Your Smart Wedding Platform

Semakin Dekat dengan Pernikahan: Yuk, Lihat Detail Upacara Mepamit yang Dijalani Mahalini dan Rizky Febian

06 May 2024 | By Afifah Lania Wedding Market | 89
Fotografi oleh Axioo

Semakin dekat dengan pernikahan, dua penyanyi kebanggaan Indonesia baru saja melangsungkan acara mepamit pada 5 Mei 2024 kemarin. Siapa lagi kalau bukan Rizky Febian dan Mahalini, dua sejoli bersuara emas dengan kisah cinta manis – sama seperti lagu-lagu mereka.

Kabar bahagia ini sontak membawa kebahagiaan bagi penggemar mereka. Setelah lama menjalin hubungan dengan segala huru-haranya, Mahalini dan Rizky Febian menunjukkan keseriusan cinta mereka.

Pemilik nama lengkap Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja diketahui memang berasal dari Bali dan karena itu upacara Mepamit dan Madharma Suaka harus dilakukan. Pertanyaan kembali muncul, apa sebenarnya upacara Mepamit? 

Apakah upacara ini merupakan prosesi Mahalini menjadi seorang mualaf? Atau hanya sekadar upacara ‘pamit’ kepada tokoh besar dan keluarganya karena ia akan segera menikah dan meninggalkan ‘rumah’?

Momen haru Mahalini dan Rizky Febian


Tinggal menunggu selangkah lagi sebelum akhirnya Mahalini dan Rizky Febian resmi menjadi suami istri. Tepat pada 5 Mei 2024, Mahalini telah melangsungkan upacara Mepamit dan dihadiri oleh seluruh keluarga besar keduanya.

Terlihat bagaimana kebahagiaan begitu terpancar dari senyuman kedua calon pengantin dan keluarga mereka. Baik Mahalini dan Rizky Febian terlihat sangat bahagia mengetahui mereka sudah semakin dekat dengan pernikahan.


Kabarnya, mereka akan meresmikan hubungan sebagai suami istri pada tanggal 8 Mei 2024 mendatang. Bukan sebentar, mereka menjalin hubungan selama dua tahun sebelum memutuskan untuk menikah.

Hubungan mereka sempat dipertanyakan karena adanya perbedaan agama. Namun, hal tersebut tidak memengaruhi cinta keduanya. Mereka tetap menjalin hubungan hingga sampai di tahap pertunangan pada 7 Mei 2023 silam di The Langham Jakarta.


Pertunangan tersebut hanya menjawab seberapa besar cinta Mahalini dan Rizky. Sampai akhirnya, acara Mepamit-lah yang menjawab pertanyaan tentang bagaimana mereka akan melanjutkan pernikahan dengan adanya perbedaan agama.

Mahalini dan Rizky Febian menunjukkan bahwa cinta mereka bisa membawa sampai di jenjang Mepamit – selangkah menuju pernikahan. Serentak warganet dan penggemar mereka memberikan ucapan selamat atas terlaksananya upacara Mepamit.

Mereka juga mengeluarkan sebuah single berjudul “Bermuara” yang menceritakan perjalanan cinta keduanya. Dilihat dari liriknya, kita bisa mengetahui bahwa mereka masing-masing telah menemukan pujaan hati yang selama ini selalu didoakan. Sudah dengar langunya?

Penuh pesona dengan busana adat Bali


Kesempurnaan Mahalini dan Rizky Febian tidak hanya terpancar dari manisnya senyum mereka. Busana adat Bali yang dikenakan membuat tampilan pasangan ini tampak lebih memesona.

Apalagi, Mahalini–sang calon pengantin, ia tampil mengenakan kebaya full payet yang mempertontonkan keindahan lekuk tubuhnya. Tak heran melihat bagaimana kebaya pelantun lagu Sisa Rasa itu berhasil membuatnya manglingin di ritual pertama sebelum pernikahan dalam adat Bali Hindu ini.

Karena ternyata kebaya cantik tersebut dirancang oleh Asky Febrianti, seorang desainer yang sudah dikenal dengan hasil karya luar biasanya, terutama kebaya dengan berbagai detail ciamik. 

Melalui instagram pribadinya, Asky Febrianti memperlihatkan bagaimana proses pembuatan Kebaya Bali Strait berwarna cokelat keemasan tersebut. Di bagian pinggang, terdapat obi berwarna kontras, tetapi tetap terlihat serasi dengan warna kebaya. Kemudian, jika melihat di bagian belakang kebaya, terdapat desain pura Bali nan indah. 

Begitu melihat postingan tersebut, banyak warganet mulai menebak-nebak bahwa pura tersebut merupakan Pura Ulun Danu yang terkenal dan kita bisa melihatnya di uang kertas pecahan Rp50 ribu. Mahalini juga tampak anggun dengan payas agung sebagai aksesoris kepala dan riasan wajah natural. 


