Your Smart Wedding Platform

9 Inspirasi Model Gaun Pengantin Muslimah Modern untuk Tampil Stunning dan Kece!

03 Dec 2022 | By Afifah Lania Wedding Market | 3440
Gaun Pengantin by Laksmi Muslimah

Menjadi ratu sehari di acara pernikahan memang memerlukan banyak persiapan, terutama untuk urusan baju pengantin. Salah satu penentu kesuksesan acara pernikahan adalah busana kedua mempelai. 

Jika bagi pria busana yang mereka kenakan jauh lebih sederhana, memilih model baju pengantin wanita cenderung memakan waktu lama dan butuh banyak pertimbangan. Karena, semua wanita pasti ingin tampil memukau di hari bahagianya tersebut. Walaupun sudah memiliki model impian, tetap akan membingungkan begitu persiapan pernikahan dimulai.

Model baju pengantin wanita masa kini tentu selalu mengikuti perubahan zaman dan tren fashion. Namun, beberapa model memiliki kesan timeless dan tidak termakan oleh zaman. Kesulitan memilih baju pengantin bertambah bagi wanita muslimah yang akan mengenakan hijab di hari pernikahannya.

Selain menentukan model baju dengan bentuk tubuh, busana pengantin harus disesuaikan dengan hijab yang akan membalut kepalanya di pernikahan nanti. Maka dari itu, perancang busana mulai berlomba membuat rancangan untuk para wanita berhijab agar mereka juga bisa mewujudkan baju pengantin impiannya.

Dari banyaknya model baju pengantin muslimah, kamu bisa menjadikan 9 referensi atasan dan gaun berikut ini sebagai pertimbangan nantinya.

1. Model gaun pengantin muslimah bersiluet empire line 

Gaun pengantin: Laksmi Muslimah

Model gaun pengantin muslimah berbentuk empire line cocok digunakan agar tubuh terlihat lebih ramping di acara pernikahan. Empire line memberikan kesan ramping lewat jahitan pinggang yang terletak tepat di bawah dada, sehingga tubuh terlihat lebih tinggi dan anggun dalam balutan gaun berwarna putih. 

Untuk menutup data, pengantin wanita bisa menggunakan hijab lebih panjang berbahan satin untuk look mewah dan berkilau. Karena menutup dada, desain gaun pengantin pada bagian atas lebih baik dibuat sesederhana mungkin. Tambahkan long lace veil berwarna putih senada dengan hijab agar mempelai wanita terlihat lebih stunning.

2. Tampil bak putri kerajaan dengan ball gown

Gaun pengantin: Laksmi Muslimah

Model gaun pengantin muslimah dengan bagian bawah yang mengembang membuat kamu tampil memesona bak putri raja di hari pernikahan. Tanpa banyak aksen pada lengan dan bagian gaun lainnya, kamu sudah cukup memukau. Hanya menggunakan satu layer, gaun pengantin tampak lebih sederhana dan manis ketika dikenakan bersama hijab warna senada yang dibentuk menutup dada. Beri aksesori veil dan mahkota untuk menambah keindahan pengantin wanita.

Gaun pengantin: Anggi Asmara

Walaupun berbentuk ball gown, penggunaan belt pada bagian pinggang juga bisa mempercantik gaun pernikahan. Sebagai pengganti hijab untuk menutup dada, bisa menambahkan aksen selendang dengan kain tile yang ditarik dari bagian depan hingga ke belakang. Bagian dada akan tertutup dan tile di belakang memperindah bentuk gaun saat foto membelakangi kamera. Kamu akan tampak jauh lebih anggun dengan selendang!

3. Gaun pengantin simple dan elegan

Gaun pengantin: Shelo Bride

Malas terlalu banyak model dan ornamen di atas gaun? Kamu bisa menggunakan gaun pengantin berwarna putih polos berbahan satin dengan tambahan veil dan mahkota sebagai pemanis. Dibentuk dengan model sheath, gaun bisa membuat tubuh tampak lebih ramping. Simple dan elegan akan terpancar dari aura pengantin wanita ketika berjalan menuju pelaminan.

Gaun pengantin: Shelo Bride

Untuk mempercantik bagian depan gaun, bisa menambahkan kain yang diikat pita sebagai belt di pinggang dengan warna-warna pastel seperti pink dan biru muda. Tanpa macam-macam bentuk dan ornamen, gaun tetap terlihat indah.

