Pilih Kategori Artikel

Seberapa Penting Rayakan Anniversary Pernikahan Bagi Pasangan?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Kehidupan pernikahan memang menawarkan sejuta keindahan dan kebahagiaan bagi pasangan yang saling mencintai. Pada tahun-tahun pertama pernikahan, sepasang suami istri mungkin masih merasakan perasaan berbunga-bunga dan manisnya kehidupan pernikahanNamun, di saat yang bersamaan menjalani bahtera rumah tangga tak semudah kelihatannya. Ada banyak ujian pernikahan yang harus siap dihadapi oleh dua karakter yang mungkin saja saling bertolak belakang, dan hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah.

Ketika suatu pasangan berhasil menjaga keharmonisan dan keutuhan rumah tangganya setelah waktu tertentu, setahun, dua tahun, tiga tahun dan seterusnya, pastilah ada banyak usaha dan tantangan yang sudah mereka taklukan. Oleh karena itu, meskipun tak setiap hari, keduanya patut mengapresiasi setiap pencapaian dalam hubungan. Salah satunya, dengan merayakan wedding anniversary atau ulang tahun pernikahan. 

Seberapa pentingkah merayakan anniversary?

wm_article_img

Bagi kamu yang sedang menjalani suatu hubungan, baik itu masih pacaran atau sudah menikah, pasti sudah tak asing dengan istilah anniversary atau hari jadi suatu hubungan. Anniversary adalah momen berharga bagi suatu pasangan yang mana menandai dimulainya kisah romantis keduanya, baik sebagai hari jadian ataupun hari pernikahan

Terlepas dari itu, anniversary bukan sekedar tanggal atau hari yang berkesan, melainkan juga memiliki beberapa alasan lain sehingga layak untuk dirayakan bersama pasangan. Bagi sebagian orang, anniversary merupakan hari yang spesial, sebab menjadi pengingat akan perjuangan cinta dan kasih yang selama ini dibina dalam hubungannya. 

Tak heran, merayakan anniversary atau ulang tahun pernikahan dianggap sangat penting untuk menjaga keharmonisan dan memperkuat hubungan pasangan. Untuk menumbuhkan kembali benih-benih cinta agar tetap tumbuh subur layaknya pada saat awal-awal masa pernikahan. 

Alasan Pentingnya Merayakan Anniversary

Seperti yang telah disebutkan, perayaan anniversary dimaknai begitu penting untuk suatu hubungan, terutama dalam pernikahan. Namun tahukah kamu, ada beberapa manfaat lain yang bisa kamu rasakan ketika merayakan hari jadi pernikahan bersama pasangan? Berikut ini WeddingMarket telah merangkum lima alasan pentingnya merayakan anniversary pernikahan bagi pasangan:

1. Merayakan milestone atau pencapaian penting dalam suatu hubungan

wm_article_img

Zaman sekarang, kasus perceraian seakan menjadi suatu hal yang biasa terjadi dalam sebuah pernikahan. Meskipun, pasangan yang menikah tidak pernah mengharapkan perceraian tersebut dalam rumah tangga mereka. Namun, terkadang ada hal-hal yang diluar kemampuan manusia, ujian pernikahan yang berat tak semua pasangan mampu melaluinya dengan baik. Jika tak dilandasi dengan kesiapan mental untuk membangun komitmen bersama pasangan serta rasa cinta yang kuat, bukan tak mungkin bahtera rumah tangga dapat karam di tengah-tengah badai ujian pernikahan yang dihadapi.

Namun, tak sedikit pula pasangan yang mampu bertahan dan sukses melalui berbagai macam tantangan dalam pernikahan. Maka, saat kamu dan pasangan berhasil menjalani waktu demi waktu, hingga satu tahun, dua tahun, lima tahun dan seterusnya, pastinya milestone ini wajib untuk dirayakan, dongJadikan perayaan wedding anniversary sebagai hadiah atau reward untuk pencapaian yang telah kamu lalui bersama dengan kekasih hatimu.