Sama dengan Mahalini, Rizky Febian juga tampil dengan pakaian adat Bali yang menggabungkan baju safari dengan kain kamen. Putra dari komedian Sule ini mengenakan baju safari berwarna cokelat lengkap dengan aksesori khas Bali. Konon, baju safari ini merupakan simbol dari kesucian dan kesopanan.

Dan, kain kamen memiliki makna yang berkaitan dengan komitmen untuk menjaga dharma atau kebenaran. Kalau Mahalini mengenakan payas agung, Rizky Febian juga menggunakan udeng. Udeng merupakan aksesoris kepala khas Bali yang berkaitan erat dengan ritual agama.

Bagikan momen prewedding


Untuk merayakan kebahagiaannya, pasangan ini membagikan momen-momen indah mereka melakukan foto prewedding. Bersamaan dengan rilisnya lagu “Bermuara”, mereka membagikan foto prewedding mengenakan jas dan setelan khas pernikahan.


Mahalini memadukan baju ‘kemben’ berwarna putih dengan full manik berkilau. Tidak mengenakan gaun, ia memilih menyatukan celana, veil, dan sarung tangan untuk tampilannya. Penyanyi jebolan Indonesian Idol ini menjadi dirinya sendiri dengan tampilan santai dan swag.

Dengan memegang bouquet bunga, Mahalini menyandarkan tubuhnya ke Rizky Febian yang mengenakan setelan jas hitam dan sepatu loafers. Sederhana memang, tetapi sesi foto prewedding tersebut look cutie and fresh. 

Makna dari Mepamit dan Madharma Suaka


Mepamit bermakna ‘berpamitan’ atau ‘perpisahan’, ini merupakan salah satu prosesi upacara adat Bali yang diadakan sebelum melakukan pernikahan. Upacara ini merupakan permintaan izin seseorang untuk meninggalkan tempatnya.

Mepamit diadakan di tempat calon pengantin wanita. Ritual dilakukan untuk meminta izin kepada para leluhur, keluarga, dan tokoh masyarakat, sebab ia akan menjadi tanggung jawab calon pengantin pria setelah menikah nanti.

Makna Mepamit memiliki arti luas, ini bisa berarti ia meninggalkan agamanya karena menikah dengan pria yang berbeda keyakinan. Namun, tradisi ini juga bisa digelar oleh calon mempelai wanita jika ia menikah dengan sesama penganut Hindu.


Dalam agama Hindu, Mepamit juga disebut dengan menjauman atau metipat bantal. Prosesi ini juga dihadiri oleh keluarga dari calon pengantin pria. Di prosesi Mepamit ini, keluarga besar kedua calon mempelai mendatangi pihak inti pengantin wanita. 

Kedatangan tersebut disertai dengan sesajen (banten) yang terdiri dari ketipat bantal, cumping, apem, wajik, kekupa, kuskus, cerocot, dan sebagainya. Mereka juga membawa aneka makanan tradisional dengan warna putih dan merah.

Sebelum melakukan upacara, keluarga calon pengantin wanita (pradana) mempersiapkan diri dan mental agar ritual berjalan dengan lancar. Acara Mepamit dimulai dengan menjauman atau metipat bantal.


Calon mempelai wanita duduk di atas bantal sambil melakukan ritual dan mengungkapkan kalimat berpamitan atau perpisahan kepada keluarga besarnya. Di sela-sela ucapan perpisahan, calon pengantin wanita juga harus mengucapkan terima kasih serta permohonan maaf kepada para leluhur.

Berterima kasih karena telah memberikan bimbingan dan perlindungan kepadanya. Setelah itulah ia akan mendapatkan restu dari para leluhur dan keluarganya. Restu ini merupakan gerbang awal yang akan membawanya menuju kehidupan yang baru.

Restu diberikan dengan doa dari pemangku adat dan terkadang, Mepamit ini memiliki tindakan simbolis seperti menyemprotkan air suci atau melempar bunga. Simbolis ini sebagai tanda pemurnian dan perpisahan sebelum ia menyandang status baru sebagai seorang istri.

Selesai dengan Mepamit, Mahalini juga telah melewati prosesi Madharma Suaka. Prosesi ini terbilang sederhana. Dharma Suaka merupakan pemberian nasihat dari orang tua sebagai upaya untuk melindungi dan membantu.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bagaimana detail dan makna dari prosesi Mepamit yang diadakan Mahalini dan Rizky Febian. Sekarang, kita tinggal menunggu bagaimana momen pernikahan mereka dan mendoakan agar segala rencana pernikahan berjalan dengan lancar. Selamat untuk Mahalini dan Rizky Febian!


Artikel Terkait



Artikel Terbaru