Your Smart Wedding Platform

Panduan Menemukan Sepatu Pengantin yang Nyaman dan Menawan untuk Momen Istimewa

18 Mar 2023 | By Wedding Market | 1505
Sepatu Pengantin: Bride Series

Dari daftar kebutuhan aksesoris pengantin wanita, sepatu pengantin merupakan item paling esensial diantara yang lainnya. Memilih sepatu pengantin wanita yang tepat tidak hanya penting dari segi fashion dan estetika, tetapi juga untuk kenyamanan saat menggunakannya.  

Sama halnya dengan saat memilih gaun pernikahan, menemukan sepatu pengantin yang tepat sangat dipengaruhi oleh preferensi pribadi—juga menyesuaikan dengan lokasi acara digelar dan konsep apa yang kamu gunakan di momen pernikahanmu. Pasalnya, sepatu yang dipilih akan menyempurnakan gaun pernikahan dan penampilan keseluruhan sang pengantin wanita di hari nan spesial itu. 

Panduan Menemukan Sepatu Pengantin yang Nyaman dan Menawan

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih sepatu pengantin wanita adalah faktor kenyamanan. Mengingat, pada hari pernikahan si pengantin akan berdiri cukup lama ketika menyalami tamu di pelaminan, atau ia harus berjalan-jalan menghampiri para undangan satu per satu jika pernikahan dengan konsep 'mingle' yang dipilih. 

Lalu, bagaimana sebaiknya memilih alas kaki yang tepat untuk hari bahagiamu nanti? Berikut ini WeddingMarket berikan panduan dan tipsnya, dengan harapan sepatu pengantin wanita yang kamu pilih tak hanya menawan, tetapi juga nyaman!

1. Sesuaikan dengan Tempat Pesta Pernikahan Digelar

Sepatu Pengantin Custom: Brides Series

Setiap calon pengantin pasti ingin tampil cantik di hari pernikahannya. Maka tak heran, model sepatu pengantin mewah nan indah membuat jatuh cinta pada pandangan pertama. Akan tetapi, tidak semua sepatu yang indah itu akan cocok dengan berbagai venue atau tempat pernikahan.

Jika pesta digelar di dalam ruangan dengan lantai yang datar seperti ballroom hotel atau restoran, maka kamu bisa bebas menggunakan model sepatu pengantin jenis apapun yang disukai. Namun, akan berbeda kondisinya jika kamu menggelar pernikahan di ruang terbuka (outdoor).

Terutama untuk yang melakukan destination wedding di tempat-tempat yang berlantaikan tanah, rumput atau pasir, seperti di taman, hutan atau area sekitar pantai. Demi kenyamanan, akan lebih baik menggunakan model sepatu pengantin flat, wedges, atau sepatu dengan hak yang tidak terlalu tinggi maupun runcing di bagian ujungnya.

2. Perhatikan Ukuran dan Jenis Hak Sepatu Pengantin yang Kamu Pilih

Sepatu Pengantin: Nefrin Fadlan Shoes

Menggunakan sepatu dengan hak tinggi memang bisa memberi kesan tubuh tampak lebih jenjang. Namun, ada kalanya ukuran dan jenis sepatu hak tinggi ini perlu disesuaikan kembali dengan model gaun pengantin, warnanya maupun kenyamanan saat menggunakannya. Misalnya kebaya bernuansa emas, lebih cocok dengan sepatu pengantin warna gold yang terlihat mewah.

Apabila kamu memesan sepatu untuk pernikahan secara custom, tentu akan lebih leluasa untuk menyesuaikan ukuran dan modelnya dengan kebutuhanmu. Namun, jika kamu memilih sepatu ready-to-wear dari desainer sepatu merk lokal maupun internasional, sebaiknya pertimbangkan kesesuaian ukuran kaki, model haknya dan kenyamanan ketika dikenakan dengan gaun atau kebaya pernikahan. 