Kalian berhak merayakan setiap usaha, pengertian, kesabaran, dan perjuangan yang telah dilalui selama ini, meskipun tidak bisa setiap hari setidaknya pada momen anniversary. Meskipun, setiap kita pasti menyadari bahwa tidak ada pernikahan yang sempurna. Akan tetapi, kamu dan pasangan sudah bertahan sejauh ini, hal tersebut patut untuk disyukuri dengan menjadikan momen anniversary ini untuk mengapresiasi satu sama lain.

2. Anniversary menjadi kesempatan untuk kembali menyatukan hati

wm_article_img

Setelah resmi menjadi suami istri, kamu dan pasangan mungkin tak hanya merasakan manisnya pernikahan, melainkan juga telah mencicipi pahit dan getirnya kehidupan berumah tangga bersama-sama. Dalam prosesnya, kamu dan pasangan mungkin seringkali dihadapkan pada masa-masa sulit dimana kalian harus menekan ego masing-masing, merasakan ketidakcocokan, atau berbagai hal lainnya yang membuat sedikit kerenggangan dalam hubungan. 

Nah, momen anniversary inilah saatnya untuk menyatukan kembali hati kamu dan pasangan. Pada saat tanggal hari jadi kalian tiba, manfaatkanlah untuk kembali memadu kasih, mengobrol lebih dekat dari hati ke hati, hingga mencoba membuka diri untuk saling mengerti satu sama lain guna memperbaiki ketidakcocokan yang ditemukan selama menjalani pernikahan kalian. Jika hal tersebut kamu jalankan, momen anniversary yang hanya setahun sekali akan menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu sebagai kesempatan untuk merekatkan kembali hubungan bersama pasangan seperti saat-saat awal pernikahan. 

3. Momen untuk refleksi hubungan

wm_article_img

Merayakan anniversary  juga bisa menjadi momen untuk kamu dan pasangan melakukan refleksi hubungan kalian, apabila selama ini ada masalah-masalah, kesalahpahaman, sikap yang tak sepatutnya atau hal-hal yang mengganggu dalam hubungan.  Dengan mengobrol santai berdua secara lebih dekat, kalian bisa mencairkan suasana kaku yang mungkin dirasakan sebelumnya. 

Momen perayaan hari jadi pernikahan ini pun bisa menjadi saat-saat untuk mengenang kembali masa-masa indah kamu dan pasangan. Untuk membangun suasana hangat dan lebih intim untuk bisa saling refleksi hubungan, kamu dan pasangan bisa mencari sebuah lokasi romantis atau mendatangi kembali tempat yang memiliki kenangan indah bagi kalian berdua.

Mulailah obrolan dengan  mengutarakan apa yang dirasakan, kemudian sampaikan pendapat-pendapat kamu mengenai pernikahan kalian. Yang juga penting untuk diingat, jangan hanya menekankan bahasan obrolan pada keluhan, tetapi sampaikan juga apresiasi pada pasanganmu. Ungkapkan juga hal-hal baik yang kamu syukuri dari kehadiran sosoknya, serta harapan kamu untuk hubungan kalian.

Bila perlu, siapkan hadiah anniversary yang bisa membuatnya tersentuh. Memang, tidak ada pasangan yang sempurna. Namun, kamu dan pasangan bisa belajar untuk mengapresiasi satu sama lain sehingga kalian akan bersemangat untuk saling memperbaiki diri dan menjadi lebih baik lagi demi keharmonisan rumah tangga kalian.

4. Anniversary memberi alasan untuk bersenang-senang sejenak dari kesibukan 

wm_article_img

Manfaatkan momen anniversary untuk bersenang-senang setelah cukup sibuk menjalani aktivitas sehari-hari, bekerja, mengurus rumah, mengurus anak dan lain sebagainya. Tak jarang rutinitas tersebut menyebabkan stres hingga sulit membagi waktu untuk lebih dekat dengan pasanganmu. Jika di hari biasa akan ada sejuta alasan untuk mengabaikan kesempatan quality time berdua bersama pasangan, maka di hari jadi pernikahan ini buatlah pengecualian. 