4. Menambahkan aksen di tangan untuk menutupi lengan

Gaun pengantin: Laksmi Muslimah

Kalau kamu merasa risih dengan bentuk lengan bagian atas, bisa menambahkan outer puffy sebagai aksen di tangan untuk menutupinya. Kamu dapat menggunakan outer berbahan organza atau balotelly untuk memberi kesan mewah dan elegan. Agar tidak terlalu polos, berikan tambahan manik-manik di bagian pergelangan tangan dan menyebar di area lengan. Dengan begitu, gaun pengantin akan terlihat lebih cantik ketika dikenakan.

Gaun pengantin: Silvi Ipi

Masih kurang percaya diri dengan outer puffy di bagian lengan? Dapat disiasati dengan memberikan efek ruffle di bagian atas lengan menggunakan kain tile dan diberi manik-manik putih menyebar agar tidak terkesan ramai karena terlalu banyak aksen.

5. Atasan dengan model payet penuh

Gaun pengantin: Anggi Asmara

Model baju pengantin muslimah satu ini akan membuat kamu tampil stunning di acara pernikahan. Dengan dominasi warna gold dan payet di seluruh baju akan membuat semua mata di acara pernikahan tertuju pada pengantin wanita. Memadukan kain lace di bawah dengan payet penuh di bagian atas tampak serasi dengan aksesori khas Palembang yang dikenakan. Cocok untuk kamu yang tidak suka menggunakan gaun, karena bagian bawah hanya mengenakan rok lilit songket berwarna senada.

6. Mengenakan kebaya klasik dengan kesan timeless

Kebaya pengantin: Beblooms Wedding

Pernikahan dengan adat sunda memang paling cocok mengenakan kebaya berbahan satin dengan model V–Neck yang diberi payet penuh. Kebaya klasik dengan desain sederhana memberikan kesan timeless yang akan cocok dipakai kapan saja. Kamu terlihat lebih anggun dan memesona sampai akhir acara pernikahan.

Kebaya pengantin: Silvi Ivi

Walaupun tidak menggunakan tambahan veil sebagai hiasan kepala, kebaya klasik tetap tidak akan gagal memancarkan aura pengantin wanita. Pilih gaun pengantin dengan empire line untuk menutupi bagian tubuh yang membuat tidak percaya diri, model tersebut akan membuat badan terlihat lebih ramping. Jadi, jangan sampai model baju pengantin muslimah satu ini terlewat dari pertimbangan kamu dan pasangan, ya!

7. Model gaun putih polos dan sederhana

Gaun pengantin: Laksmi Muslimah

Gaun pengantin dengan model lurus sederhana dilapisi kain lace pada bagian luar memancarkan aura keanggunan kamu. Tanpa banyak aksesoris tambahan selain veil untuk hiasan kepala dan model gaun memiliki ekor yang tidak terlalu panjang. Kamu yang suka gaun bermodel sederhana, elegan, dan tidak menggunakan banyak aksesoris tambahan pasti suka model seperti ini. 

8. Model gaun pengantin ala Bohemian

Gaun pengantin: Silvi Ivi

Tidak ingin menggunakan baju yang terlalu feminin? Kamu bisa coba model bohemian! Tidak banyak detail, tetapi tetap manis dan mewah dengan warna cokelat keemasan dan model baju seperti blazer. Daripada manis, mungkin model seperti ini lebih dapat dikatakan keren ketika kamu pakai di pesta pernikahan.

Apalagi dengan konsep pernikahan bertema pantai, beuh, baju dan suasana akan menyatu dengan baik! Pada wanita, baju pengantin ketika menikah tetap harus memberikan kesan anggun. Cukup menggunakan long lace veil yang akan mengeluarkan aura keanggunan kamu ketika mendampingi suami di pelaminan. So, masih ragu mencoba model bohemian?

9. Model gaun pengantin dengan detail payet berpola di seluruh baju

Gaun pengantin: Love Ivangunawan

Gaun pengantin dengan banyak detail dan payet berpola penuh dari atas hingga bawah cocok untuk pernikahan dengan konsep mewah. Keanggunan pengantin wanita dipancarkan dengan model gaun pengantin muslimah yang memiliki ekor di bagian bawah. Agar tidak terlihat lebay karena bagian bawah yang terlalu ramai, bentuk gaun dibuat dengan model sheath. Model ini membuat baju menyatu dengan bentuk tubuh dan kesan ramai di bagian atas tertutupi. Jadi, gaun tetap enak saat dipandang, walaupun penuh dengan payet berpola. 

Gimana? Semakin bingung memilih model baju pengantin seperti apa? Tenang, santai saja memilihnya, jangan terlalu buru-buru agar kamu sukses menjadi ratu paling cantik di pernikahan nantinya. Pilih sesuai selera, konsep pernikahan, dan budget yang kamu dan pasangan miliki! Semoga lancar sampai hari pernikahan!


Artikel Terkait



Artikel Terbaru