Your Smart Wedding Platform

10 Pantangan Sebelum Menikah, Hindarkan Bahaya dan Jaga Keselamatan

19 Apr 2023 | By Wedding Market | 12318
Fotografi oleh Venema Pictures

Banyak hal yang harus dilakukan untuk persiapan sebelum menikah oleh pengantin. Namun, akibat terlalu fokus dengan hal yang satu ini, kadang kita sering kali melupakan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan. Hal yang seharusnya tidak dilakukan ini mungkin terkesan sepele, tapi bisa jadi akan membawa bahaya, lo. Setidaknya begitu menurut beberapa kepercayaan yang diyakini oleh orang-orang secara turun-menurun.

Meskipun begitu, biasanya pantangan-pantangan ini dihindari bukan tanpa alasan. Ada berbagai sebab di baliknya, seperti untuk menjaga keselamatan, menghindari hal tabu, hingga menjaga kebersihan. Lalu, seperti apa bentuk dari pantangan-pantangan sebelum menikah? Simak yuk penjelasan selengkapnya berikut ini!

1. Larangan untuk melakukan perjalanan jauh

Foto: pexels/rodnae-productions

Larangan ini merupakan larangan yang mungkin paling sering kamu dengar. Calon pengantin biasanya akan dilarang bepergian jauh, termasuk ke luar kota, luar provinsi, atau bahkan luar negeri dalam kurun waktu 15 hari sebelum pernikahan berlangsung. Tentu saja tujuan utama dari hal ini adalah demi keselamatan calon pengantin mengingat ada banyak bahaya yang mungkin terjadi di jalanan. 

Bepergian yang sifatnya kurang penting, seperti liburan sebaiknya tidak dilakukan. Namun, jika ada sesuatu yang mendesak atau memang karena baru bisa kembali ke rumah karena ada pekerjaan di tempat jauh, sebaiknya berdoalah supaya diberikan keselamatan selama di perjalanan.

2. Tidak boleh bepergian dengan kendaraan sendirian

Alasan pantangan yang satu ini sebenarnya mirip dengan pantangan yang sebelumnya, yaitu demi keselamatan. Orang yang berkendara sendiri dianggap lebih berbahaya. Namun, jika ia berkendara dengan orang lain, paling tidak akan ada seseorang yang akan membantu atau menolong ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi di jalan. Selain dengan alasan yang logis ini, ternyata larangan ini juga ditulis di primbon Jawa, lo.

3. Larangan berenang

Mungkin tidak banyak orang yang melakukan olahraga yang satu ini secara rutin. Namun, tetap ada kemungkinan beberapa calon pengantin akan melakukannya. Makanya, ada salah satu larangan untuk melakukan berenang selama 15 hari sebelum menikah. Selain untuk alasan keselamatan dan kesehatan, berenang dipercaya akan memberikan energi-energi negatif yang akan berakibat buruk pada calon pengantin sehingga harus dihindari.

4. Larangan naik gunung

Naik gunung memang sebuah hobi menyenangkan dan penuh dengan tantangan, tapi hobi ini bisa menjadi suatu hal yang menguras energi untuk dilakukan sehingga bisa menyebabkan pendaki kelelahan. Belum lagi ada begitu banyak risiko yang mungkin bisa terjadi, seperti tersesat, tergelincir, dan kejadian tidak diinginkan lainnya. Tidak heran kalau hal yang satu ini dijadikan pantangan sebelum menikah. 

Namun, ternyata menurut Kejawen, bukan hanya hal itu yang menyebabkan naik gunung dilarang. Gunung dianggap sebagai sebuah tempat yang memiliki energi gaib yang kuat. Tak jarang orang menghilang karena dipercaya dibawa ke alam gaib selama beberapa hari. Ditakutkan calon pengantin yang naik gunung juga mengalami hal serupa. 

5. Tidak boleh bertemu dengan pasangan

Dalam banyak tradisi, hal ini dilakukan dengan cara pingitan. Pengantin wanita akan berada di dalam ruangan selama beberapa hari yang membuat pasangan tidak bisa melihatnya secara langsung. Hal ini dilakukan untuk menjaga aura pengantin dan memberikan jarak untuk sejenak. Dulunya tradisi ini dilakukan selama lebih dari 15 hari, tapi kini sudah mulai banyak berkurang untuk menyesuaikan dengan kesibukan.