Kamu bisa persiapkan dari jauh-jauh hari untuk mengosongkan jadwal khusus di hari anniversary tersebut. Istirahatlah sejenak dari rutinitas dan habiskan waktu berdua bersama pasanganmu tanpa gangguan-gangguan. Jika dirasa sulit untuk meninggalkan pekerjaan atau anak-anak terlalu lama, maka kamu tak perlu pergi ke tempat jauh selayaknya sedang honeymoon.

Cukup coba kegiatan yang simple dan mudah dilakukan saja, seperti makan malam berdua, menonton di bioskop atau memanjakan diri di spa bersama. Intinya, ciptakan momen untuk quality time berdua. Dengan demikian, setelah merayakan wedding anniversary kamu dan pasangan bisa merekatkan lagi hubungan dan merasakan kembali indahnya pernikahan selayaknya pengantin baru.   

5. Kesempatan untuk ‘merancang’ masa depan

wm_article_img

Terakhir, momen anniversary ini akan jadi kesempatan yang baik untuk kamu dan pasangan kembali flashback pada tujuan pernikahan kalian. Sambil menikmati suasana intim berdua, kamu bisa membicarakan dengan santai sudah sejauh mana kalian menjalani pernikahan. Apakah ada kelemahan yang perlu diperbaiki, dan apa rencana selanjutnya yang ingin dicapai bersama-sama? Dengan begitu, kamu dan pasangan akan diingatkan kembali dengan tujuan kalian menikah dan bisa mengambil pelajaran dari apa yang sudah dilalui bersama selama pernikahan.

Lantas, apa yang harus dilakukan saat anniversary?

wm_article_img

Setelah memahami pentingnya merayakan anniversary pernikahan untuk memperkuat hubungan kamu dan pasangan, mungkin kamu juga akan bertanya-tanya tentang apa saja yang bisa dilakukan untuk merayakan hari jadi itubukan? Tenang, berikut WeddingMarket berikan list ide-ide menarik untuk merayakan wedding anniversary, biar terasa lebih intim!

  1. Paling simpel, pesan makanan untuk disantap bersama di rumah
  2. Makan malam di restoran, jangan lupa kenakan pakaian yang bagus
  3. Nonton film berdua di bioskop atau di rumah
  4. Habiskan waktu dengan memasak bersama
  5. Kencan seperti masih pacaran
  6. Pergi piknik berdua
  7. Bermain game bersama
  8. Jalan-jalan di lingkungan sekitar rumah
  9. Spa di rumah
  10. Pergi karaoke atau menari bersama pasangan
  11. Berlibur ke tempat wisata seperti saat honeymoon
  12. Rayakan dengan pesta serta mengundang kerabat dan sahabat.  

wm_article_img

Hari demi hari pernikahan berhasil dilewati dengan suka duka di dalamnya, hadirnya anniversary sekali setahun tentunya akan menjadi momen yang sangat istimewa sehingga layak untuk dirayakan. Apalagi setelah kehadiran anak dalam rumah tangga, kasih untuk pasangan bisa saja bergeser karena sudah dicurahkan seutuhnya untuk sang anak.

Oleh karena itu, wedding anniversary sangat penting untuk dirayakan. Agar kehangatan cinta kamu dan pasangan tak kehilangan pesonanya meski sudah bertahun-tahun hidup bersama! Lihat juga inspirasi kue anniversary pernikahan unik, yang cocok untuk perayaan hari jadi pertamamu! Semoga bermanfaat.

Momen Anniversary Ayu Dewi & Regi : Venema Pictures | Momen Anniversary Lesty Kejora & Rizky Billar: Askar Photography

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...