Sebaiknya jangan memaksakan pilihan sepatu pengantin model hak terlalu tinggi apabila kamu tak terbiasa menggunakan sepatu high heels untuk sehari-hari. Alih-alih, pertimbangkan opsi sepatu dengan ukuran tinggi hak sedang atau rendah, agar lebih nyaman ketika dikenakan di momen pernikahanmu kelak. Begitupun untuk ukurannya, temukanlah yang pas, tidak terlalu sempit atau longgar. 

3. Wajib Mencoba Sepatu Pengantin Sebelum Hari-H

Sepatu pengantin: Langkah by Linalee

Saking sayangnya dengan sepatu pengantin yang telah dibeli, apakah kamu hanya menyimpannya di kotak dan menunggu hari H untuk dapat menggunakannya? Salah besar, dears! Justru, sebaiknya kamu mencoba sepatu pengantin beberapa kali sebelum hari pernikahan.

Tujuannya supaya kamu bisa merasakan apakah sepatu itu nyaman untuk digunakan berjalan atau berdiri dengan waktu yang lama. Jika sepatu pengantin pilihanmu tersebut terasa pas dan tidak menyakiti kakimu, maka kamu bisa melanjutkan untuk memakainya di hari pernikahan.

Namun, jika dirasa sepatu pengantin terlalu sempit, terlalu longgar atau menyakiti kaki ketika dipakai berjalan, maka kamu sebaiknya memikirkan opsi sepatu cadangan. Gak mau 'kan suasana hati di hari pernikahanmu jadi rusak gara-gara salah memilih  sepatu? 

4. Siapkan Sepatu Cadangan

Sepatu Pengantin: Aveda Footwear

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bisa jadi sepatu pengantin yang telah dipersiapkan terasa tidak nyaman ketika dikenakan. Atau, mungkin terjadi hal-hal tak terduga saat pernikahan, seperti haknya patah, pengait sepatunya lepas dan sebagainya. Maka dari itu, sebaiknya kamu juga menyiapkan sepatu pengantin cadangan untuk berjaga-jaga bak pepatah 'sedia payung sebelum hujan'.

Dengan adanya back up shoes ini, kamu bisa sedikit lega seandainya kejadian buruk tersebut benar-benar terjadi. Nah, sebaiknya dipilih model sepatu pengantin yang berbeda, ya. Jangan lupa juga dicoba terlebih dahulu sebelum hari H! 

5. Perhatikan Kembali Hal-hal Kecil Demi Kenyamanan

Sepatu Pengantin: CAVA PRIVÈ

Namanya juga hidup, terkadang ada saja hal-hal yang tak diprediksi dapat menjadi distraksi. Salah satunya muncul rasa tak nyaman secara tiba-tiba ketika mengenakan sepatu pengantin yang kamu pilih, bahkan kaki bisa lecet. Bisa jadi karena terlalu lama berdiri saat menyalami tamu undangan. 

Hal tersebut memang bisa ditutupi oleh kebaya atau gaun pengantin yang panjang, tetapi rasa tidak nyaman tersebut akan sangat mengganggu dan bisa merusak mood selama acara berlangsung. Oleh karena itu, kamu juga perlu siap sedia benda-benda kecil yang bisa menjadi penyelamat seperti tensoplast atau band-aid, hingga silikon pelindung kaki. Percayalah, benda-benda kecil ini akan sangat berguna di hari pernikahanmu nanti.

Nah, itulah 5 panduan yang bisa kamu terapkan untuk menemukan sepatu pengantin impian yang menawan dan nyaman dikenakan di momen spesialmu kelak. Soal modelnya, bisa disesuaikan kembali dengan preferensi pribadi serta kebutuhan di pesta pernikahanmu. Mulai dari sepatu pengantin mewah hingga sepatu pengantin hak pendek, kamu bisa lihat referensinya di WeddingMarket store. Semoga kamu dapatkan sepatu impian yang sesuai, ya!


Artikel Terkait



Artikel Terbaru