Your Smart Wedding Platform

Catat! 10 Persiapan Fisik yang Harus Dilakukan Sebelum Menikah

26 Apr 2023 | By Wedding Market | 1189
Fotografi oleh Imagenic

Pernikahan adalah sebuah langkah besar dalam hidup setiap orang. Menikah bukanlah perkara yang dapat diwujudkan dalam waktu semalam. Maka dari itu sangat penting untuk memulai persiapannya dari berbagai aspek, tak hanya berupa materi, tapi juga fisik dan mental.

Khususnya persiapan fisik, sangat krusial bagi sang calon pengantin. Dengan melakukan berbagai macam hal untuk menjaga fisik dan staminamu tetap fit hingga hari besarmu tiba, kamu pun akan siap menapaki jalan baru dan menyambut kehidupan pernikahan bersama kekasih hati. 

Nah, berikut WeddingMarket buatkan list persiapan fisik yang penting untuk kamu lakukan sebelum pernikahan.

1. Olahraga teratur

Foto: pexels/kampus-production

Olahraga adalah salah satu hal penting yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Terlebih buat kamu yang hendak menghadapi momen besar pernikahan. Dengan berolahraga secara teratur, akan membantumu menjaga berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, memperlancar peredaran darah, hingga memperbaiki mood, loh! 

Tak perlu latihan fisik yang berat, kamu bisa berolahraga kecil yang sederhana, tetapi dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik. Misalnya dimulai dengan berolahraga tiga kali seminggu dengan sesi singkat selama  30 menit, setelah terbiasa kemudian intensitasnya bisa ditingkatkan menjadi setiap hari dengan durasi yang lebih panjang. Berbagai macam manfaat baik dari olahraga pun bisa kamu rasakan pada tubuhmu.

2. Menjaga makanan yang dikonsumsi

Foto: pexels?rachel-claire

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal di hari pernikahan, beberapa calon pengantin pun rela melakukan serangkaian diet tertentu. Namun, sebenarnya lebih penting untuk mengatur pola makan dengan makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Pernahkah kamu mendengar istilah "kamu adalah apa yang kamu makan". Secara tidak langsung, hal itu mengingatkan kita untuk lebih selektif dalam memilah-milih apa yang bisa dikonsumsi demi kesehatan tubuh.

Menjelang momen sakral pernikahan, disarankan untuk lebih memperhatikan apa yang kamu makan, serta alangkah baiknya menghindari jenis makanan tertentu yang berpotensi memicu masalah pada kesehatan ataupun kulit. Sebagai contoh jika ingin kulitmu bebas masalah di momen pernikahan nanti, maka sebaiknya menghindari makanan berlemak dan mengandung minyak ataupun gula yang tinggi, karena berpotensi akan meningkatkan sebum yang dapat menimbulkan jerawat dan komedo. Sebagai gantinya, kamu dapat mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat, yang baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit.  

3. Tidur yang cukup dan berkualitas

Foto: pexels/andrea-piacquadio

Memperoleh tidur yang cukup sangatlah penting bagi kesehatan fisik dan mental. Apalagi, di masa persiapan pernikahan yang sangat menguras tenaga dan pikiran. Oleh sebab itu, pastikan kamu menyediakan waktu tidur yang cukup bagi tubuhmu, normalnya 7-8 jam setiap malamnya. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas, tidak hanya dapat mengembalikan energi kamu di keesokan harinya, tetapi juga dapat membuat tubuh lebih segar dan membantu memulihkan konsentrasi sehingga kamu bisa lebih fokus mempersiapkan pernikahan. 

4. Menjaga kebersihan tubuh dan organ intim

Foto: pexels/burst

Menjaga kebersihan tubuh dan organ intim sangat penting untuk mencegah penularan berbagai jenis penyakit. Apalagi bagi kamu yang akan segera menikah, karena di hari H nanti kamu perlu memastikan kondisi tubuhmu dalam keadaan sehat paripurna mulai dari kepala hingga ujung kaki.

Khususnya bagi calon pengantin wanita, beri perhatian khusus untuk menjaga kebersihan organ intim, ya. Sebab, seorang wanita rentan mengalami masalah seputar sistem reproduksi, baik itu yang umum seperti keputihan hingga kanker serviks. Pencegahan tentunya lebih baik, makanya pastikan kamu menjaga organ intim tetap higienis.

5. Mengelola stres 

Foto: pexels/pedro-figueras

Stres dapat menyebabkan efek negatif bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. Persiapan pernikahan yang seabrek pastinya akan menimbulkan tekanan tersendiri bagi calon pengantin yang ujung-ujungnya dapat memicu stres menjelang pernikahan. Untuk itu, penting bagi kamu untuk menjaga mood tetap stabil agar bisa tenang dalam menghadapi berbagai situasi.