6. Tidak boleh potong rambut

Foto: pexels/rodnae-productions

Salah satu hal yang mungkin sedikit membuat heran adalah pantangan untuk memotong rambut. Jika dipikir menggunakan logika, memotong rambut tidak menimbulkan bahaya yang berarti. Namun, ternyata masih ada orang tua yang melarang anaknya memotong rambut karena dianggap pamali. Jika ditelusuri lagi, hal yang menjadi penyebab potong rambut sebaiknya tidak dilakukan adalah karena akan menyebabkan adanya kemungkinan penampilan yang malah terlihat kurang pas di hari istimewa, yaitu pernikahan. Meskipun begitu, kini ada banyak calon pengantin yang tetap merapikan rambut demi tampilan yang lebih rapi dan fresh.

7. Larangan untuk melamun sendirian

“Jangan melamun, nanti kesambet.” Sering mendengar kalimat larangan tersebut? Ternyata larangan untuk melamun tersebut juga menjadi salah satu pantangan oleh calon pengantin yang akan menikah. Konon, hal ini bisa membuat calon pengantin menjadi terpengaruh oleh hal-hal jahat. Sebenarnya, hal ini mungkin ditakutkan akan membuat calon pengantin overthinking. Selain fisik yang lelah, pikiran saat mempersiapkan pernikahan juga akan kelelahan sehingga melamun akan membuat pikiran ini semakin banyak. Hasilnya, calon pengantin bisa jadi semakin stres nantinya.

8. Tidak boleh tidur terlalu larut

Ada lebih banyak masalah yang akan timbul daripada manfaat ketika melakukan begadang atau tidur larut malam. Yang paling berbahaya adalah pengaruhnya terhadap kesehatan. Begadang dapat menyebabkan beberapa hal, seperti tingkat imun yang menurun, kelelahan, dan tidak fokus. Jika dilakukan terus-terusan hingga acara pernikahan, bisa jadi pengantin malah kelelahan di hari-H nanti. 

Makanya, jika ada banyak pekerjaan ketika mempersiapkan pernikahan, tak ada salahnya untuk belajar membagi waktu, menjalin komunikasi yang baik, meminta bantuan orang terdekat jika dibutuhkan, dan berusaha untuk tidak menyelesaikan semuanya sendirian sehingga walaupun mungkin jam tidur berkurang, masih ada cukup waktu untuk beristirahat.

9. Dilarang makan dan minum sembarangan

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan menjaga asupan makanan. Tidak hanya itu, makanan yang masuk ke dalam tubuh juga akan terpancar melalui kulit sehingga tampilan pengantin akan lebih segar ketika mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan yang sehat tidak selalu memiliki rasa dan bentuk yang tidak enak kok. Supaya lebih aman, kamu bisa memasak makananmu sendiri dan mengekreasikannya. Namun, jika terlalu lelah untuk melakukan hal yang satu ini, tak ada salahnya untuk membeli di tempat yang memang terjamin tingkat higienisnya.

10. Hindari mencoba produk perawatan yang belum pernah digunakan

Foto: pexels/karolina-grabowska

Calon pengantin biasanya akan berharap tampil paripurna di pernikahannya nanti. Makanya, banyak cara berusaha ditempuh untuk mendapatkannya. Salah satu cara ini adalah dengan mencoba berbagai skincare termasuk yang belum pernah dicoba sebelumnya. Walaupun cara yang satu ini adalah sebuah usaha untuk mendapatkan hasil terbaik, tapi belum tentu kita cocok dengan semua produk, lo.

Harga yang mahal pun bukan jaminan. Nah, untuk mengurangi risiko ini biasanya MUA akan berpesan supaya para calon pengantin berhenti dulu “coba-coba” untuk menggunakan skincare baru selamam beberapa waktu sebelum hari pernikahan supaya tidak ada risiko kulit rusak.

Berbagai pantangan sebelum menikah itu mungkin banyak yang berawal dari tradisi, tapi setelah dicerna ada berbagai manfaat yang sebenarnya juga bisa diterima oleh logika. Manfaat tersebut bisa menyelamatkan calon pengantin dari bahaya, membuat lebih sehat, dan memberikan penampilan terbaik saat menikah nanti. Pun, sudah banyak aturan pantangan yang dibuat dengan lebih longgar untuk menyesuaikan zaman. 

Nah, itu dia beberapa larangan sebelum menikah yang sebaiknya kamu perhatikan dan sesuaikan dengan kondisimu, karena pada dasarnya hal-hal yang disebutkan tersebut memiliki tujuan yang baik untuk calon pengantin. Berbicara soal persiapan pernikahan, jangan lupa kunjungi WeddingMarket Store untuk melengkapi segala kebutuhan di hari istimewamu kelak. Dapatkan juga penawaran terbaik venue deals dan promo-promo menarik lainnya. Semoga bermanfaat!


Artikel Terkait



Artikel Terbaru