Your Smart Wedding Platform

9 Jenis Makanan Sehat untuk Calon Pengantin Sebelum Menikah, Tampil Bugar dengan Kulit Glowing!

16 Aug 2023 | By Wedding Market | 839
Foto: master1305/freepik

Persiapan pernikahan ada banyak, baik itu secara fisik, mental maupun finansial. Omong-omong soal persiapan fisik, selain membiasakan diri untuk berolahraga, hal lain yang tak kalah penting adalah konsumsi makanan sehat sebelum menikah. Untuk mendapatkan tubuh yang bugar, serta kulit yang sehat, perlu memperhatikan betul asupan nutrisi yang kamu dapatkan setiap harinya.

Saking berpengaruhnya jenis makanan yang dikonsumsi terhadap kondisi tubuh, ada istilah "you are what you eat" atau "kamu adalah apa yang kamu makan". Apalagi untuk momen besar yang terjadi sekali seumur hidup seperti pernikahan, maka alangkah baiknya kamu memilih jenis-jenis makanan sehat dan menghindari yang tidak sehat. 

Makanan Sehat untuk Calon Pengantin

Nah, berikut WeddingMarket berikan rekomendasi makanan sehat yang dapat membantu calon pengantin meraih kebugaran tubuh dan kulit yang cerah bercahaya!

1. Sayuran Hijau Berdaun

Foto: senivpetro/freepik

Calon pengantin mana, sih, yang tidak mau tampil paripurna di hari pernikahannya? Tentunya, tampil dengan kondisi tubuh yang sehat, bugar, serta kulit glowing adalah impian semua orang. Maka dari itu, konsumsi sayuran hijau berdaun, seperti bayam, kangkung, dan brokoli yang  kaya akan serat, vitamin, dan mineral penting untuk menjaga tubuh dan kulit agar tetap sehat. 

Serat yang terkandung dalam sayuran hijau dapat membantu menjaga pencernaan tetap lancar. Sementara vitamin dan mineral, membantu menjaga kulit tetap segar dan cerah. Selain itu, kandungan antioksidan dalam sayuran hijau juga dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Oleh karena itu, jangan lupa tambahkan jenis makanan sehat ini ke dalam menu harianmu. 

2. Buah-buahan Segar

Foto: azerbaijan_stockers/freepik

Vitamin adalah komponen penting yang diperlukan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Sumber utama vitamin dalam makanan sehat adalah buah-buahan segar seperti jeruk, kiwi, dan aneka jenis berry yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Vitamin C sendiri dikenal sebagai nutrisi peningkat kolagen, yaitu protein yang menjaga kekenyalan kulit.

Dengan mengonsumsi buah-buahan ini, calon pengantin bisa mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya. Selain itu, vitamin C ini juga bisa mengurangi produksi hormon kortisol, yakni hormon yang memicu stres. Sehingga, bisa menjaga mood kamu tetap baik selama persiapan pernikahan yang menguras tenaga dan pikiran.

Buah lainnya yang juga bermanfaat buat calon pengantin adalah semangka dan apel, karena mengandung afrodisiak yakni stimulan alami yang dapat meningkatkan gairah seksual. Cocok dikonsumsi pasangan calon pengantin sebelum menikah, biar malam pertama makin bergairah! 

3. Protein Berkualitas

Foto: valeria aksakova/freepik

Protein adalah dasar pembentukan jaringan tubuh, termasuk kulit. Maka, sebelum menikah konsumsi lah sumber protein berkualitas baik yang dari hewan seperti daging tanpa lemak, ikan, telur ataupun protein nabati yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

Selain sangat berpengaruh untuk menjaga kesehatan tubuh, protein juga membantu memperbaiki dan meregenerasi jaringan kulit yang rusak, sehingga bisa membuat kulit terlihat lebih segar. Agar memperoleh manfaatnya dengan lebih optimal, pengolahan protein ini juga perlu diperhatikan. Sebaiknya hindari memasak protein dengan cara digoreng atau dipanggang dengan minyak berlebihan, ya! 

