Your Smart Wedding Platform

9 Lokasi Pernikahan Anti Mainstream yang Buat Hari Istimewa Makin Berkesan

06 Oct 2023 | By Nurma Arum Wedding Market | 719
Foto: pexels/Kamizzle

Setiap orang ingin hari pernikahannya menjadi momen spesial karena hal ini diharapkan hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. Ada banyak hal yang dipersiapkan dan dilakukan untuk mencapai pernikahan impian ini. Salah satunya yang harus dipersiapkan dari awal adalah pemilihan venue pernikahan. Selain menentukan di mana pernikahan akan digelar, lokasi pernikahan juga akan membangun kesan seperti apa yang akan ditimbulkan dan dekorasi seperti apa yang akan cocok dengan tempat ini.

Ada banyak pilihan lokasi pernikahan yang bisa dipilih karena semakin banyak pula yang menyediakan tempat ini untuk digunakan atau disewa. Namun, biasanya tempat-tempat ini akan memiliki bentuk atau setting yang serupa. Tentu saja area ini bisa diubah sesuai dengan keinginan kita. Namun, kamu juga bisa memilih beberapa tempat anti mainstream yang sudah memiliki ambience tertentu sehingga lebih mudah untuk menyesuaikan dengan tema yang diinginkan.

Beberapa tempat anti mainstream ini bisa kamu pilih untuk menggelar pernikahanmu. Di mana saja? Simak yuk selengkapnya!

Lokasi pernikahan anti mainstream

Untuk membuat pesta pernikahanmu semakin istimewa, beberapa lokasi ini bisa kamu masukkan ke daftar pilihan venue pernikahan.

1. Perpustakaan atau museum

Dekorasi: White Pearl Decoration | Venue: Museum Bank Indonesia

Biasanya perpustakaan atau museum akan memiliki suasananya sendiri begitu kita tiba di sana. Bayangkan jika kita menggelar pernikahan di tempat-tempat ini. Kamu bisa menggelar pernikahan dengan latar buku-buku atau benda lainnya yang penuh dengan pengetahuan. Ada banyak jenis perpustakaan dan museum. Beberapa memiliki tema tertentu, misalnya yang berisi khusus tentang budaya sehingga kamu juga bisa menyesuaikannya dengan lebih spesifik.

2. Pabrik tua atau tempat bersejarah lainnya

Foto: via Westchester Magazine

Biasanya di kota-kota tertentu akan ada bangunan yang dulunya digunakan untuk operasional, tapi kini diubah menjadi bangunan yang memiliki fungsi lain, seperti untuk dikunjungi saja. Jika ada bangunan seperti ini di kotamu, kamu bisa memanfaatkannya. Salah satu contoh bangunan ini adalah pabrik tua atau stasiun kereta api yang sudah tidak digunakan.

Meskipun sudah tidak beroperasi biasanya akan ada benda-benda yang masih ada di sana yang membangun suasana ‘bersejarah’. Pastikan kamu memilih tempat yang walaupun sudah tidak digunakan, tapi masih terawat, ya. Hal ini untuk menghindari persiapan yang semakin lama dan repot karena harus membersihkan dan mengurus banyak hal.

3. Taman kota

Foto: via DEMAIA Dekorasi

Taman kota bisa memiliki berbagai spot yang bagus untuk menggelar acara pernikahan. Venue ini akan cocok untuk pernikahan dengan tema garden party atau rustic. Biasanya akan ada juga spot yang ramah untuk anak-anak. Tak hanya itu, suasana asri yang dimiliki akan memberikan suasana yang menyegarkan bagi para tamu yang datang. Meskipun ruang publik, ada juga beberapa taman kota yang bisa digunakan untuk menggelar pernikahan dengan izin. Namun, pastikan tidak merusak fasilitas umum atau tumbuhan yang tumbuh di sana, ya.

4. Sawah dan lahan pertanian

Foto: Tanah Gajah Ubud

Walaupun mungkin masih asing, ternyata ada banyak orang yang menggelar pernikahan mereka di tengah sawah atau lahan pertanian. Tentunya pernikahan tidak digelar di tengah sawah yang masih ditumbuhi tanaman, tapi di antaranya yang merupakan lahan kosong. Pemandangan indah ala pedesaan dengan gubuk-gubuk di sekitar akan membuat pernikahanmu semakin berkesan.

Venue: Bali Alami Villas

Namun, jangan lupa memberikan pengertian kepada para tamu yang datang supaya tidak merusak sekitar yang merupakan sumber mata pencaharian orang lain. Buat jalan khusus untuk tamu yang datang. Jika ingin lebih aman, kamu bisa menyewa tempat di tengah sawah seperti restoran atau bangunan lainnya.

5. Sungai atau air terjun

Foto via Rose and Rings

Pernikahan di pantai sudah banyak dilakukan dan biasa. Kamu bisa menggelar pernikahan yang dekat dengan air dengan menikah di dekat sungai atau air terjun. Suara gemericik air dan angin yang berhembus akan membuat suasana pernikahanmu semakin asri.

