itu, bawahannya juga memiliki warna vibrant yang khas dari songket sutra dari Bugis membuat penampilan semakin terlihat meriah.

18. Kebaya klasik dengan hiasan bahu yang cantik

wm_article_img
Kebaya Pengantin: Vera Anggraini Kebaya

Kebaya yang satu ini memiliki bentuk yang klasik dengan tambahan aksesori berwarna emas di bagian depannya. Namun, ada hal menarik lain selain itu, yaitu tambahan aksen bunga di salah satu bagian bahu. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, aksesori ini menjadi bagian yang paling mencuri perhatian, apalagi jika tidak ingin menambahkan train atau cape.

Itu dia beberapa pakaian pengantin dengan warna merah yang cantik dengan berbagai model yang berbeda. Meskipun sama-sama berwarna merah, ternyata kamu tetap bisa mengeksplorasi seperti apa konsep pakaian yang ingin kamu tonjolkan.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...