4. Lemak Sehat

Foto: jcomp/freepik

Mendengar kata 'lemak' banyak orang yang langsung antipati, karena sering kali lemak diasosiasikan sebagai penyebab obesitas atau berat badan berlebih. Padahal, sebenarnya tidak semua lemak itu jahat. Lemak sehat yang ditemukan dalam alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun memiliki peran penting dalam menjaga kelembapan kulit.

Jenis lemak sehat ini dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan mencegahnya dari kekeringan yang dapat menyebabkan kulit kusam. Jadi, para calon pengantin boleh banget mengonsumsi lemak sehat ini sebelum menikah. Tak hanya menyumbang nutrisi untuk sumber energi, plusnya kulit bisa jadi lebih lembab dan sehat. Namun tetap ingat, konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat ini dalam jumlah yang wajar saja, ya!

5. Air Putih

Foto: engin akyurt/unsplash

Bukan hanya makanan sehat saja yang perlu dikonsumsi. Selain itu, penting pula untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Nah, kunci hidrasi yang baik adalah dengan mengonsumsi cukup air putih. Air membantu menjaga kulit tetap lembap dan membantu dalam proses detoksifikasi tubuh. Dengan menjaga asupan cairan yang cukup, calon pengantin dapat memiliki kulit yang segar dan cerah.

6. Omega-3

Makanan yang mengandung omega-3, seperti ikan salmon, biji chia, dan kenari, dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan menjaga kelembapan. Omega-3 juga memiliki manfaat bagi kesehatan jantung dan otak, yang akan memberikan energi tambahan saat mempersiapkan pernikahan.

7. Jangan Lupakan Karbohidrat

Foto: Margarita Zueva/unsplash

Tetap penuhi kebutuhan kalori untuk tubuh dengan mengonsumsi karbohidrat yang cukup. Sebab, karbohidrat ini penting sebagai sumber energi yang utama. Karbohidrat pun tak cuma dari nasi, loh! Ada banyak pilihan lainnya yang bisa lebih mengenyangkan namun mudah dicerna oleh tubuh. Terutama bagi para calon pengantin yang sedang diet sebelum pernikahan.

Pilihan karbohidrat yang tepat seperti oatmeal, nasi merah, dan quinoa dapat memberikan energi bertahan lama dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Ini penting untuk menjaga mood dan kesehatan kulit. 

8. Dark Chocolate

Foto: Tetiana Bykovets/unsplash

Cokelat hitam atau dark chocolate adalah salah satu makanan sehat yang dianjurkan sebagai bagian dari persiapan calon pengantin wanita sebelum pernikahan. Siapa sangka, ternyata konsumsi dark chocolate dengan jumlah yang terkontrol secara rutin memiliki efek positif terhadap kesehatan jantung.

Tak hanya itu, cokelat juga memiliki kemampuan untuk mendukung produksi hormon dopamine alias hormon bahagia yang biasa membuat suasana hati lebih positif. Selain itu, mengonsumsi cokelat hitam atau pahit sebelum malam pernikahan juga diyakini akan meningkatkan semangat dan gairah kamu dan pasangan.

9. Teh Hijau

Foto: Laark Boshoff/unsplash

Pamor teh hijau yang terkenal dengan sejuta manfaat, bahkan dijuluki sebagai makanan paling sehat di dunia sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Hal tersebut karena teh hijau mengandung L-theanine, suatu senyawa alami yang memiliki efek menenangkan. Senyawa ini dapat meningkatkan fokus dan membantu mengatasi stres.