Foto: The Marvelous Pictures

Untuk membuat tema semakin lengkap, kamu bisa memilih tema rustic yang dekat dengan alam. Kamu juga bisa menggunakan berbagai peralatan dari kayu-kayuan yang dihias dengan bunga-bunga yang memiliki warna alami.

6. Lapangan atau stadium

Foto: via herecomestheguide

Ingin menggelar pernikahan dalam skala besar-besaran? Kamu bisa menggunakan lapangan atau bahkan stadium. Jika ingin membuat skalanya lebih kecil, kamu bisa menggunakan lapangan yang lebih kecil pula. Ada berbagai kelebihan yang bisa didapatkan, seperti tempat yang luas yang bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan. Namun, tempat yang luas tersebut juga bisa menjadi PR karena kamu harus berusaha ekstra untuk membuatnya terlihat lebih berisi dan indah. 

7. Peternakan

Foto via Wedding Wire

Walaupun mungkin masih jarang dilakukan, menikah di peternakan akan memberikan kesan tersendiri. Kamu bisa mendapatkan pemandangan indah tanpa perlu melakukan destination wedding ke Swiss. Jangan lupa pilih spot yang tepat untuk menghindari bau yang mungkin dihasilkan dari makanan dan kotoran hewan. 

Kamu juga bisa memberikan fasilitas berupa tur untuk memperlihatkan bagaimana produksi susu atau makanan lainnya sampai bisa dihidangkan. Jangan lupa untuk menyajikan makanan dan minuman sesuai dengan tema, seperti susu, keju, daging, dan lain sebagainya.

8. Balai kota

Foto: Jasmine Lee Photography

Ada banyak kota yang menyediakan balai kota sebagai sebuah tempat untuk menggelar berbagai acara,  termasuk pernikahan. Kamu juga bisa menggunakannya untuk pernikahanmu. Balai kota biasanya memiliki bangunan bersejarah atau bentuk yang unik karena memiliki usia yang sudah tua.

Foto: Jasmine Lee Photography

Tak hanya itu, biasanya balai kota juga memiliki arsitektur tertentu yang menandakan sesuatu yang khas dari kota tersebut sehingga kamu bisa menggelar pernikahan dengan tema tradisional.

9. Kapal

Foto: via Shaadi Wish

Bosan menikah di darat? Kamu juga bisa, lo, mempertimbangkan kapal sebagai lokasi untuk menikah. Tanpa tambahan dekorasi yang banyak, interior kapal ini sendiri sudah terlihat menakjubkan. Namun, untuk mendapatkan kapal yang bagus, tentunya harga sewa yang dikeluarkan akan lebih besar.

Hal yang harus diperhatikan

Fotografi: Morden

Saat ingin mendapatkan pernikahan yang istimewa, kamu juga perlu membuat persiapan yang ekstra terutama jika ingin menggunakan beberapa tempat tersebut sebagai lokasi untuk menggelar pernikahan. Hal  berikut perlu kamu perhatikan.

  • Pilih lokasi dengan teliti

Pastikan lokasi yang kamu pilih dapat mengakomodasi jumlah tamu yang akan diundang dan memiliki akses yang mudah untuk ke sana. Jangan lupa juga untuk memeriksa tanggal yang tersedia dan sesuaikan dengan jadwalmu. Yang tak kalah penting adalah mendiskusikan dengan manajemen lokasi tentang aturan dan biaya sewa karena biasanya akan ada perbedaan dengan lokasi yang biasanya digunakan untuk menggelar pernikahan.

  • Periksa izin dan peraturan

Pastikan kamu memahami semua izin dan peraturan yang berlaku untuk mengadakan pernikahan di lokasi tersebut. Izin ini meliputi izin gangguan, izin menggelar pernikahan, dan peraturan keamanan.

  • Kontrak dengan lokasi

Setelah kamu yakin dengan lokasi yang dipilih, buat kontrak yang mencakup semua detail penting, termasuk tanggal, biaya, jam operasional, aturan pembatalan, dan persyaratan lainnya. Jangan ragu untuk meminta bantuan seorang  yang mengerti hukum jika perlu.

  • Pertimbangkan fasilitas sanitasi

Jangan hanya mempertimbangkan tempat yang indah saja, tapi pastikan juga fasilitas yang dibutuhkan juga tersedia. Pastikan ada fasilitas sanitasi yang mencukupi, terutama jika lokasi tersebut terpencil.

  • Cek cuaca

Jika pernikahanmu akan dilangsungkan di luar ruangan, pastikan untuk memantau perkiraan cuaca dan memiliki rencana cadangan jika hujan atau cuaca buruk lainnya. Apalagi jika pernikahan digelar di tempat yang jauh atau terpencil sehingga sulit untuk melakukan rencana B.

  • Rencanakan keamanan dan parkir

Beberapa tempat pernikahan tersebut akan membutuhkan keamanan yang ekstra karena mungkin ada beberapa properti yang memerlukan perlindungan ekstra. Adanya orang yang membantu melakukan parkir juga akan memudahkan para tamu yang datang untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik.


Memilih lokasi pernikahan akan membantumu membuat pernikahan yang tidak terlupakan. Namun, tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Bagaimana? Kira-kira di mana pernikahanmu akan digelar?


Artikel Terkait



Artikel Terbaru