Temukan cara sehat dan menyenangkan untuk mengatur stres seperti melakukan meditasi, relaksasi, olahraga atau menghabiskan waktu dengan orang-orang tersayang. Selain itu, kamu juga perlu menjaga komunikasi terbuka dengan pasangan agar segala tekanan yang dihadapi selama persiapan pernikahan tak membuat stres yang berlebihan untukmu. 

6. Check-up kesehatan

Foto: pexels/pavel-danilyuk

Ada jenis pemeriksaan khusus yang dianjurkan bagi calon pengantin yang ingin menikah, yakni pre-marital check upMemeriksakan diri ke dokter juga bisa jadi salah satu cara efektif untuk menjaga kondisi fisik sebelum menikah. Pemeriksaan medis pra-nikah ini bertujuan untuk mengecek riwayat kesehatan calon pengantin demi menghidarkan dari resiko berbagai penyakit baik berupa kelainan genetik, penyakit keturunan, maupun infeksi menular yang berbahaya. 

7. Vaksinasi sebelum menikah

Foto: pexels/gustavo-fring

Selain melakukan pemeriksaan medis secara lengkap, para calon pengantin pun dianjurkan untuk melakukan beberapa jenis vaksinasi sebelum menikah. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari penularan penyakit yang tidak diharapkan diantara pasangan tersebut serta mencegah penularan penyakit pada calon buah hati mereka kelak. Beberapa vaksin yang penting dilengkapi calon pengantin sebelum menikah diantaranya adalah vaksin DPT, HPV, cacar, MMR, dan hepatitis B.

8. Berhati-hati mencoba treatment kecantikan, make up atau skincare yang baru  


Tak jarang, demi mendapatkan kulit cantik nan glowing para calon pengantin rela menggelontorkan dana lebih untuk melakukan serangkaian perawatan menjelang pernikahan. Termasuk pula mencoba berbagai produk kecantikan yang belum pernah ia coba sekali pun. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam hal ini. Sebab, tidak semua jenis perawatan kecatikan, skincare atau make up akan cocok dengan segala jenis kulit. 

Apabila kamu hendak mencoba treatment kecantikan atau produk baru untuk kulitmu, pastikan terlebih dahulu bahwa perawatan atau produk tersebut aman serta tidak menyebabkan reaksi alergi di kulit kamu. Apalagi buat kamu yang memiliki tipe kulit sensitif, dianjurkan untuk lebih selektif sebelum menggunakan produk-produk baru atau mencoba treatment tertentu.

Sebaiknya, berkonsultasi terlebih dahulu dengan dermatologist atau para ahli yang terpercaya, ya! Jangan sampai karena salah memilih produk atau treatment, kondisi kulitmu jadi bermasalah sehingga tampilan makeup pernikahan kamu jadi tidak maksimal nantinya. 

9. Kurangi kebiasaan minum beralkohol dan merokok

Foto: pexels/anete-lusina

Buat kamu yang menginginkan kondisi tubuh yang fit dan fresh saat hari pernikahan nanti, sebaiknya kurangi kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol sementara, ya! Keduanya, rokok dan minuman beralkohol memiliki dampak buruk bagi kesehatan, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. 

Ketika kamu berhenti atau meninggalkan kebiasaan ini untuk sementara, tentunya ada manfaat baik yang bisa dirasakan oleh tubuh. Ditambah lagi jika dibarengi dengan olahraga teratur, konsumsi makanan yang sehat dan tidur yang cukup, dijamin tubuh kamu akan lebih bugar, serta wajah tampak lebih sehat berseri di momen pernikahan nanti! 

10. Menghindari cedera

Foto: pexels/towfiqu-barbhuiya

Jika dalam keseharian dalam kamu dekat dengan aktivitas fisik yang memungkinkan terjadinya cedera, maka sebaiknya menjelang momen pernikahan dikurangi terlebih dahulu. Ini tentunya untuk menghindari berbagai kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Bagi para calon pengantin wanita, berbagai resiko yang dapat menyebabkan cedera bahkan bisa berasal dari hal-hal kecil seperti menggunakan sepatu high heels yang tidak nyaman. So, dears, hati-hati ya!

Itulah beberapa daftar persiapan fisik yang perlu kamu persiapkan menjelang pernikahan, salah satunya untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan kulit cerah berseri di momen spesialmu nanti. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga komunikasi yang baik dengan pasangan, termasuk terkait kesehatan fisik ini sebagai sebuah tim yang saling bekerja sama untuk saling mendukung satu sama lain, ya!

Semoga persiapan pernikahan kamu berjalan dengan lancar, ya dears! Untuk melengkapi segala kebutuhan demi mewujudkan pernikahan impianmu, cek WeddingMarket store untuk selengkapnya, ya!


Artikel Terkait



Artikel Terbaru