Jadi, buat para calon pengantin yang sedang sibuk dengan segala persiapan nikah, duduk sejenak sambil menghirup teh hijau bisa menjadikan tubuh lebih rileks dan santai. Selain diseduh menjadi minuman, sisa kantong teh hijau juga bisa kamu dinginkan sedikit dalam lemari es dan gunakan untuk mengompres kulit di bawah mata. Lakukan prosedur perawatan ini secara teratur untuk menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata dan bersiaplah untuk tampil sempurna di momen istimewa.

Makanan tidak Sehat Bagi Calon Pengantin

Selain fokus pada makanan yang baik untuk kesehatan, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dijauhi oleh calon pengantin. Apa sajakah itu?

1. Makanan Olahan dan Gula Berlebihan

Foto: Brooke Lark/unsplash

Meskipun tidak semua, namun beberapa orang mengatasi stres menjelang pernikahan dengan mengonsumsi banyak makanan manis. Tak mengherankan, sebab makanan manis dapat merangsang produksi hormon serotonin yang memicu rasa bahagia. Walaupun sesekali menikmati es krim atau kue keju tidak masalah, akan tetapi jika dilakukan terlalu sering, berat badan dapat meningkat secara signifikan.

Selain itu, makanan olahan dan gula berlebihan dapat meningkatkan risiko  timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya. Gula berlebihan dapat memicu peradangan dan memengaruhi keseimbangan hormon, yang berpotensi merusak penampilan kulit. Jadi, sebaiknya kamu hindari, ya!

2. Gorengan-gorengan

Foto: Shardar Tarikul Islam/unsplash

Terlalu banyak asupan minyak dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit yang pada akhirnya menyebabkan timbulnya jerawat di area wajah dan punggung. Bagi para calon pengantin, sebaiknya mulai mengurangi konsumsi makanan yang digoreng setidaknya satu bulan sebelum hari spesial. 

Pastinya, kamu tidak ingin jadi muram pada saat momen bahagia ini karena wajahmu dipenuhi oleh jerawat, bukan? Walaupun makanan yang digoreng memiliki cita rasa yang menggugah selera, tetapi konsumsinya juga dapat mempercepat proses penuaan sel-sel kulit sehingga kulit terlihat kusam. So, tahan dulu, ya!

3. Makanan dengan Kandungan Garam yang Tinggi

Foto: Dean Ricciardi/unsplash

Salah satu pantangan makanan yang sebaiknya dihindari calon pengantin adalah garam. Mengapa demikian? Sebab, garam memiliki kemampuan menyerap kelembapan dari tubuh dan membuangnya melalui keringat atau urine.

Ketika wajah dan tubuh mengalami kelebihan produksi keringat di hari pernikahan, tentunya sangat tidak nyaman, bukan? Terutama, pada riasan wajah yang sudah dikerjakan dengan cermat oleh make up artistBelum lagi, jika kamu merasa perlu untuk sering pergi ke toilet, maka hal ini akan sangat merepotkan. 

Jadi, untuk sementara waktu, sebaiknya kamu menahan diri dari makan keripik, camilan gurih dengan taburan garam yang menjadi favoritmu, atau ikan asin yang tipis serta renyah. Sayang 'kan, sudah bayar MUA mahal-mahal, tapi riasannya rusak karena keringat berlebih!

Sebagai kesimpulan, makan sehat adalah panganan yang mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, antara lain vitamin, mineral, protein, lemak, karbohidrat, serat dan air. Dengan menggabungkan makanan-makanan sehat ini dalam pola makan sehari-hari, calon pengantin dapat merasa bugar dan percaya diri menjelang pernikahan.

Penting untuk diingat bahwa perubahan dalam pola makan memerlukan waktu, jadi mulailah menerapkan kebiasaan makan sehat jauh sebelum hari bahagia tiba. Dengan perhatian pada nutrisi yang tepat, tubuh yang bugar dan kulit yang berseri dapat menjadi kenyataan bagi calon pengantin yang bersemangat menanti momen indah pernikahan.


Artikel Terkait



Artikel Terbaru